Jumat, Juni 21, 2024

Fakta Menarik Seputar Cristiano Ronaldo

Agus Wibowo
Agus Wibowo
Saya sedang belajar menjadi seorang penulis artikel

Cristiano Ronaldo, legenda hidup sepakbola, adalah salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Lahir di Funchal, Madeira, Portugal, pada 5 Februari 1985, Ronaldo tumbuh menjadi salah satu atlet paling dihormati dan diakui di dunia. Dikenal karena kecepatan, keahlian teknis, dan ketangguhan mentalnya, Ronaldo telah mencetak sejumlah rekor dan memenangkan banyak gelar sepanjang karirnya.

Karir Ronaldo dimulai di klub Portugal Sporting Lisbon, di mana dia menarik perhatian Manchester United pada usia muda. Pada tahun 2003, dia bergabung dengan Manchester United dengan biaya transfer yang saat itu menjadi rekor untuk pemain muda.

Di Old Trafford, Ronaldo berkembang pesat, menjadi salah satu pemain terbaik di dunia di bawah bimbingan manajer legendaris, Sir Alex Ferguson. Bersama United, Ronaldo memenangkan tiga gelar Liga Premier, satu Liga Champions, dan berbagai penghargaan individu, termasuk penghargaan Ballon d’Or pertamanya pada tahun 2008.

Puncak karir Ronaldo di Manchester United adalah musim 2007-2008, di mana dia mencetak 42 gol dalam semua kompetisi dan membawa United meraih gelar ganda Liga Premier dan Liga Champions. Keberhasilan ini membuatnya meraih Ballon d’Or pertamanya dan menetapkan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Pada tahun 2009, Ronaldo pindah ke Real Madrid dengan biaya transfer rekor dunia pada saat itu. Di Real Madrid, dia melanjutkan dominasinya, mencetak lebih dari 450 gol dalam 438 penampilan dan memenangkan empat gelar Liga Champions serta empat Ballon d’Or tambahan. Ronaldo juga memecahkan rekor gol La Liga, menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah kompetisi tersebut sebelum meninggalkan klub pada tahun 2018.

Pada tahun 2018, Ronaldo pindah ke Juventus dengan biaya transfer yang mengesankan. Di Italia, dia tetap menjadi pemain yang tak tergantikan, membantu Juventus memenangkan gelar Serie A dan memecahkan rekor-rekor individu lainnya. Namun, pada 2021, Ronaldo kembali ke klub lamanya, Manchester United, memicu kegembiraan di antara para penggemar.

Selain kesuksesannya di level klub, Ronaldo juga menjadi tulang punggung tim nasional Portugal. Dia telah mewakili negaranya dalam beberapa kejuaraan internasional, termasuk Piala Dunia FIFA dan Kejuaraan Eropa UEFA, membawa Portugal meraih gelar Kejuaraan Eropa pertamanya pada tahun 2016.

Di luar lapangan, Ronaldo dikenal karena kegiatan amalnya dan kepribadiannya yang rendah hati. Dia sering kali menyumbangkan uang dan waktu untuk membantu yang membutuhkan, menjadikannya tidak hanya atlet yang menginspirasi, tetapi juga sosok yang dihormati di seluruh dunia.

Dengan karir yang mengesankan dan dedikasinya terhadap permainan, Cristiano Ronaldo tetap menjadi salah satu pemain paling dihormati dalam sejarah sepakbola. Meskipun usianya sudah mencapai kepuncaknya, dia terus menginspirasi jutaan penggemar di seluruh dunia dengan dedikasinya, keunggulan, dan semangatnya yang tak terpadam.

Agus Wibowo
Agus Wibowo
Saya sedang belajar menjadi seorang penulis artikel
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.