Jumat, Juni 21, 2024

Edukasi Pencegahan Stroke dan Latihan Rentang Gerak

Nur Rofiqoh
Nur Rofiqoh
Dream glow

Mahasiswa Profesi Ners dari Kelompok 2, Stase Keperawatan Medikal Bedah, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga mengadakan promosi kesehatan rumah sakit dengan topik “Pencegahan Stroke dan Latihan Rentang Gerak.” Kegiatan ini merupakan bagian dari kompetensi mahasiswa Profesi Keperawatan dalam peran sebagai Ners.

Masalah stroke masih menjadi isu kesehatan utama di Indonesia. Salah satu tanda klinis stroke adalah penurunan kemampuan neurologis yang cepat dan dapat berakibat fatal. Penderita stroke perlu melakukan mobilisasi awal untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Mobilisasi awal pada pasien stroke dapat dilakukan oleh pasien sendiri atau dengan bantuan keluarga.

Dalam penyuluhan kesehatan ini, materi yang disampaikan meliputi pengertian stroke, gejala yang muncul, cara pencegahan stroke, pentingnya latihan rentang gerak (ROM), serta panduan melakukan latihan ROM aktif dan pasif. Latihan rentang gerak (ROM) adalah latihan untuk meningkatkan dan memperbaiki tingkat kemampuan serta meningkatkan massa otot baik aktif maupun pasif.

Kemudian disampaikan juga beberapa tips untuk mencegah penyakit stroke, yaitu tidak merokok dan menghindari asap rokok, meningkatkan konsumsi sayur dan buah, rutin melakukan cek kesehatan meliputi tekanan darah, detak jantung, frekuensi pernafasan juga kondisi umum lainnya kemudia teratur dalam berolahraga sepet melakukan aerobik minimal tiga kali dalam seminggu, jalan atau lari pagi dan menjaga pola makan menghindari makanan berlemak dan tinggi gula juga harus mengurangi makanan asin dan beragam.

Kegiatan ini berlangsung di lantai 6 ruang rawat inap Rumah Sakit Universitas Airlangga, dengan pasien dan keluarga sebagai audiens. Materi disampaikan melalui poster dan leaflet. Mahasiswa Profesi Ners menginformasikan serta mempraktikkan gerakan ROM kepada keluarga pasien.

Respon dari keluarga pasien terhadap kegiatan ini sangat positif. Keluarga pasien terlihat antusias dan aktif dalam berdiskusi. Mereka juga bersedia melatih gerakan ROM pada pasien stroke. Acara PKRS ditutup dengan evaluasi singkat oleh Ns. Steyawanti S.Kep mengenai materi yang telah disampaikan.

https://unair.ac.id/post_fetcher/fakultas-keperawatan-2891-mengenal-pencegahan-jatuh-pasien-post-stroke-saat-di-rumah/

Nur Rofiqoh
Nur Rofiqoh
Dream glow
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.