Sabtu, Juni 22, 2024

Gajah Sumatera Melahirkan Bayi

Ilustrasi: Bayi gajah/ANTARA
Ilustrasi: Bayi gajah/ANTARA

Seekor bayi gajah Sumatera (Elephas maximus) lahir di Conservation Response Unit Tangkahan di kawasan ekowisata Taman Nasional Gunung Leuser, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Kepala Balai Besar Taman nasional Gunung Leuser, Andi Basrul, mengatakan bayi gajah tersebut lahir dari gajah sumatera berusia 22 tahun bernama Yuni yang ada di CRU Tangkahan. “Bayi gajah berjenis kelamin perempuan lahir dengan lancar dan dalam kondisi sehat dengan ukuran lingkar dada 100 cm dengan tinggi badan 83 cm,” katanya dalam sebuah pernyataan, Rabu.

Saat ini, ia mengatakan, di wilayah kerjanya masih terdapat dua gajah betina yang sedang hamil yang akan segera melahirkan dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, Andi mengatakan kelahiran gajah di Tangkahan ini membuktikan bahwa pengelolaan gajah jinak bersama masyarakat ini tetap memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan satwa, sehingga terjadi kehamilan dan kelahiran.

Indukan gajah di Tangkahan, ia mengatakan sebenarnya sudah beberapa kali berhasil melahirkan namun anak-anak gajah tersebut belum berhasil bertahan hingga dewasa. “Ini karena bayi gajah sangat rawan terhadap beberapa jenis penyakit,” katanya.(ANTARA)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.