OUR NETWORK
Jumat, September 30, 2022

Perkembangan Sastra Indonesia di Era Globalisasi

Muhamad Rafi
Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Kini dunia sudah memasuki era globalisasi, di mana era globalisasi ialah perubahan yang terjadi di seluruh dunia yang mencakup segala perkembangan zaman dan secara tidak sadar sudah semakin meningkat. Era globalisasi membawa pada perubahan struktur ekonomi, kekuasaan, sampai sistem pendidikan pun berubah. Sekarang ini proses globalisasi banyak ditakuti oleh masyarakat ketimbang dipahami. Era globalisasi harus diantisipasi dengan cermat dan tidak perlu takut dalam menghadapinya.

Sastra merupakan suatu media yang tidak bisa tergantikan oleh media lain. Sastra mempunyai peran dalam sebuah proses perubahan, terutama pada perubahan dunia. Sastra merupakan pokok ilmu pengetahuan yang memiliki kekayaan luar biasa. Bisa dilihat di negara maju bahwa sastra sudah tergabung dengan beberapa teknologi dan ilmu pengetahuan lainnya. Sastra Indonesia sudah diketahui bahwa dari masa ke masa akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan.

Perkembangan sastra Indonesia mengalami perubahan yang pesat, mulai dari segi tulisan ejaan, penggunaan bahasa, dan gaya penulisan. Maka, untuk saat ini keberadaan sastra sangat dibutuhkan di tengah era globalisasi. Jangan sampai lama kelamaan perkembangan sastra Indonesia di era globalisasi ini bergeser atau bahkan hilang. Seiring berjalannya waktu, dunia akan selalu mengalami perubahan. Perkembangan sastra Indonesia akan mengalami perubahan bahkan setiap harinya.

Tidak bisa dipungkiri di dalam sebuah catatan sejarah bahwa perjalanan sastra mengalami perkembangan yang begitu pesat. Terlihat bahwa yang mengalami perkembangan bukan hanya sastra tulisan saja, melainkan sastra seperti drama juga berkembang. Perkembangan sastra Indonesia di era globalisasi harus betul-betul diperhatikan. Segala sesuatu yang ada pastinya akan berkembang dari masa ke masa, begitupun dengan sastra Indonesia. Tujuan penulisan adalah utuk mengetahui pengertian sastra Indonesia dan utuk mengetahui perkembangan sastra Indonesia di era globalisasi

Manfaat penulisan artikel ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang pengertian sastra Indonesia, mengetahui bagaimana perkembangan sastra Indonesia di era globalisasi, selain itu para pembaca dapat menambah wawasannya lewat tulisan ini.

Pengertian Sastra Indonesia

Sastra merupakan sebutan yang sering dilontarkan dan banyak dibicarakan seiring perkembangannya dari generasi ke generasi. Pada dasarnya, sastra memiliki sifat yang banyak pemaknaan. Lalu, apa pengertian sastra?. Secara etimologis, sastra adalah suatu karangan yang indah atau sebuah karangan yang baik. Sastra pada dasarnya memiliki keindahan dan kebaikan. Namun, keindahan dan kebaikan dalam istilah sastra belum dikatakan lengkap jika tidak dikaitkan dengan suatu kebenaran. Sedangkan sastra Indonesia adalah suatu kajian yang mempelajari tentang puisi, novel, prosa, dan karya sastra lainnya dalam bahasa Indonesia. Sastra merupakan sebuah seni bahasa.

Perkembangan Sastra Indonesia Era Globalisasi

Sastra Indonesia mengalami perkembangan yang begitu signifikan. Sudah bisa diketahui bahwa pernyataan sastra Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan dibuktikan dengan adanya tokoh dengan berbagai karakter berbeda yang sudah tercoreng di dalam karya sastranya. Jenis sastra di Indonesia mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Sastra sudah berkembang lama di Indonesia, hal tersebut dibuktikan dengan munculnya majalah dan buku-buku.

Perkembangan sastra Indonesia tidak akan berdampak besar, apabila generasi penerus bisa mengembangkan segala sesuatu yang sudah dibuat oleh para tokoh sebelumnya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi semakin maju. Hal tersebut membuat sastra Indonesia harus berubah dan berinovasi. Era globalisasi juga berperan dalam perkembangan sastra. Dengan pemanfaatan teknologi yang baik dan diiringi pengetahuan di era globalisasi ini, sastra juga sangatlah penting.

Sebenarnya, perkembangan sastra Indonesia di era globalisasi ini tidak menjadi masalah yang begitu besar. Terpenting adalah bagaimana menjadikan sastra memiliki posisi yang kuat di tengah era globalisasi. Saat ini sastra Indonesia harus lebih dimasyarakatkan atau dalam artian harus disebar lebih jauh lagi, misalnya melakukan penerbitan karya-karya sastra harus diterbitkan dalam jumlah yang cukup besar. Pada sekolah-sekolah dan perguruan tinggi haruslah menjadikan karya sastra sebagai sumber pengajaran. Era globalisasi jangan menjadikannya sebagai objek perubahan saja, melainkan harus sebagai subjek.

Di era globalisasi justru sastra Indonesia bisa dikatakan cukup menggembirakan. Hal tersebut terjadi karena di era globalisasi perkembangan teknologi yang maju membuat seseorang menulis karyanya lewat teknologi yang ada, walaupun belum bisa ditampung ke dalam buku. Akan tetapi, setidaknya dengan adanya kemajuan teknologi sudah menguatkan posisi sastra di tengah globalisasi. Para pembaca juga mudah mengakses bacaan yang diinginkan, bisa di mana saja dan kapan saja. Maka dari itu, kita sebagai penerus bangsa ada baiknya selalu melestarikan segala sesuatu yang sudah ada sebelumnya, seperti sastra Indonesia.

Sastra merupakan sebuah sebutan yang sering banyak orang bicarakan. Sastra berkembang dari masa ke masa mengikuti perkembangan zaman. Tidak bisa dipungkiri dalam sebuah catatan sejarah, bahwa nyatanya sastra Indonesia berkembang begitu pesat. Sastra mempunyai keindahan, dari keindahan tersebut membuat sastra memiliki ciri khas tersendiri.

Perkembangan sastra di era globalisasi bisa dikatakan berkembang dengan sangat cepat. Era globalisasi membuat teknologi semakin canggih. Kecanggihan teknologi banyak dimanfaatkan oleh sebagian kalangan. Hingga saat ini sudah banyak orang yang menulis karya-karya sastranya lewat teknologi yang ada, walaupun karya sastranya belum bisa dibukukan.

Perkembangan sastra di era globalisasi tidak akan berdampak besar, jika para generasi bangsa terus mengembangkan apa yang sebelumnya sudah dibuat oleh para tokoh-tokoh sastrawan. Sastra Indonesia harus berada pada posisi yang kuat di tengah era globalisasi, yang paling penting ialah sebagai penerus bangsa harus melestarikan sastra Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

Esten, Mursai. Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Globalisasi. https://sastra-           indonesia.com/2012/bahasa-dan-sastra-indonesia-di-era-globalisasi/ (diakses pada Rabu, 16 Maret 2022 pukul 19.14 WIB).

Indraswari, Ocarina Alya. Eksistensi Sastra Indonesia Masa Kini.             https://www.kompasiana.com/ocarina04624/61762ec306310e5a89686672/eksistensi-   sastra-indonesia-masa-kini (diakses pada Rabu, 16 Maret 2022 pukul 20.42 WIB).

Sugiarti. Sastra Digital, Perkembangan Kesusasteraan Indonesia, Dampaknya Terhadap   Generasi Millenial. 2021. https://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA    (diunduh pada Selasa, 15 Maret 2022 pukul 19.52 WIB).

Suprapto, Edy dan Apri Kartikasari HS. Kajian Kesusastraan Sebuah Pengantar. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika. 2018.

Muhamad Rafi
Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.