Sabtu, Juli 13, 2024

Pengertian dan Fungsi Perencanaan Sumber Daya Manusia

Aulia Azzahra
Aulia Azzahra
Mahasiswa semester 6 Jurusan Manajemen Sumber daya Manusia di Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta yang memiliki ketertarikan pada bidang sumber daya manusia. saya memiliki minat untuk belajar di berbagai bidang terutama sumber daya manusia dan pengembangan bisnis. Memiliki kemampuan dalam hal public speaking, kepemimpinan, inovasi, kreativitas dan koordinasi serta managing sumber daya manusia

 

Arti dan Pentingnya SDM 

Perencanaan personalia dapat terlaksana dengan baik dan benar apabila perencana mengetahui apa dan bagaimana sumber daya manusianya. Sumber daya manusia atau tenaga manusia merupakan kemampuan yang dimiliki setiap manusia. Sumber daya manusia terdiri dari daya pikir dan daya jasmani yang dimiliki setiap orang. Tegasnya, kemampuan setiap orang ditentukan oleh daya pikir dan kekuatan fisiknya. SDM/sumber daya manusia merupakan unsur pertama dan terpenting dalam setiap kegiatan

Apa itu sumber daya manusia?

Sumber daya manusia merupakan kemampuan terpadu antara daya pikir dan daya fisik seseorang. Tingkah laku dan sifat-sifatnya ditentukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan keaktifannya dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.Kemampuan berpikir merupakan kecerdasan bawaan (modal dasar), sedangkan keterampilan diperoleh melalui usaha (belajar dan latihan).

Standar kecerdasan adalah Intelligence Quotient (IQ). Jika IQ di bawah 79 (tujuh puluh sembilan), tidak ada kecerdasan. Jika IQ-nya antara 80 hingga 119 maka kecerdasannya sedang, tetapi jika IQ-nya di atas 120 maka kecerdasannya tinggi dan cemerlang. Menerapkan kecerdasan dan keterampilan individu untuk menciptakan ide, inovasi, kreativitas dan sistem kerja terbaik.

Perencanaan fungsi-fungsi SDM

Manajemen sumber daya manusia dibagi atas beberapa fungsi dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Analisis pembahasannya sistematis, teratur, dan baik sehingga mudah dipahami.
  2. Menjadi pedoman bagi manajer dalam melaksanakan langkah-langkah kepemimpinannya di bidang sumber daya manusia.

Agar setiap fungsi MSDM diterapkan dengan baik dan tepat maka perlu perencanaan terlebih dahulu.

Perencanaan Organisasi

Organisasi sebagai alat dan wadah orang-orang untuk bekerja sama, terintegrasi, terkoordinasi, efektif, dan harmonis, perlu direncanakan terlebih dahulu.  Hal- hal yang perlu direncanakan dalam pengorganisian, antara lain sebagai berikut :

  • Besar kevilnya organisasi yang dibutuhkan, supaya efektif dan efisien membantu tercapainya tujuan
  • Struktur (Organization Chart) dan jumlah departemen/bagiannya.

Perencanaan Pengarahan

Pengarahan SDM perlu direncanakan agar mereka bekerja giat, efektif, dan efisiensi membantu tercapainya tujuan perusahaan. Hal-hal yang perlu direncanakan dalam pengarahan (directing) SDM, antara lain sebagai berikut :

  • Peraturan-peraturan perusahaan dan sanksi hukuman bagi yang melanggarnya.
  • Delegatitraon of Authority, apakah desentralisasi atau sentralisasi authority
  • Cara pelaksanaan komunikasi dan simbolis komunikasi yang diberikan

Perencanaan Pengendalian

Pengendalian (Controlling) SDM harus direncanakan sebaik-baiknya, supaya pelaksanaan pengendalian efektif. Pengendalian harus mengetahui sedini mungkin terjadinya kesalahan dan melalukan tindakan perbaikan. Hal-hal yang perlu direncanakan dan pengendalian, antara lain sebagai berikut :

  • Sistem dan poin-poin yang akan dinilai
  • Periode dan proses penilaian yang akan dilakukan
  • Metode penilaian yang akan diterapkan
  • Tindakan hasil penilaian terhadap SDM

Perencanaan Pengadaan

Pengadaan (Procurement) SDM harus direncanakan secara baik dan benar supaya kualitas dan kuantitas SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal-hal yang perlu direncanakan dalam pengadaa SDM, antara lain sebagai berikut :

  • Penentuan jumlah dan kualitas SDM yang akan diperlukan
  • Sumber calon karyawan dan cara-cara penarikannya
  • Kualifikasi-kualifikasi dan prosedur seleksi yang akan dilakukan
Aulia Azzahra
Aulia Azzahra
Mahasiswa semester 6 Jurusan Manajemen Sumber daya Manusia di Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta yang memiliki ketertarikan pada bidang sumber daya manusia. saya memiliki minat untuk belajar di berbagai bidang terutama sumber daya manusia dan pengembangan bisnis. Memiliki kemampuan dalam hal public speaking, kepemimpinan, inovasi, kreativitas dan koordinasi serta managing sumber daya manusia
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.