Rabu, April 24, 2024

Donald Trump Gugat Univison Akibat Kampanyenya

Taipan real estate dan bintang TV Donald Trump membawa laporan keuangan yang memperlihatkan kekayaan miliknya saat ia secara resmi mengumumkan kampanye pencalonan dirinya sebagai presiden AS 2016 dari partai Republik di Menara Trump, New York, Selasa (16/6). ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid/djo/15
Taipan real estate dan bintang TV Donald Trump membawa laporan keuangan yang memperlihatkan kekayaan miliknya saat ia secara resmi mengumumkan kampanye pencalonan dirinya sebagai presiden AS 2016 dari partai Republik di Menara Trump, New York, Selasa (16/6). ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid/djo/15

Taipan Amerika Serikat yang juga calon presiden Donald Trump mengajukan gugatan sekitar US$ 500 juta terhadap Univison atas keputusan televisi jaringan berbahasa Spanyol tersebut mengakhiri kontrak untuk menyiarkan kontes Miss USA yang juga merupakan perusahaan patungan dari Trump pada Selasa, kemarin.

Pekan lalu, Univision menyatakan tidak akan menyiarkan kontes tersebut karena pernyataan Donald Trump yang dianggap menghina imigran Meksiko ketika ia mencalonkan diri menjadi nominasi calon presiden Amerika Serikat 2016 dari Partai Republik.

Dalam 19 halaman gugatan kepada pemilik utama jaringan Univision Haim Saban yang juga merupakan pengumpul dana untuk rivalnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton, Trump menuduh upaya terselubung untuk menahan kebebasan berbicaranya dalam meningkatkan persaingan dengan Clinton.

Ketika secara resmi mengumumkan pencalonannya pada 16 Juni 2015, Trump telah menuduh Meksiko mengirim pemerkosa dan penjahat lainnya ke Amerika Serikat

“Mereka membawa obat-obatan, kejahatan, pemerkosa, dan beberapa saya asumsikan adalah orang-orang baik tetapi saya telah berbicara dengan penjaga perbatasan dan mereka memberitahu kami apa yang kami peroleh,” katanya pada saat itu.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa, kemarin, Trump bersumpah untuk mengajukan gugatan dan tidak akan mencabut pernyataan sebelumnya mengenai imigran Meksiko.

“Tidak ada yang saya nyatakan berbeda dari apa yang saya telah katakan selama bertahun-tahun. Ada kejahatan tingkat tinggi yang terjadi di negeri ini karena imigran ilegal,” katanya.

Namun demikian, ia menyatakan memiliki rasa hormat dan cinta yang besar serta semangat yang luar biasa dari rakyat Meksiko.

Dalam sebuah pernyataan penuh semangat dan membela diri, Univision mengatakan keluhan dari Trump itu adalah fakta yang palsu dan tidak masuk akal.

“Univision mengatakan akan terus berjuang melawan Trump dari komentarnya yang telah menghina imigran Meksiko pada 16 Juni lalu,” kata perusahaan itu.

Pekan lalu, Univision mengatakan tidak akan menayangkan kontes dan akan memutuskan hubungan dengan organisasi Miss Universe yang merupakan perusahaan patungan antara Trump dan NBCUniversal karena komentarnya yang menghina imigran Meksiko.

Terkait komentar Trump tersebut, NBC juga memutuskan tidak menayangkan kontes Miss USA dan Miss Universe pada Senin baru-baru ini.

Sebelumnya, Trump mengatakan tidak akan ambil bagian dalam acara televisi NBC The Apprentice karena sedang berusaha menuju Gedung Putih.

Trump dianggap sebagai calon favorit dari Partai Republik dalam kontes penyaringan nama calon presiden Amerika Serikat 2016. (Antara/Reuters)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.