OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Sabtu, Desember 10, 2022
From Korea With Love Concert

The Judge : Nilai Sosial-Hukum & Arti Sebuah Tanggung Jawab

Alfa Toni
Penulis Pemula
From Korea With Love Concert

Diantara banyaknya film-film yang menampilkan permasalahan hukumyang terjadi di dunia ini, The Judge adalah salah satu film dengan konflikpembahasan yang menarik untuk di tonton. Terlebih lagi film ini dibintangi olehbanyak sekali para pemain terkenal dalam bidang industri perfilman Hollywood.Film yang dirilis pada tanggal 10 Oktober 2014 lalu berhasil menenempati urutanke-5 pada jajakan pendapat CinemaScore yang diadakan pada saat minggupembukaannya.

Di sutradarai oleh David Dobkin, The Judge juga meraih $83.5 jutadi seluruh dunia. Ditayangkan di 3,003 bioskop untuk rata-rata per bioskop$4,368. Para penonton The Judge memberikan penilaian dengan rata-rata”A+”.The Judge berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi duniadiantaranya, Hollywood Music In Media Award, Golden Awards ke-72, dan festivalfilm Heartland. Yang berarti film ini sangat di rekomendasikan untuk kalianpara pecinta film hukum.

Aspek Nilai Sosial-Hukum 

Nilai sosial yang terjadi antara seorang anak yang merupakan pengacara handal bernama Hank Palmer (Robert Downey Jr.) dalammenyelesaikan banyak kasus hukum dengan ayahnya seorang hakim yang terkenal Joseph Palmer (Robert Duvall) menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan.

Tidak hanya menghadirkan permasalahan hukum tetapi juga film iniberisi tentang nilai-nilai sosial yang terjadi dalam hubungan sebuah keluarga,Tentunya hal ini membuat alur film tidak terkesan monoton dan tidak membuatjenuh para penontonnya. Film yang berdurasi 2 jam ini akan membuat kalian merasakan sensasi keseruan serta penuh dengan emosional sepanjang film dimulai. Hubungan keluarga yang renggang oleh jarak dan waktu membuat Hank Palmer dan ayahnya Joseph Palmer tidak berjalan harmonis.

Pembahasan permasalahan yang mudah dipahami baik pada kalangan ahli hukum ataupun orang yang awam mengenai hukum.

The Judge memberikan fokus bukan hanya kepada kasus yang terjadi melainkan pada penjiwaan karakter hubungan antara ayah dan anak, film drama keluarga ini mengambarkan karakter emosional tiap adegannya. Argumentasi yang terjadi dalam sebuah keluarga dan awal mula cerita yang dituangkan pada film seolah-olah membuat kita ikut terbawa suasana film.

Perdebatan yang luar biasa di dalam ruang persidangan antar kubu yang sama-sama memberikan argumentasi yang kuat. menilik pemecahan sebuah tuduhan pembunuhan berdasarkan bukti-bukti yang masih samar keberadaannya.

Kubu lawan yang menutut kasus tersebut juga mengandalkan seorang pengacara terkenal di daerah tersebut yang memiliki ambisi untuk mengalahkan Hank palmer dalam kasus ini dan menjebloskan ayahnya ke dalam jeruji besi.

tidak peduli cara apa yang akan ia pakai untuk menjatuhkan keluarga Hank, ia akan tetap melakukannya dan bahkan sempat bernegoisasi dengan Hank mengenai penyerahan diri ayahnya kepada hakim agar hukumannya tidak terlalu berat. Namun tentunya Hank menolak dengan tegas dan tetap ingin menyelesaikan kasus untuk membantu ayahnya terbebas dari tuntutan pembunuhan tersebut.

Arti Sebuah Tanggung Jawab

Dari film ini pula kita dapat mengerti apa arti dari sebuah tanggung jawab. Pasalnya hakim Joseph adalah hakim yang sudah sangat terkenal menjujung tinggi rasa keadilan dan selalu bijak dalam memutuskan sebuah kasus hukum. permasalah terjadi ketika hakim Joseph terlibat sebuah kasus hukum berupa tuduhan atas dugaan pembunuhan seorang warga.

hal ini tentunya membuat kita semua bertanya-tanya, bagaimana bisa seorang hakim yang terbilang sudah lanjut usia bisa terlibat sebuah kasus pembunuhan hanya dalam waktu semalaman saja ? Disinilah makna sebuah tanggung jawab terjadi. Walau dengan banyknya tuduhan yang dilayangkan kepada hakim joseph, ia tetap datang memenuhi panggilan pengadilan dan tidak peduli jika dia seorang hakim agung sekalipun.

Dijelaskan oleh dokter Morris yaitu seorang dokter yang menangani penyakit hakim Joseph, bahwa Joseph menderita kanker stadium akhir dimana ia harus selalu melakukan cek rutin dan kemotrapi di usia nya yang sudah tak lagi muda.  efeknya ia selalu mengalami lupa ingatan bahkan pada polisi yang ia telah kenal selama 34 tahun bekerja bersamanya.

Hank Palmer memiliki ide untuk menjelaskan penyakitnya di dalam persidangan agar ayahnya mendapatkamn pengampunan dari hakim, akan tetapi sang ayah tidak ingin penyakitnya dilibatkan dan dirinya mendaptakan belas kasihan dari seluruh orang yang ada di dalam persidangan. ia lebih baik dihukum dengan setimpal daripada dibebaskandari semua tuntutan dengan penuh kebohongan. Sungguh penuh tanggung jawab sekali.

Sentuhan out of the box dimana banyak ketegangan yang terjadi baik dari sudut pandang pemeran utama maupun para pemeran lainnya.

Hal inilah yang seharusnya patut negara kita contoh tercinta, konteks jabatan dan jam terbang seharusnya tidak menghambat proses persidangan, para tersangka seharusnya bisa memenuhi panggilan daripada pengadilan walau disela-sela kesibukan mereka dan apapun jabatan dan latar belakangnya.

Sentuhan out of the box dimana banyak ketegangan yang terjadi baik dari sudut pandang pemeran utama maupun para pemeran lainnya menambah keseruan film ini.

Terakhir saya mengutip perkataan dari Hank Palmer,

“Banyak hal yang tidak menyenangkan mengenai ayahku, tetapi membunuh bukanlah salah satunya”.

Alfa Toni
Penulis Pemula
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.