Sabtu, Juli 13, 2024

Peranan Komunikasi Visual pada McD Edisi Minion

Muhammad Arif Rahman
Muhammad Arif Rahman
mahasiswa ilmu komunikasi di universitas ahmad dahlan yogyakarta

Komunikasi visual merupakan sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan dengan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan. Bentuk komunikasi visual berarti komunikasi melalui penglihatan secara visual yang bisa dilihat dengan mata secara langsung.

Komunikasi visual juga dikenal dengan sebutan bahasa isyarat melalui penglihatan. Komunikasi visual biasanya mengilustrasikan sebuah gambar melalui, iklan pamflet dan kemasan. Konsep dari komunikasi visual ini merupakan bagian dari desain grafis yang mencipatakan kreativitas, efisiensi, estetika dan komunikatif. Berfungsi menciptakan suatu media yang dapat menarik perhatian dan mendapatkan apresiasi dari media komunikasi seperti kemasan sebuah produk.

Contohnya pada produk Mc Donald yang sekarang sedang meluncurkan edisi Minion. McD kembali mengeluarkan edisi minion yang sebelumya pernah dirilis 2020 lalu. Saat ini McD edisi minion hadir bertepatan dengan perilisan film yang tayang di bioskop mulai akhir juni yang lalu yaitu Minions:The Rise of Gru, film ini merupakan kelanjutan cerita dari minions sebelumnya.

Film ini merupakan film komedi animasi yang diproduksi oleh illumination dan didistribusikan oleh universal pictures. Minions adalah makhluk kecil bewarna kuning yang telah ada sejak mulainya awal waktu, berevolusi dari organisme bersel tunggal kuning menjadi makhluk yang hanya ada untuk melayani tuan yang jahat di dalam cerita. Sinopsis singkat pada film ini adalah Minions: The Rise of Gru menceritakan tentang kisah tak terduga tentang mimpi seorang anak berusia dua belas tahun untuk menjadi penjahat super terhebat di dunia.

Minions Tray adalah sebuah wadah atau tempat dengan design karakter minions yang dapat digunakan untuk meletakan makanan dan minuman. Selain dapat digunakan didalam mobil, minions tray bisa digunakan dimanapun atau bisa dijinjing selayaknya seperti kantong makanan pada umumnya.

Minions tray ini bisa dapatkan dengan harga Rp 149.500 tetapi perlu disertai dengan pembelian paket hemat medium. Merchandise ini persediaannya sangat terbatas  promo berlaku hingga 31 Juli 2022. Selain merilis Minions tray, McD Indonesia juga mengeluarkan menu terbaru edisi terbatas yaitu kentang berbentuk Minions. Ini merupakan Kentang goreng yang berbentuk karakter minion yang lembut dan garing di dalam dan di luar. Tidak hanya itu aja saat ini mcd di berbagai produk makanan dan minumannya kemasannya bergambar minion.

Saat ini di berbagai platform media sosial seperti di Tiktok dan Instagram ramai membahas McD edisi minion ini. Banyak masyarakat mendokumentasikan dan mengupload foto dan video karena kemasan yang menarik ini. Dengan kemasan yang menarik ini, memancing antusias karena orang pada penasaran dan pada ikut-ikutan membelinya juga.

Yang membuat unik ini saat ini mcd terbukti berhasil membuat bentuk kemasan sangat berpengaruh terhadap psikologis calon konsumen, dengan bentuk kemasan yang menarik dan terkesan unik lebih tertarik membeli. Produk yang sebenarnya biasa dan sama dengan sebelumnya dengan kemasan baru membuat adanya perbedaan. Ini merupakan trik marketing yang berhasil dari mcd. Tampilan visual merupakan peran yang penting ketika menjual suatu produk.

Muhammad Arif Rahman
Muhammad Arif Rahman
mahasiswa ilmu komunikasi di universitas ahmad dahlan yogyakarta
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.