OUR NETWORK
Selasa, Oktober 4, 2022

Soal Syafi'i Maarif, Jokowi Tak Banyak Komentar

Ketua MUI, Din Syamnsuddin/ANTARA
Ketua MUI, Din Syamnsuddin/ANTARA

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Muhammadiyah pada Rabu malam tidak banyak membahas tentang Syafii Maarif yang belakangan sedang mengalami polemik dengan Kabareskrim Komjen Budi Waseso. “Secara khusus tadi saya tidak bicarakan soal kasus Buya,” kata Din di Jakarta.

Menurut Din, dari keseluruhan isi pembicaraan lebih didominasi isu besar yaitu tentang penegakan hukum atau sedikit tentang Mantan Ketum Muhammadiyah Syafii Maarif. Dengan kata lain, pertemuan keduanya tidak membicarakan secara khusus tentang kasus per kasus tapi secara umum.

Din mengusulkan kepada presiden tentang berbagai upaya menuju pemerintahan yang bersih dan perlunya kekompakkan antarlembaga hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, Kepolisian dan Kejaksaan Agung.

Lembaga penegak hukum, kata din, harus menjalankan tugasnya secara profesional untuk hukum dengan mengacu pada asas keadilan, bukan berdasarkan dendam, kekecewaan dan lainnya. “Singkatnya, antarlembaga hukum jangan sampai terjebak dalam perseteruan yang justru malah mengganggu penegakkan hukum di Indonesia.”

Belakangan, lanjut Din, terjadi ketegangan antara Kepolisian lewat Bareskrim dengan Komisi Yudisial. Hal ini memiliki potensi untuk menciptakan kegaduhan politik karena pihak yang bertikai bukan orang per orang lagi. Menurut dia, kasus dapat melebar ke berbagai sektor jika menyangkut lembaga terlebih di dalamnya ada ada gengsi, dendam dan superioritas.(ANTARA)

Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.