Selasa, Juli 16, 2024

Pemanfaatan Kain Perca Dikala Pandemi

Fida Halimah
Fida Halimah
Saya Fida Halimah mahasiswi UIN Walisongo Semarang. Alamat rumah Demak

Pemanfaatan kain Perca dikala pandemi Covid-19 masih menjadi kendala dalam setiap lini kehidupan manusia, segala aktivitas terbatasi karena penyebaran virus ini masih tinggi. Pembatasan yang dilakukan sebagai bentuk pencegahan paling dasar untuk menekan penyebaran virus Covid-19 dan menurunkan angka pasien Covid-19.

Melalui berbagai kegiatan dan informasi disebar guna memberikan pengetahuan dan edukasi terhadap masyarakat akan pengertian virus ini. Virus corona atau Severe Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-Cov-2) merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut dengan COVID-19.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk mencegahan agar tidak tertular dengan virus ini, kita harus menjaga diri dengan penerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air yang mengalir. Hal-hal tersebut diharapkan sebagai tindakan pencegahan paling efektif guna memutus rantai penyebaran virus ini.

Lalu, ada beberapa hal berikut ini diharapkan dapat membantu memberikan solusi di tengah pandemic saat ini. Yaitu pemanfaatan kain perca dikala pandemic. Kain perca adalah kain sisa dari suatu kain yang telah digunakan, dimana kain tersebut masih dapat dimanfatakan untuk kegunaan yang lain.

Nah, kain perca ini dapat dimanfaatkan guna membuat masker sebagai bentuk perlindungan diri bila berada di luar rumah. Akan ada beberapa penjelasan lebih rinci terkait kain perca, yaitu sebagai berikut.

Kain perca adalah kain yang terbuat dari potongan kain besar yang tidak digunakan kembali, kain ini bisanya digunakan sebagai tambahan atau variasi untuk pembuatan produk lain. Kain perca ini dapat digunakan kembali sebagai bahan untuk pembuatan masker yang dapat digunakan untuk diri sendiri, keluarga atau dibagian untuk masyarakat.

Kain perca juga memiliki berbagai kelebihan antara lain:

1. Mengurangi limbah kain pabrik

2. Mudah didapatkan

3. Dapat digunakan sebagai peluang bisnis

Selain memiliki banyak kelebihan kain perca memiliki kekurangan antara lain:

1. Butuh pengetahuan tentang penggunaan atau pengolahan kain perca

2. Produk limbah kain biasanya memiliki kualitas rendah

3. Variansi harga kain perca

Berbagai pengetahuan telah dipaparkan terkait kain perca. Sebagai masyarakat yang mematuhi peraturan pemerintah kita dapat memanfaatkan limbah-limbah kain perca yang berada di rumah masing-masing, limbah kain perca tersebut dapat kita gunakan untuk pembuatan masker yang disesuaikan dengan standar kesehatan. Hal ini juga dapat mengurangi sampah limbah masker medis yang sekali pakai.

Bukan hanya mengurangi sampah medis kita juga dapat menjadikan pekuang ini sebagai bentuk menjagaan lingkungan dari sambah rumah tangga dan mengurangi pengeluaran keuangan dikala pandemic ini. Di bawah ini akan dijelaskan cara pembuatan masker dari kain perca.

Bahan:

1. Kain perca

2. Tali karet

3. Jarum pentul

4. Gunting

5. Mesin jahit/ jarum dan benang jahit

Langkah pembuatan:

1. Gunting kain sesuai dengan ukuran panjang masing-masing 25-27 cm dan lebar ke bawah 15-17 cm

2. Kemudian lekuk 3 garis horizontal bertingkat pada bagian tengah kain lalu sisipkan jarum pentul agar lipatan tersebut tidak terlepas

3. Sisipkan tali karet pada masing-masing ujung masker dan disesuikan dengan ukuran telinga

4. Lipat kain sekitar 2 cm guna menutupi tali karet pada masing-masing bagian kanan-kiri masker

5. Letakkan kain tambahan yang disesuaikan dengan ukuran masker yang setengah jadi tersebut. Sebisa mungkin kain tambahan tersebut tebal guna memenuhi standar masker yang aman

6. Kemudian jahit bagian pinggir masker menggunakan mesin jahit atau secara manual

7. Masker siap digunakan

Penjelasan di atas adalah sedikit dari pemanfaatan kain perca yang dapat dilakukan di rumah. Kain perca juga dapat dijadikan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis, bila kita mampu membuat dan menghasilkan suatu produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kain perca dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan rumahan, bukan hanya masker tetapi kerajianan-kerajinan lain, misalnya sarung bantal, tas, dompet, sarung kotak tisu, keset dan lain sebagainya.

Menggunaan kain perca dapat menjaga lingkungan agar terhindar dari timbunan sampah rumah tangga, apalagi kain perca memiliki beragam manfaat tergantung dari jenis kain dan mengaplikasikannya terhadap suatu produk.

Nah, pandemi ini menjadikan kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sebagai penambah keuangan kita dapat memanfaatkan kain-kain yang berada di rumah dan didaur ulang menjadi produk yang disesuaikan dengan minat masyarakat yang sedang dibutuhkan. Apalagi pemasaran produk-produk dapat dilakukan dengan cara memasarkan lewat media sosial atau UMKM yang disedikan oleh pemerintah didaerah masing-masing.

Fida Halimah
Fida Halimah
Saya Fida Halimah mahasiswi UIN Walisongo Semarang. Alamat rumah Demak
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.