Selasa, Maret 5, 2024

Yunani Gagal Bayar lagi ke IMF

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras tiba dengan mobilnya di ktt pemimpin zona euro di Brussels, Belgia, Minggu (12/7). Pemimpin zona euro akan berjuang keras tetap mempertahankan Yunani yang hampir-bangkrut berada dalam zona euro setelah ketua Uni Eripa membatalkan rencana ktt pemimpin 28 negara Uni Eropa yang kemungkinan diperlukan dalam kasus "Grexit". ANTARA FOTO/REUTERS/Philippe Wojazer
Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras tiba dengan mobilnya di ktt pemimpin zona euro di Brussels, Belgia, Minggu (12/7). Pemimpin zona euro akan berjuang keras tetap mempertahankan Yunani yang hampir-bangkrut berada dalam zona euro setelah ketua Uni Eripa membatalkan rencana ktt pemimpin 28 negara Uni Eropa yang kemungkinan diperlukan dalam kasus “Grexit”. ANTARA FOTO/REUTERS/Philippe Wojazer

Yunani gagal melakukan pembayaran utang kedua kepada Dana Moneter Internasional yang jatuh tempo pada Senin waktu setempat. Kegagalan ini meskipun telah mencapai kesepakatan dengan kreditor resmi pada program bailout baru pada pagi harinya.

Athena seharusnya menyetor 450.000 euro atau US$ 500 ribu kepada pemberi pinjaman krisis. Tetapi negara tersebut diperkirakan tidak melakukan pembayaran setelah gagal membayar utang 1,5 miliar euro kepada IMF pada 30 Juni. “Tunggakan Yunani ke IMF sekarang total sekitar 2,0 miliar euro,” kata juru bicara IMF Gerry Rices.

Ketika pertama kali gagal bayar pada akhir Juni lalu, IMF membekukan akses Yunani ke sumber dayanya, termasuk pembiayaan program IMF yang sedang berlangsung untuk negara itu. Negara dibawah kepemimpinan sayap kiri tersebut meminta IMF untuk perpanjangan langkah periode pembayaran.

“Permintaan oleh otoritas Yunani untuk perpanjangan pelunasan kewajiban yang jatuh tempo pada 30 Juni diharapkan akan dibahas oleh Dewan Eksekutif dalam beberapa minggu mendatang,” katanya.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.