Sabtu, Mei 18, 2024

Peran Teknologi Dalam Resolusi Konflik Israel-Palestina

Hufiyandita Felathi
Hufiyandita Felathi
I'm a undergraduate student at Mulawarman University with my major is International Relations. I'm active in various activities on campus.

Kemajuan teknologi yang ada saat ini semakin masif tentu membawa lebih banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan manusia.

Sebagai contoh dalam hal media sosial dan penyebaran berita yang semakin luas saat ini tidak lepas dari kemajuan teknologi yang terjadi. Seperti halnya kita dapat terhubung dengan berbagai negara di seluruh dunia dan dengan cepat mengetahui berbagai situasi yang terjadi di belahan dunia lain.

Kemajuan teknologi juga telah memberikan banyak bantuan dalam konteks kemanusiaan, misalnya mengurangi ancaman kelaparan, menangani wabah penyakit, dan meminimalkan kemungkinan bahaya perang global.

Selain itu, teknologi juga semakin membantu memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Namun, semakin penting suatu hal, maka akan semakin besar pula dampak yang ditimbulkannya yang disebut ketergantungan terhadap hal tersebut. Begitu pula dengan teknologi.

Dampak Kemajuan Teknologi 

Teknologi diibaratkan pedang bermata dua oleh para ahli, khususnya di bidang sosial dan politik. Seperti yang diungkapkan oleh Sejarawan Indonesia, Baskara Tulus Wardaya, dikutip dari dokumen siaran pers The 5th Jakarta Geopolitik Forum 2021 bertema Budaya dan Peradaban: Kemanusiaan di Persimpangan Jalan, “Ada kemungkinan karena kemajuan teknologi yang diciptakannya, manusia akan menghadapi kehancurannya sendiri-sendiri dan kolektif,” (Lemhannas RI, 2021).

Teknologi di masa depan diperkirakan akan membuat manusia semakin individualistis dan kehilangan jati diri sebagai makhluk sosial. Di satu sisi, teknologi membawa kebaikan bagi masyarakat. negara dan kemanusiaan, namun juga dapat merugikan konsep kemanusiaan itu sendiri, mulai dari contoh kasus antar masyarakat yang semakin individualistis akibat pengaruh kemajuan teknologi media sosial, hingga kasus yang lebih besar lagi di tingkat antar negara seperti teknologi. kemajuan di bidang militer berupa bom nuklir yang merupakan senjata pemusnah massal dan menimbulkan ancaman global.

Peran Teknologi Dalam Manajemen Resolusi Konflik : Studi Kasus Konflik Kemanusiaan Israel-Palestina

Teknologi memang bisa menjadi ancaman, namun besarnya ancaman yang ditimbulkannya juga sejalan dengan besarnya manfaat yang dibawa. Mengambil contoh peran teknologi dalam konflik Israel dan Palestina. Teknologi berkembang lebih jauh dari sekedar dipahami sebagai suatu susunan pengetahuan untuk mencapai tujuan praktis atau sebagai sesuatu yang diciptakan atau dilaksanakan serta metode untuk menciptakan atau melaksanakannya

Kemajuan teknologi telah banyak membantu dalam berbagai konflik kemanusiaan yang terjadi di seluruh dunia. Beberapa implementasi dampak positif kemajuan teknologi yang dapat saya analisa dari konflik Israel dan Palestina yang masih berlanjut hingga saat ini adalah sebagai berikut :

  • Pesawat yang mengirimkan bantuan kemanusiaan melalui udara ke Palestina dalam konfliknya dengan Israel yang saat itu tengah memblokade jalur darat pintu masuk ke Palestina.
  • Media massa terus menyebarkan informasi berita terkini mengenai kondisi konflik di Gaza dan sekitarnya.
  • Kemajuan dalam peralatan dan bidang medis. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang signifikan memberikan pengaruh yang sangat positif terhadap pengobatan bagi korban perang.

Selain dari manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, teknologi juga dapat menjadi jembatan bagi masyarakat sipil di seluruh dunia untuk dapat ikut serta dalam manajemen resolusi konflik. Dalam contoh kasus konflik Israel-Palestina, masyarakat dapat melakukan galang dana bagi korban kekerasan, melakukan boikot, dan membuat atau mempromosikan hashtag atau tagar melalui media sosial masing-masing.

Upaya tersebut sebenarnya termasuk dalam arena keempat dalam konsep manajemen resolusi konflik, dimana masyarakat sipil atau masyarakat tanpa terkecuali dapat ikut serta dalam penanganan suatu konflik yang terjadi. Hal ini mungkin tidak memberikan dampak langsung, namun masih dapat memberikan pukulan yang cukup serius, terutama dalam hal sosial dan ekonomi Israel.

Teknologi sebagaimana telah disebutkan di atas, merupakan pedang bermata dua yang mempunyai dampak positif dan negatif yang sama besarnya. Namun, kembali pada masing-masing individu dan negara untuk memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin agar membawa pengaruh positif dalam kehidupan.

Kemajuan teknologi dapat menjadi sesuatu yang dapat  memberikan dampak baik bagi umat manusia asalkan semua pihak baik masyarakat sipil maupun pemerintah dapat bersinergi dalam memanfaatkan kemajuan teknologi yang terus berkembang ke arah positif.

Hufiyandita Felathi
Hufiyandita Felathi
I'm a undergraduate student at Mulawarman University with my major is International Relations. I'm active in various activities on campus.
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.