Jumat, November 8, 2024

Manajemen Kedaruratan Bandar Udara

Andry Kurnianto
Andry Kurnianto
Lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Inspektur Keamanan Penerbangan Bidang PKP-PK dan Salvage Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama - Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta
- Advertisement -

Manajemen kedaruratan bandar udara adalah serangkaian proses dan prosedur yang dirancang untuk menangani situasi darurat yang terjadi di bandara. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan keselamatan penumpang, staf, dan fasilitas bandara, serta meminimalkan gangguan terhadap operasional bandara. Berdasar klasifikasi umum, keadaan darurat terbagi menjadi:

  1. Keadaan darurat keamanan (security event);
  2. Keadaan darurat keselamatan (safety event);
  3. Keadaan darurat bencana alam (natural disaster).

Keadaan darurat di bandar udara berdasar pada objek terbagi menjadi:

  1. Keadaan darurat melibatkan pesawat udara;
  2. Keadaan darurat tidak melibatkan pesawat udara.

Siklus bencana secara umum terbagi menjadi beberapa fase sebagai berikut:

  1. Persiapan dan mobilisasi.

Fase ini adalah masa menjelang krisis, keadaan darurat atau bencana, fokus perhatian pada persiapan untuk mengatasi keadaan tersebut dan menerapkan cara-cara untuk mengurangi dampaknya.

  1. Intervensi darurat.

Fase ini adalah periode kritis untuk menanggulangi keadaan darurat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, organisasi harus bekerja sama untuk menyelamatkan orang, memberikan bantuan dan pertolongan, serta memulihkan kondisi yang aman.

  1. Pemulihan dan rekonstruksi.

Akhir dari fase darurat akan ditandai dengan pemberhentian personel pencarian dan pertolongan (SAR) dan demobilisasi unit-unit tanggap darurat lainnya. Pada titik ini, pemulihan layanan dasar menjadi kebutuhan utama. Rencana darurat harus memastikan bahwa kewaspadaan tetap ada, karena cedera dan kerusakan dapat terjadi sebagai akibat dari kondisi abnormal yang biasanya bertahan setelah bencana, dan jika bahaya kembali terjadi.

Pemulihan dari bencana besar dapat memakan waktu bertahun-tahun atau puluhan tahun. Meskipun proses rekonstruksi tidak secara langsung menjadi bagian dari rencana darurat, proses ini memberikan kesempatan untuk mengupayakan keamanan yang lebih baik dan meningkatkan integrasi tanggap darurat dengan fungsi-fungsi masyarakat sipil lainnya.

  1. Mitigasi di masa tenang.

Pada fase ini perhatian harus dicurahkan pada manajemen risiko dan persiapan untuk menghadapi keadaan darurat yang tidak diinginkan di masa depan.

Dengan pemahaman terhadap siklus bencana dan analisis risiko yang dinamis dapat ditentukan beberapa komponen utama manajemen kedaruratan di bandar udara meliputi:

  1. Perencanaan Darurat.

Membuat dan mengupdate rencana kedaruratan yang mencakup berbagai jenis situasi darurat, seperti kecelakaan pesawat, kebakaran, ancaman bom, bencana alam, dan lainnya.

- Advertisement -
  1. Koordinasi dan Komunikasi.

Mengatur komunikasi yang efektif antara berbagai pihak yang terlibat, seperti otoritas bandara, maskapai, tim penyelamat, polisi, dan petugas medis.

  1. Pelatihan dan Simulasi.

Melakukan latihan rutin dan simulasi untuk memastikan bahwa semua staf bandara dan tim penyelamat siap menghadapi situasi darurat.

  1. Respon Darurat.

Mengimplementasikan rencana darurat dengan cepat dan efisien ketika situasi darurat terjadi. Ini melibatkan evakuasi, pertolongan pertama, dan penanganan krisis lainnya.

  1. Memulihkan operasi normal secepat mungkin setelah situasi darurat terkendali, termasuk membersihkan area yang terdampak dan memberikan dukungan psikologis bagi yang terdampak.
  1. Evaluasi dan Perbaikan.

Melakukan evaluasi setelah kejadian untuk menilai kinerja respon darurat dan memperbaiki rencana serta prosedur yang ada.

Manajemen kedaruratan yang efektif sangat penting untuk menjaga keselamatan dan keamanan di bandara serta memastikan kelancaran operasional dalam situasi darurat. Manajemen kedaruratan di bandar udara dibutuhkan karena beberapa alasan utama:

  1. Keselamatan Penumpang dan Staf.

Bandara adalah tempat berkumpulnya banyak orang, sehingga penting untuk memastikan keselamatan penumpang, staf, dan pengunjung dalam situasi darurat seperti kebakaran, kecelakaan pesawat, atau ancaman keamanan.

  1. Respons Cepat dan Efektif.

Dalam situasi darurat, waktu sangat berharga. Manajemen kedaruratan memastikan bahwa ada prosedur dan koordinasi yang jelas untuk merespons insiden dengan cepat dan efektif, mengurangi risiko cedera dan kehilangan nyawa.

  1. Minimalkan Gangguan Operasional.

Situasi darurat dapat mengganggu operasi bandara dan menyebabkan penundaan penerbangan. Manajemen kedaruratan membantu meminimalkan gangguan ini dan memulihkan operasi normal secepat mungkin.

  1. Kepatuhan Regulasi.

Banyak otoritas penerbangan dan badan regulasi internasional mengharuskan bandara memiliki rencana dan prosedur kedaruratan yang komprehensif. Kepatuhan terhadap regulasi ini adalah bagian penting dari operasi bandara yang aman dan legal.

  1. Kesiapsiagaan dan Pelatihan.

Manajemen kedaruratan melibatkan pelatihan rutin dan simulasi untuk memastikan bahwa semua staf bandara siap menghadapi berbagai jenis situasi darurat. Ini meningkatkan kesiapsiagaan dan respons yang terkoordinasi.

  1. Perlindungan Infrastruktur.

Bandara memiliki infrastruktur yang sangat penting dan mahal, seperti landasan pacu, terminal, dan fasilitas lainnya. Manajemen kedaruratan membantu melindungi aset-aset ini dari kerusakan atau kehilangan yang lebih besar.

  1. Kepercayaan Publik.

Penumpang dan maskapai penerbangan mempercayai bahwa bandara siap untuk menangani situasi darurat. Manajemen kedaruratan yang efektif membantu mempertahankan kepercayaan publik dan reputasi bandara.

Secara keseluruhan, manajemen kedaruratan di bandar udara adalah komponen kritis dari operasi bandara yang aman dan efisien, memastikan bahwa berbagai potensi ancaman dan insiden dapat diatasi dengan cara yang paling efektif dan terkendali. Namun perlu disadari bahwa bandar udara tidak memiliki sumber daya secara lengkap dalam menanggulangi keadaan darurat.

Maka dari itu, perlu penggunaan sumber daya berbagai pihak yang berasal dari luar bandar udara (eksternal) yang dibentuk di dalam sebuah komite penanggulangan keadaan darurat. Manajemen kedaruratan di bandar udara melibatkan berbagai pihak, baik yang berkedudukan di dalam bandara (internal) maupun berkedudukan di luar bandar udara (eksternal). Berikut adalah beberapa pihak yang terlibat sebagai bagian dari komite:

  1. Internal

a. Otoritas/ penyelenggara bandar udara dan tim manajemen;

b. Unit keamanan penerbangan (aviation security);

c. Unit pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (airport rescue and firefighting);

d. Unit operasional dan pemeliharaan bandar udara;

e. Unit medis;

f. Maskapai

2. Eksternal

a. Lembaga Pemerintahan;

b. Rumah Sakit;

c. Kepolisian;

d. Badan/ Lembaga lain yang memiliki sumber daya.

Prinsip kerja bersama antara semua pihak ini sangat penting untuk memastikan respon yang cepat dan efektif terhadap situasi darurat. Beberapa hal berikut merupakan kunci keberhasilan manajemen kedaruratan, adalah:

  1. Penempatan sumber daya (co-locate);

Penempatan lokasi sesuai prosedur dan/ atau arahan sesegera mungkin dengan aman serta mudah dikenali.

  1. Komunikasi (communicate);

Berkomunikasi dengan jelas, lugas, ringkas dan berkelanjutan. Selalu melakukan konfirmasi terhadap arahan, perintah, berita yang diterima.

  1. Koordinasi (co-ordinate);

Berkoordinasi dengan melaksanakan arahan, perintah unit yang memimpin dan selalu mengidentifikasi, mengevaluasi sumber daya dan kemampuan unit.

  1. Pemahaman risiko bersama (jointly understand risk);

Berbagi informasi terhadap ancaman bahaya dinamis sebagai pengendalian risiko bersama.

  1. Kesadaran situasional bersama (shared situational awareness);

Evaluasi bersama memberikan cara penanggulangan keadaan darurat dengan cara yang paling efektif dan efisien.

Lingkup manajemen kedaruratan di bandara ini dirancang untuk memastikan bahwa semua aspek dari perencanaan hingga pemulihan dikelola dengan baik, sehingga keselamatan dan keamanan penumpang, staf, dan fasilitas dapat terjamin dalam berbagai situasi darurat.

Pertimbangan historis, hukum dan regulatif, operasi, dan teknis dalam manajemen kedaruratan di bandar udara mencakup berbagai aspek yang saling berkaitan. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing pertimbangan:

  1. Pertimbangan Historis

a. Kejadian Masa Lalu: Evaluasi dan analisis kejadian darurat sebelumnya di bandara tertentu atau di bandara lain. Ini membantu memahami pola dan penyebab insiden serta mengambil pelajaran untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

b. Tren Insiden:* Memahami tren insiden dan kecelakaan di industri penerbangan untuk mengidentifikasi risiko yang berkembang dan mengantisipasi kemungkinan ancaman.

c. Pengalaman dan Pembelajaran:* Pembelajaran dari insiden sebelumnya dan latihan darurat untuk memperbaiki rencana dan prosedur kedaruratan.

2. Pertimbangan Hukum dan RegulatIf

a. Peraturan Nasional dan Internasional: Kepatuhan terhadap peraturan dan standar yang ditetapkan oleh otoritas penerbangan nasional (seperti Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di Indonesia) dan badan internasional seperti Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

b. Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Kepatuhan terhadap undang-undang dan regulasi terkait keselamatan dan kesehatan kerja.

c. Standar Keamanan: Memenuhi persyaratan keamanan yang ditetapkan oleh otoritas keamanan penerbangan, seperti TSA (Transportation Security Administration) di Amerika Serikat.

d. Lisensi dan Sertifikasi: Memastikan semua personel yang terlibat dalam manajemen kedaruratan memiliki lisensi dan sertifikasi yang diperlukan.

3. Pertimbangan Operasi

a. Kesiapan Operasional: Memastikan bahwa semua sistem dan prosedur operasional siap untuk diaktifkan dalam situasi darurat.

b. Koordinasi Antar Departemen: Koordinasi yang efektif antara berbagai departemen di bandara, seperti operasi, keamanan, pelayanan darat, dan pemeliharaan.

c. Pelatihan dan Simulasi: Pelatihan rutin dan simulasi untuk semua staf yang terlibat dalam manajemen kedaruratan.

d. Rencana Kontinjensi: Menyusun rencana kontinjensi untuk berbagai skenario darurat yang mungkin terjadi.

5. Pertimbangan Teknis

a. Infrastruktur dan Fasilitas: Memastikan bahwa infrastruktur bandara, termasuk landasan pacu, terminal, dan fasilitas pendukung lainnya, siap dan mampu menghadapi situasi darurat.

b. Sistem Keamanan dan Pemantauan: Penggunaan teknologi canggih untuk keamanan dan pemantauan, termasuk CCTV, sistem deteksi kebakaran, dan perangkat komunikasi.

c. Peralatan Darurat: Penyediaan dan pemeliharaan peralatan darurat yang diperlukan, seperti alat pemadam kebakaran, ambulans, dan peralatan penyelamatan.

d. Teknologi Informasi: Penggunaan sistem informasi dan komunikasi yang handal untuk mengkoordinasikan respons darurat dan menyebarkan informasi dengan cepat dan akurat.

Implementasi yang efektif dari semua pertimbangan ini memastikan bahwa manajemen kedaruratan di bandara dapat berfungsi dengan baik, meminimalkan risiko, dan memastikan keselamatan serta keamanan bagi semua orang yang berada di bandara. Manajemen kedaruratan di bandar udara membutuhkan pendekatan yang terstruktur dan komprehensif, mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, kontrol, dan evaluasi. Berikut adalah rincian untuk masing-masing tahap:

  1. Perencanaan

a. Identifikasi Risiko: Menilai potensi ancaman dan risiko yang dapat mempengaruhi operasi bandara, seperti kecelakaan pesawat, bencana alam, ancaman keamanan, dan gangguan operasional.

b. Rencana Kedaruratan: Mengembangkan rencana kedaruratan yang mencakup prosedur tanggap darurat, evakuasi, komunikasi, dan koordinasi. Rencana ini harus mencakup berbagai skenario darurat dan respons yang tepat.

c. Sumber Daya: Menyusun daftar sumber daya yang diperlukan, seperti peralatan penyelamatan, alat komunikasi, dan personel yang terlatih.

d. Pelatihan dan Simulasi: Merancang program pelatihan dan simulasi untuk memastikan semua pihak yang terlibat memahami peran dan tanggung jawab mereka selama situasi darurat.

2. Pengorganisasian

a. Struktur Komando: Membentuk struktur komando yang jelas dengan peran dan tanggung jawab yang terdefinisi untuk setiap anggota tim tanggap darurat.

b. Tim Tanggap Darurat: Menunjuk dan melatih tim tanggap darurat yang terdiri dari personel bandara, pemadam kebakaran, tim medis, dan keamanan.

c. Koordinasi Antar Departemen: Mengatur koordinasi antara berbagai departemen di bandara, seperti operasi, pemeliharaan, dan pelayanan penumpang, serta dengan pihak eksternal seperti maskapai, polisi, dan rumah sakit.

d. Pusat Operasi Darurat (Emergency Operations Center – EOC): Menyiapkan EOC untuk mengkoordinasikan semua kegiatan tanggap darurat dan komunikasi selama insiden.

3. Pelaksanaan

a. Aktivasi Rencana Darurat: Mengaktifkan rencana kedaruratan segera setelah situasi darurat terdeteksi. Ini termasuk evakuasi, pemberian pertolongan pertama, dan pengamanan area.

b. Komunikasi Efektif: Menggunakan saluran komunikasi yang sudah ditetapkan untuk menyampaikan informasi kepada semua pihak yang terlibat, termasuk penumpang, staf, dan tim tanggap darurat.

c. Respons Cepat: Melaksanakan tindakan tanggap darurat sesuai dengan prosedur yang telah direncanakan, seperti pemadaman kebakaran, penyelamatan, dan penanganan medis.

d. Koordinasi Lapangan: Mengkoordinasikan aktivitas di lapangan melalui EOC dan memastikan semua unit bekerja secara sinkron.

4. Kontrol

a. Monitoring: Memantau perkembangan situasi darurat secara terus-menerus dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.

b. Pengambilan Keputusan: Menilai situasi dan membuat keputusan cepat berdasarkan informasi yang ada, termasuk keputusan tentang eskalasi atau penurunan tingkat respons.

c. Komando dan Kontrol: Memastikan bahwa perintah dan arahan dari EOC diikuti dengan benar oleh semua unit di lapangan.

d. Manajemen Sumber Daya: Mengelola penggunaan sumber daya secara efisien dan mengatur pengiriman tambahan jika diperlukan.

5. Evaluasi

a. Evaluasi Pasca Insiden: Setelah situasi darurat teratasi, melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja tim tanggap darurat dan efektivitas rencana kedaruratan.

b. Laporan dan Analisis: Menyusun laporan insiden yang mencakup kronologi kejadian, tindakan yang diambil, dan hasil yang dicapai.

c. Identifikasi Kelemahan: Mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam respons darurat dan prosedur yang ada.

d. Perbaikan Rencana: Memperbarui rencana kedaruratan berdasarkan temuan evaluasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons di masa depan.

5. Debriefing: Mengadakan sesi debriefing dengan semua pihak yang terlibat untuk mendapatkan masukan dan umpan balik langsung.

Pendekatan yang terstruktur ini memastikan bahwa manajemen kedaruratan di bandar udara berjalan secara efektif, dengan semua aspek dari perencanaan hingga evaluasi dikelola dengan baik untuk menjaga keselamatan dan keamanan seluruh penumpang, staf, dan fasilitas bandara. Implementasi manajemen kedaruratan di bandara melibatkan berbagai program nyata yang dirancang untuk memastikan kesiapsiagaan dan respons yang efektif terhadap situasi darurat. Beberapa contoh program nyata yang telah dikerjakan dalam implementasi manajemen kedaruratan di bandara meliputi:

  1. Latihan dan Simulasi Kedaruratan
  • Latihan Tanggap Darurat Berkala: Bandara sering mengadakan latihan tanggap darurat berkala yang melibatkan skenario realistis, seperti kecelakaan pesawat, kebakaran di terminal, atau ancaman bom. Contohnya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Indonesia mengadakan latihan simulasi tanggap darurat secara rutin.
  • Simulasi Multinasional: Latihan yang melibatkan partisipasi berbagai negara dan organisasi internasional untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama internasional. Misalnya, latihan tanggap darurat bersama yang diadakan oleh ICAO.

2. Pusat Operasi Darurat (Emergency Operations Center – EOC)

  • Pendirian EOC: Bandara mendirikan Pusat Operasi Darurat yang dilengkapi dengan teknologi komunikasi dan pemantauan terkini untuk mengkoordinasikan respons darurat. Misalnya, Bandara Changi di Singapura memiliki EOC yang sangat canggih.
  • Pelatihan Staf EOC: Pelatihan khusus untuk staf yang bekerja di EOC agar mereka siap mengelola situasi darurat dan mengkoordinasikan tindakan dengan berbagai pihak.

3. Sistem Komunikasi dan Informasi

  • Penerapan Sistem Peringatan Dini: Bandara memasang sistem peringatan dini untuk mendeteksi ancaman seperti cuaca buruk, kebakaran, atau ancaman keamanan. Misalnya, Bandara Internasional Narita di Jepang menggunakan sistem peringatan dini canggih untuk cuaca ekstrem.
  • Aplikasi Mobile Kedaruratan: Pengembangan aplikasi mobile untuk staf bandara yang memungkinkan komunikasi cepat dan penyebaran informasi dalam situasi darurat.

4. Program Pelatihan dan Sertifikasi

  • Pelatihan Keamanan dan Keselamatan: Program pelatihan reguler untuk semua staf bandara mengenai prosedur keamanan dan keselamatan, termasuk tanggap darurat. Misalnya, Bandara Heathrow di London memiliki program pelatihan intensif untuk semua karyawan.
  • Sertifikasi Personel Darurat: Sertifikasi untuk personel yang terlibat dalam tanggap darurat untuk memastikan mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan.

5. Kerjasama dengan Layanan Darurat Eksternal

  • MOU dengan Layanan Medis dan Pemadam Kebakaran: Bandara menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan rumah sakit lokal, layanan medis, dan pemadam kebakaran untuk memastikan kerjasama yang lancar selama situasi darurat. Contohnya, Bandara Los Angeles memiliki MOU dengan berbagai layanan darurat lokal.
  • Latihan Gabungan: Mengadakan latihan gabungan dengan polisi, pemadam kebakaran, dan layanan medis untuk meningkatkan koordinasi dan respons.

6. Penilaian dan Audit Kedaruratan

  • Audit Kesiapsiagaan: Audit reguler terhadap kesiapsiagaan kedaruratan untuk memastikan bahwa semua prosedur dan peralatan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Misalnya, audit yang dilakukan oleh pihak eksternal di Bandara Dubai.
  • Penilaian Risiko Berkala: Melakukan penilaian risiko berkala untuk mengidentifikasi ancaman baru dan memperbarui rencana tanggap darurat.

7. Infrastruktur dan Peralatan Kedaruratan

  • Penyediaan Peralatan Kedaruratan: Penyediaan dan pemeliharaan peralatan kedaruratan seperti alat pemadam kebakaran, defibrillator, dan alat penyelamat lainnya. Misalnya, Bandara Incheon di Korea Selatan memiliki peralatan penyelamat modern dan lengkap.
  • Peningkatan Infrastruktur: Peningkatan infrastruktur seperti jalur evakuasi, pintu darurat, dan sistem deteksi kebakaran.

8. Program Kesadaran Publik

  • Kampanye Kesadaran: Kampanye untuk meningkatkan kesadaran penumpang dan pengunjung tentang prosedur keselamatan dan tanggap darurat. Misalnya, melalui video keselamatan yang diputar di layar informasi bandara.
  • Panduan Keselamatan: Penyediaan panduan keselamatan yang jelas dan mudah dipahami di berbagai lokasi di bandara.

Implementasi program-program ini memastikan bahwa bandara memiliki kesiapsiagaan yang tinggi dan mampu merespons situasi darurat dengan cepat dan efektif, menjaga keselamatan dan keamanan semua pengguna bandara.

Manajemen strategik bisa menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan penyelenggaraan manajemen kedaruratan di bandara. Dengan menggunakan manajemen strategik, bandara dapat lebih proaktif, terkoordinasi, dan adaptif dalam menangani situasi darurat. Berikut adalah bagaimana manajemen strategik dapat diterapkan sebagai “way forward” dalam manajemen kedaruratan:

  1. Visi dan Misi yang Jelas
  • Visi Kedaruratan: Merumuskan visi yang jelas tentang bagaimana bandara ingin menangani dan merespons situasi darurat, berfokus pada keselamatan, efisiensi, dan kepuasan penumpang.
  • Misi dan Tujuan: Menetapkan misi dan tujuan spesifik yang mendukung visi tersebut, seperti meningkatkan kesiapsiagaan, mengurangi waktu respons, dan meminimalkan dampak dari insiden darurat.

2. Analisis Lingkungan

  • Analisis SWOT: Melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam manajemen kedaruratan di bandara.
  • Penilaian Risiko: Mengidentifikasi dan menilai risiko yang mungkin dihadapi, baik internal maupun eksternal, termasuk ancaman keamanan, bencana alam, dan gangguan operasional.

3. Formulasi Strategi

  • Pengembangan Strategi: Mengembangkan strategi jangka panjang dan jangka pendek untuk meningkatkan manajemen kedaruratan, termasuk investasi dalam teknologi, pelatihan, dan peningkatan infrastruktur.
  • Skenario Perencanaan: Membuat rencana skenario untuk berbagai jenis darurat, dengan strategi yang fleksibel dan adaptif untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi.

4. Implementasi Strategi

  • Alokasi Sumber Daya: Mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung strategi, termasuk anggaran, peralatan, dan personel.
  • Pengembangan Kapasitas: Investasi dalam pelatihan dan pengembangan kapasitas untuk memastikan bahwa semua staf memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan.
  • Teknologi dan Inovasi: Mengadopsi teknologi terbaru untuk mendukung manajemen kedaruratan, seperti sistem peringatan dini, aplikasi komunikasi, dan perangkat pemantauan.

5. Koordinasi dan Kolaborasi

  • Kerjasama Multi-Stakeholder: Membangun kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk otoritas penerbangan, maskapai, layanan darurat, dan komunitas lokal.
  • Integrasi Sistem: Mengintegrasikan sistem manajemen kedaruratan dengan sistem lain di bandara untuk memastikan koordinasi yang lancar selama situasi darurat.

6. Pemantauan dan Evaluasi

  • Indikator Kinerja: Menetapkan indikator kinerja utama (KPI) untuk mengukur efektivitas manajemen kedaruratan dan memantau kemajuan terhadap tujuan yang ditetapkan.
  • Evaluasi Berkala: Melakukan evaluasi berkala terhadap strategi dan rencana yang ada, serta membuat penyesuaian berdasarkan hasil evaluasi dan perubahan kondisi lingkungan.

7. Budaya Keselamatan

  • Komitmen Manajemen: Memastikan bahwa manajemen puncak berkomitmen terhadap keselamatan dan kesiapsiagaan, serta mempromosikan budaya keselamatan di seluruh organisasi.
  • Kesadaran dan Pendidikan: Meningkatkan kesadaran dan pendidikan tentang pentingnya manajemen kedaruratan di kalangan staf dan penumpang.

8. Inovasi dan Adaptasi

  • Pengembangan Berkelanjutan: Mengadopsi pendekatan berkelanjutan dalam mengembangkan dan memperbarui rencana dan prosedur kedaruratan.
  • Fleksibilitas dan Adaptasi: Memastikan bahwa strategi dan rencana kedaruratan cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan situasi dan ancaman baru.

Dengan menerapkan manajemen strategik, bandara dapat meningkatkan kesiapsiagaan, respons, dan pemulihan dari situasi darurat, serta memastikan keselamatan dan keamanan yang lebih baik bagi penumpang, staf, dan fasilitas. Pendekatan ini memungkinkan bandara untuk proaktif dalam menghadapi tantangan, serta terus beradaptasi dan berkembang seiring dengan perubahan lingkungan dan risiko.

Penyelenggaraan manajemen kedaruratan di bandara adalah aspek krusial yang memastikan keselamatan dan keamanan penumpang, staf, dan fasilitas bandara. Menghadapi berbagai tantangan seperti koordinasi, pelatihan, sumber daya, dan kepatuhan terhadap regulasi, memerlukan pendekatan yang terstruktur dan komprehensif. Dengan mengadopsi manajemen strategik, bandara dapat lebih proaktif, terkoordinasi, dan adaptif dalam menangani situasi darurat.

Dengan mengadopsi manajemen strategik dalam penyelenggaraan manajemen kedaruratan, bandara dapat mencapai kesiapsiagaan yang lebih baik, respons yang lebih cepat dan efisien, serta pemulihan yang lebih cepat dari situasi darurat. Pendekatan ini memastikan bahwa bandara selalu siap menghadapi berbagai tantangan dan ancaman, menjaga keselamatan dan keamanan semua orang yang menggunakan layanan bandara.

Andry Kurnianto
Andry Kurnianto
Lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Inspektur Keamanan Penerbangan Bidang PKP-PK dan Salvage Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama - Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta
Facebook Comment
- Advertisement -

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.