Senin, Mei 20, 2024

Ratusan Wisatawan Pantai Selatan Disengat Ubur-Ubur

Ilustrasi/Pantai yang berada di pinggir Pantura itu menjadi salah satu tujuan wisata dari dalam kota maupun luar kota saat libur Lebaran. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Ilustrasi/Pantai yang berada di pinggir Pantura itu menjadi salah satu tujuan wisata dari dalam kota maupun luar kota saat libur Lebaran. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Ratusan wisatawan pantai selatan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, disengat ubur-ubur atau impes, bahkan beberapa orang harus dibawa ke puskesmas untuk dirawat.

Koordinator SAR Linmas Pantai Baron Marjono di Gunung Kidul mengatakan dari laporan 22 titik pantai, dalam satu hari ini saja tercatat 158 pengunjung yang tersengat ubur-ubur.

“Total wisatawan dari sejak H+1 sampai H+3 Lebaran sudah 195 orang tersengat ubur-ubur di pantai selatan Gunung Kidul,” kata Marjono.

Ia mengatakan sengatan ubur-ubur paling banyak terjadi di Pantai Sepanjang, disusul beberapa pantai lainnya seperti Kukup, dan Krakal. “Paling banyak di Pantai Sepanjang,” katanya.

Marjono mengatakan pihaknya sudah memberikan papan pengumuman agar wisatawan tidak memegang atau menjauhi ubur-ubur. Namun, sebagian pengunjung tetap nekad menyentuhnya.

“Kami sudah mengingatkan, namun wisatawan kadang menganggap ubur-ubur tidak berbahaya, biasanya mereka pegang karena bentuknya lembek dan berwarna biru,” kata dia.

Ia mengatakan, stok amoniak dan alkohol sebagai pengobatan sengatan ubur-ubur sudah mulai menipis. Sementara sumbangan dari pemerintah setempat belum ada. Sumbangan puskesmas alkohol lima liter, 15 botol kecil, dan swadaya alkohol oleh SAR lima liter sudah hampir habis.

“Terpaksa kita menggunaan uang pribadi untuk membeli, dan kami berharap pemerintah memberikan tambahan obat-obatan,” katanya. (Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.