OUR NETWORK
Rabu, Mei 25, 2022

Pentingnya Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM

Grecella Putri Trivian
mahasiswi UNPAR

UMKM merupakan bagian terpenting dari sektor ekonomi yang sangat merasakan dampak Covid-19. Banyak UMKM yang terpaksa harus menutup usahanya karena penurunan konsumen dan mereka masih menerapkan penjualan secara offline. Maka dari itu cara agar dapat bertahan adalah dengan mempercepat peralihan UMKM ke era digital, yaitu dengan cara memanfaatkan digital marketing yang mampu berperan besar dalam peralihan UMKM di masa sekarang.

Tujuan dari digital marketing ini adalah untuk mendapatkan data, menjangkau pasar, dan menarik para konsumen. Digital marketing membuat kegiatan marketing jauh lebih praktis, hemat biaya, dan efisien.

Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM dianggap paling efektif untuk saat ini. Dengan memanfaatkan digital marketing pelaku UMKM bisa memasarkan produk mereka dengan mudah kepada calon konsumen dan juga bisa meningkatkan penjualan pada produk yang mereka tawarkan. Dengan digital marketing pelaku UMKM bisa menjangkau para konsumen di manapun mereka berada.

Memanfaatkan digital marketing juga menghemat biaya untuk pemasangan iklan. Pelayanan yang akan dirasakan oleh para konsumen juga bisa lebih cepat dan efisien dibandingkan penjualan secara offline.

Keuntungan yang dapat diraih dengan memanfaatkan digital marketing adalah produk yang ditawarkan bisa dikenal oleh banyak orang dari sabang sampai merauke bahkan bisa go-internasional. Bisa dibuktikan dengan salah satu brand lokal yaitu Erigo yang mengikuti ajang New York Fashion Week pada bulan september 2021 lalu. Dari sini bisa dilihat sekuat apa platform online untuk bisnis UMKM hingga kancah Internasional.

Dengan memanfaatkan digital marketing pelaku bisnis bisa membangun dan menjaga komunikasi dan relasi kepada konsumen. Komunikasi dan interaksi yang terjaga dapat terjalinnya hubungan yang kuat dengan konsumen sehingga tercipta konsumen yang loyal terhadap produk yang ditawarkan.

Pelaku UMKM bisa memanfaatkan sosial media yang mereka punya untuk memasarkan produk yang mereka produksi dan juga bisa membangun website untuk menjalankan bisnis mereka. Digital marketing sangat penting untuk bisnis yang sedang dijalankan karena dapat memberi arah yang pasti untuk dicapai. Dengan memanfaatkan digital marketing kita bisa bersaing dengan sehat bersama kompetitor-kompetitor yang sudah ada.

Jika pelaku UMKM tidak memanfaatkan digital marketing dengan sebaik mungkin, maka kita akan kehilangan konsumen dan kompetitor lain akan mendapatkan perhatian dan target dari konsumen kita. Maka dari itu sangat penting untuk memanfaatkan digital marketing bagi pelaku UMKM agar dapat bersaing untuk mendapatkan konsumen yang banyak.

Oleh sebab itu jika kita memanfaatkan digital marketing dengan sebaik mungkin kita bisa menjangkau para konsumen dari manapun. Digital marketing juga bisa menghemat pengeluaran pada bisnis yang dijalankan untuk iklan-iklan cetak. Dengan digital marketing pelaku UMKM harus bertindak secara kreatif untuk beradu dengan kompetitor-kompetitor yang sudah ada.

Selain itu pelaku UMKM juga dapat melakukan pelayanan secara efektif dan efisien, dan juga bisa lebih terjalinnya hubungan yang kuat dengan para konsumen. Maka dari itu kita harus memanfaatkan digital marketing semaksimal mungkin agar memperoleh hasil yang baik dan memuaskan untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Daftar pustaka:

Bambang Arianto, 2020. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512, diakses pada tanggal 29 November 2021.

Aditya Wardhana, 2015. Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&qsp=2&q=pengaruh+sistem+pemasaran+digital+marketing&qst=br#d=gs_qabs&u=%23p%3DsIYtgwi2sC4J, diakses pada tanggal 29 November 2021.

Ananda Cindi, 8 Juni 2021. Mengapa Digital Marketing Sangat Penting Bagi UMKM? https://www.exabytes.co.id/blog/digital-marketing-penting-bagi-umkm/ , diakses pada tanggal 21 desember 2021.

Grecella Putri Trivian
mahasiswi UNPAR
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.