Selasa, Maret 5, 2024

Menteri Jonan Akan Perbaiki Angkutan Bus

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (tengah) naik kereta Railbus atau kereta perintis "Batara Kresna" rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri setelah diresmikan pengoperasianya di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah/ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (tengah) naik kereta Railbus atau kereta perintis “Batara Kresna” rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri setelah diresmikan pengoperasianya di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah/ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berencana memperbaiki kinerja dan fasilitas angkutan umum, khususnya di perhubungan darat seperti terminal dan bus.

“Saya akan duduk bersama dengan Organda, para pemangku kepentingan seperti para bupati Wali Kota terkait, Gaikindo, Korlantas Polri untuk membicarakan angkutan bus agar bisa dinikmati masyarakat,” kata Jonan di Jakarta, Selasa (28/7).

Hal itu dilakukan untuk memberikan keselamatan bagi para pemudik di tahun depan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi. Mereka semua akan kita ajak untuk meningkatkan pelayanan sarana dan prasarana angkutan bus.

Pihaknya pun menyayangkan fakta bahwa banyak masyarakat saat ini lebih banyak beralih kepada mobil pribadi, baik saat mudik, maupun pada hari biasa. Padahal, kata Jonan, risiko kecelakaan menggunakan kendaraan pribadi lebih besar jika dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum.

“Angkutan jalan, khususnya pengguna bus, turun sekitar 10 persen, bukan satu keprihatinan tapi satu fakta angkutan bus mulai menurun,” katanya. “Karena itu, meski pertumbuhan ekonomi stagnan, namun daya beli masyarakat masih mampu menggunakan angkutan umum.”

Hal itu dibuktikan Jonan dari pertumbuhan masyarakat yang menggunakan pesawat saat musim liburan lebaran beberapa waktu lalu. Fenomena pesawat domestik tumbuh delapan persen saat angkutan lebaran buktinya, ekonomi menurun tapi daya beli luar biasa.

Jonan menambahkan ke depannya angkutan transportasi darat akan didominasi oleh Damri. Karena itu, untuk mewujudkannya diperlukan sebuah reglasi khusus agar semua transportasi darat masih bisa beroperasi tanpa mengorbankan yang lain.[*]

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.