Sabtu, April 27, 2024

MA Berhentikan Sementara Panitera Pengganti Tersangka Suap PT Aquamarine

Ketua Kamar Pengawasan MA Sunarto (kiri) didampingi Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) menunjukan surat pemecatan Panitera Pengganti PN Jakarta Selatan yang terjaring OTT saat memberikan keterangan pers di gedung KPK, Jakarta, Selasa (22/8). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Jakarta, 22/8 – Mahkamah Agung memberhentikan sementara panitera pengganti Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Tarmizi yang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait putusan perkara perdata antara PT Aquamarine Divindo Inspection (ADI) dan Eeastern Jason Fabrication Service (EJFS), Pte, Ltd.

Agus Sunarto selaku Ketua Muda Pengawasan MA menjelaskan bahwa pihaknya langsung mengambil langkah setelah KPK melakukan OTT dengan cara memberhentikan sementara Tarmizi, Panitera Pengganti PN Jaksel yang diduga menerima suap.

Lebih lanjut, Sunarto menjelaskan bahwa MA mengapresiasi langkah KPK yang telah melakukan operasi tangkap tangan terhadap aparatur pengadilan.

“Karena selama ini memang MA telah menjalin kerja sama dengan KPK, terutama dalam hal pencegahan dan kami akan tingkatkan dengan saling tukar informasi karena kami dari pengawasan MA telah bekerja sama dengan KPK,” tuturnya.

Menurut dia, KPK juga telah mendidik aparatur pengawasan MA di bidang pengawasan dan sedang berjalan.

“Cuma bedanya, MA tidak punya hak menyadap dan tidak mempunyai alat untuk menyadap, Namun, jika ditemukan info-info oleh tim MA yang sangat dirahasiakan dan mengarah ke tindak pidana, maka pihaknya akan meneruskan ke KPK,” ujarnya.

Ia pun menegaskan bahwa prinsip MA adalah tidak akan pernah memberikan toleransi terhadap segala bentuk pelanggaran apalagi menyangkut gratifikasi.

(Sumber: Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.