Jumat, Juni 18, 2021

Menjaga Persatuan dalam Bingkai Ukhuwah Islamiyah

Pendidikan Antikorupsi dari Dini Hingga Perguruan Tinggi

Korupsi bak jamur yang terus tumbuh di negeri ini. Kita dipertontonkan dengan penangkapan-penangkapan para koruptor. Bukannya menjadi efek jera kepada yang lain, malah korupsi...

Bali dan Pandemi

Pulau Bali sebagai destinasi wisata yang sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia, memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan selalu ingin liburan ke...

Hari Santri, Ribuan Santri di Kecamatan Mantup Gelar Kirab

Sekitar 1.596 santri di Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan menggelar kirab santri dalam rangka peringatan hari santri nasional yang diselenggarakan di Lapangan Gedung Mayangkara Mantup,...

Intoleransi yang Berulang

Kasus intoleransi di sekolah kembali menyita perhatian. Tekanan oleh pihak sekolah SMK N 2 Padang Sumbar pada salah satu siswinya untuk memakai jilbab membuat...
M Affian Nasser
Mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dan Alumni Pondok Pesantren Modern Babussa'adah Bajo.

Ukhuwah dalam bahasa Arab diartikan sebagai “persaudaraan”, dan juga merupakan kata yang mengandung makna yang berkisar pada “memperhatikan”, sehingga dalam pemaknaannya, mengandung arti bahwa, “rasa persaudaraan mengharuskan adanya perhatian kepada semua yang bersaudara”.

Secara kebahasaan, kata ukhuwah mencakup aspek persamaan dari berbagai unsur, seperti keluarga, keturunan, suku, agama, profesi, dan lain-lain. Sehingga dalam kamus-kamus bahasa Arab ditemukan bahwa, kata “akh” yang membentuk kata “ukhuwah” digunakan juga dengan arti teman akrab atau sahabat.

Masyarakat muslim, khususnya masyarakat muslim Indonesia telah mengenal istilah ukhuwah Islamiyah. Berdasarkan penjelasan dari M. Quraish Shihab, istilah Islamiyah tidak hanya bermakna persaudaraan yang dijalin oleh sesama muslim saja, tetapi ia juga bermakna, persaudaraan kepada sesama non-muslim. Karena kata Islamiyah yang dirangkaikan dengan kata ukhuwah, lebih tepat dipahami sebagai kata sifat, sehingga ukhuwah Islamiyah berarti persaudaraan yang bersifat Islami atau persaudaraan yang diajarkan oleh Islam.

Demikian pula halnya Al-Qur’an dan Hadis yang memperkenalkan bermacam-macam persaudaraan yang tidak hanya diajarkan untuk sesama muslim saja, tetapi juga kepada antar-umat beragama lainnya.

Kewajiban Menjaga Persatuan

Menjaga persatuan yang dibingkai dengan sebuah persaudaraan merupakan salah satu anjuran yang ada dalam agama Islam. Menjaga persatuan banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Sehingga kita bisa menemukan beberapa ayat yang bermakna persatuan, dan beberapa ayat lain yang bermakna persaudaraan, baik sesama keturunan, keluarga, agama, suku, ras, maupun kepada sesama umat yang lainnya.

Semua itu dinyatakan dengan bentuk kata “akh” maupun “ukhuwah”, yang menunjuk kepada hubungan keluarga, sesama masyarakat, se-agama, se-bangsa dan se-negara. Persatuan yang diartikan sebagai persaudaraan dalam ruang lingkup masyarakat digambarkan oleh pesan Al-Qur’an bahwa, walaupun di dalam suatu masyarakat ada yang berselisih paham atau pendapat, kita harus tetap mampu menjaga persatuan dalam persaudaraan. QS. 38:23.

Selain sebagai bentuk persatuan dalam sebuah persaudaraan kepada sesama keluarga, masyarakat, dan sesama manusia. Persatuan juga disebutkan dengan makna persaudaraan se-agama, hal ini ditunjukkan secara jelas dalam firman-Nya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara”. QS. 49:10.

Di sisi lain, Al-Qur’an juga menyatakan bahwa, bentuk persatuan merupakan hal yang patut digalangkan demi menyikapi perbedaan yang ada pada jenis kelamin, budaya, bangsa, dan suku atau terhadap segala macam perbedaan yang lainnya. QS. 49:13.

Sehingga umat Islam diharuskan untuk menciptakan kebersamaan dalam menghindari perpecahan dalam bentuk apapun. Karenanya, menjaga persatuan amatlah penting demi terciptanya sebuah suasana yang kondusif, damai, aman, tentram dan nyaman.

Dari sini kita dapat menarik suatu kesimpulan bahwa, upaya dalam menjaga persatuan adalah menjaga sikap kebersamaan dengan saling menguatkan, saling menasehati, saling menghormati, saling mengingatkan dan saling meluruskan satu sama lain. Sungguh, betapa Islam melalui ayat-ayat suci Al-Qur’an, menggarisbawahi bagaimana pentingnya sebuah persatuan dalam upaya untuk menjaganya.

Sebuah Keniscayaan

Persatuan merupakan upaya yang harus senantiasa dijaga, tidak hanya dengan memperhatikan hubungan persaudaraan atas dasar sesama muslim, namun juga memperhatikan hubungan persaudaraan terhadap non-muslim. Dalam hal ini, setiap muslim dituntut untuk senantiasa menggambarkan kebaikan Islam dan moderasinya terhadap non-muslim.

Sehingga rasa kebersamaan dalam memupuk persatuan dapat diwujudkan dengan menciptakan rasa persaudaraan dan saling mengasihi satu sama lain. Dalam kehidupan yang penuh dengan rasa persaudaraan dan kasih sayang, maka akan menciptakan suasana dan perasaan yang tenang, damai, nyaman lagi tentram bagi masyarakat. Karena sedari awal, Islam datang menekankan hal-hal tersebut, dan menganjurkan terwujudnya sebuah nilai persaudaraan, baik sesama muslim maupun non-muslim.

Adanya perbedaan tidaklah menyebabkan seseorang harus menafikan orang lain yang berbeda pandangan atau keyakinan dengan dirinya. Namun, dengan adanya perbedaan justru menjadi sebuah bentuk kelanjutan dalam memantapkan ukhuwah Islamiyah. Karena persatuan ada dari sebuah perbedaan yang beraneka ragam. Dan bagaimana pun, perbedaan yang dirangkaikan dengan persatuan merupakan keniscayaan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam hal ini, Al-Qur’an sama sekali tidak menafikan adanya keadaan dunia, demikian pula halnya dalam konteks keindonesian, yang dihuni oleh mereka yang beragama Islam saja, tetapi juga agama-agama lain yang dianut oleh semua umat yang beragama. Meski dalam Al-Qur’an kita mengenal istilah kaum “kafir”, namun Islam tidak serta merta menindas dan membumi hanguskan mereka. Sehingga dalam mewujudkan persatuan dalam bingkai persaudaraan antar pemeluk agama-agama, Islam memberikan arahan yang sangat apik, yang disampaikan melalui pesan Al-Qur’an yang menyatakan bahwa, “untukmu agama-mu dan untukku agama-ku”.

Demikianlah, bagaimana Islam sangat menghormati kepentingan setiap umat beragama, guna menjaga persatuan dalam bingkai “rasa persaudaraan” demi menghindari berbagai bentuk perpecahan dan pertengkaran di antara umat Islam maupun di antara umat beragama lainnya.

M Affian Nasser
Mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dan Alumni Pondok Pesantren Modern Babussa'adah Bajo.
Facebook Comment

POLIKLITIK

ARTIKEL TERBARU

Radikalisme, Anak Muda dan Pendidikan Tinggi: Antisipasi, Respon dan Kebijakan

Ekstrimisme dan radikalisme nampaknya tidak mengenal negara berpenduduk mayoritas Muslim seperti Indonesia atau negara-negara Eropa di mana kaum Muslimin merupakan komunitas minoritas. Ekstrimisme tumbuh...

Eksploitasi Pasar Menggunakan Tubuh Perempuan

Jika Anda terlahirkan sebagai seorang perempuan maka Anda harus bersiap menerima kenyataan sebagai warga kelas dua yang ditakdirkan berada dibawah dominasi maskulinitas laki-laki. Dan...

Dirut BPJS Kesehatan: Agar JKN-KIS Sustain, Kendali Mutu Kendali Biaya Jadi Prioritas Utama

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS sekaligus menguatkan perannya sebagai strategic purchaser, BPJS Kesehatan mengajak mitra fasilitas kesehatan, tenaga medis, pemerintah daerah,...

Melirik Lebih dalam Terkait Kontroversi “BTS Meal”

Baru-baru ini Indonesia digemparkan oleh salah satu menu makanan dari perusahaan makanan ternama yaitu McDonald's. Dimana McDonald's melakukan kolaborasi dengan boyband yang sangat populer...

Meninjau Wacana Menghidupkan Kembali Pasal Penghinaan Presiden

Kementerian Hukum dan HAM sampai saat ini terus mensosialisasikan draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Seperti yang diketahui, pengesahan RKUHP sempat ditunda oleh...

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.