OUR NETWORK
Sabtu, Juli 24, 2021

BTS Meals dan Cerita Kuatnya Soft Power

Yosia Dominikus Mogo
an international relations student

BTS Meal merupakan sebuah menu paket makanan hasil kolaborasi antara salah satu franchise makanan cepat saji besar di dunia yakni McDonald’s atau biasa dikenal sebagai MCD dengan boyband besar pula asal korea selatan yaitu BTS (Bangtan Sonyeondan) yang isinya adalah 10 buah McNuggets, kentang goreng berukuran sedang, soda berukuran sedang, dan saus cabai manis dan cajun.

Dengan membawa nama boyband Korea BTS yang namanya sudah mendunia karena prestasi yang banyak, lagu yang enak, serta beberapa kali melakukan kolaborasi dengan penyanyi besar sebut saja seperti sebut saja Nicki Minaj, Sia, dan yang lainnya maka tidak aneh bahwa BTS Meal menjadi tren di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Di Indonesia sendiri BTS Meal pertama kali diluncurkan pada 9 Juni 2021, dan menjadi langsung menjadi trending. Mebludaknya para pembeli yang berusaha mengantri untuk mendapatkan BTS Meal, walaupun masih dalam suasana pandemi yang tidak memperbolehkan adanya kepadatan manusia ditambah dengan penjualan kembali bts meal secara online dengan harga yang cukup tidak masuk akal seakan menjadi sebuah euphoria tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Tentu hal tersebut memancing berbagai media massa dan media sosial untuk mengulas serta menjadikan fenomena ini sebagai tajuk berita mereka. Namun, disamping segala kemeriahan tersebut, BTS Meals dapat menjadi bukti bahwa soft power Korea Selatan di Indonesia sangatlah kuat.

Menurut Joseph S.Nye soft power mengacu kepada kemampuan yang dimiliki oleh suatu negara untuk mempengaruhi negara lain untuk melakukan apa yang mereka mau tanpa melakukan kekerasan atau koersi. Salah satu cara yang digunakan untuk mengukur tingkat soft power suatu negara oleh Global Soft Power Index yang terbit pada Februari 2020 adalah dengan melihat performa suatu negara dalam 7 area berbeda atau biasa disebut sebagai 7 pilar soft power.

Ke-7 pilar soft power tersebut antara lain: pertama adalah bisnis dan perdagangan dalam hal ini dapat dilihat melalui brand, bisnis, investasi, ekonomi, perdagangan, perpajakan, infrastruktur, dan pertumbuhan masa depan; Kedua adalah pemerintahan dalam hal ini yang dilihat adalah rule of law, hak asasi manusia, tingkat kejahatan, keamanan, konstitusi, dan elit politik; ketiga adalah relasi internasional dalam hal ini dapat dilihat melalui relasi diplomatis, organisasi internasional, penyelesaian konflik, bantuan internasional, dan aksi iklim; keempat adalah budaya yang dapat dilihat melalui turisme, olahraga, makanan, seni, literatur, musik, film, game, dan mode; kelima adalah media dan komunikasi dimana dalam hal ini dapat dilihat melalui media tradisional, media sosial, dan marketing; keenam ada edukasi dan sains dimana dalam hal ini dapat dilihat dari tingkat edukasi, sains, dan teknologi; ketujuh dan yang terakhir adalah masyarakat dan nilai yang dapat dilihat melalui nilai, karakter, dan kepercayaan.

Apabila menggunakan model penghitungan kekuatan soft power, oleh soft power index maka dapat dikatakan bahwa BTS merupakan salah satu aset terbaik yang dimiliki Korea Selatan dalam melakukan atau meningkatkan soft power di bidang kultur melalui musik. BTS yang merupakan sebuah produk dari budaya populer korean pop atau biasa dikenal sebagai K-pop memulai debut pertamanya pada tahun 2013 dan sukses dan mengglobal. Boyband korea yang memiliki 7 personil ini bahkan memiliki fandomnya sendiri yang dikenal sebagai A.R.M.Y (Adorable Representative M.C. for Youth) yang tersebar diseluruh dunia, yang dimana salah satu basis terbersarnya berada di Indonesia.

Tentu hal ini membuat barang barang yang memiliki tema atau bau BTS menjadi barang yang bernilai koleksi terutama diantara penggemarnya, dan BTS Meals menjadi salah satunya karena mengingat kerjasama yang dilakukan BTS dengan Mcdonald’s merupakan kerjasama resmi.

Saat peluncurannya di Indonesia pertama kali yakni pada 9 Juni 2021 ternyata tidak hanya penggemar dari BTS atau ARMY saja yang membeli tetapi juga masyarakat umum yang mengakibatkan pembludakan pesanan akan BTS Meals di gerai gerai Mcdonald’s di Indonesia.

Pembludakan tersebut bahkan mengakibatkan beberapa gerai Mcdonald’s mendapat sanksi karena telah melanggar protokol kesehatan yang berlaku di Indonesia. Membludaknya atau banyaknya pembeli terhadap BTS Meals menjadi fenomena yang cukup menarik untuk dilihat karena mengingat bahwa isinya yang sebenarnya tidaklah begitu berbeda dan dapat ditemukan di gerai mc’donalds manapun dan ditambah degan dua saus spesial yakni cajun dan sweet chilli.

Walaupun sekilas tidaklah begitu berbeda namun apabila ditelusuri menu tersebut merupakan menu yang sering dipesan oleh anggota BTS dalam melakukan touring keliling dunia, dan dua saus yang ditambahkan kedalam menu merupakan dua saus yang paling disukai oleh anggota dari BTS.  Hal ini menunjukan bahwa secara tidak langsung BTS dapat mengubah persepsi orang orang akan suatu hal yang sebelumnya biasa saja dan dapat umum untuk ditemukan.

Kemampuan untuk mengubah persepsi tersebut juga menunjukan bahwa BTS memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh kepada tidak hanya ke penggemarnya saja tetapi juga kepada masyarakat Indonesia secara umum, dan hal ini menunjukan pula besarnya kemampuan soft power yang dimiliki oleh Korea Selatan melalui produk dari budaya populernya yakni BTS terhadap Indonesia terkhususnya masyarakat Indonesia.

Yosia Dominikus Mogo
an international relations student
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.