Minggu, Juli 21, 2024

Menjamurnya Pangkalan Militer AS di Asia Pasifik

Kezia Siburian
Kezia Siburian
Majoring in International Relations.

Apa itu Asia-Pasifik? 

Asia-Pasifik merupakan wilayah yang mencakup Asia Timur, Asia Tenggara, dan Astralasia. Mungkin kamu baru pertama kali mendengar tentang ‘Astralasia’, Astralasia merupakan kawasan Oseania yang mencakup negara Austalia, Selandia Baru, dan negara-negara di Samudra Pasifik.

Mengulas lebih dalam, negara-negara Asia-Pasifik antara lain: Australia, Brunei Darussalam, Fiji, Filipina, Indonesia, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Korea Utara, Malaysia, Kiribati, Laos, Malaysia, Palau, Papua New Guinea, Republik Rakyat China, Samoa, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Timor Leste, Vietnam, Vanuatu, Tonga, Tuvalu.

Apa yang kamu ketahui tentang pangkalan militer?

Kalau kamu belum tahu tentang pangkalan militer, artikel ini cocok banget buat kamu baca. Sebelum mengulas tentang alasan pangkalan militer AS yang menjamur di Asia Pasifik, kamu harus tahu tentang pengertian dan tujuan dibangunnya pangkalan militer terlebih dahulu.

Perlu teman-teman ketahui bahwa pangkalan militer merupakan bagian penting dalam pertahanan negara, kenapa bisa begitu? Dilansir langsung dari Kementerian Pertahanan RI, pangkalan militer merupakan kantor, asrama, atau perumahan yang menjamin fungsi tempat bekerja, tempat berlatih, dan tempat tinggal sehingga mempunyai kesiapsiagaan yang tinggi.

Secara singkat, pangkalan militer ini merupakan fasilitas yang dimiliki dan dioperasikan untuk militer yang bentuknya seperti cabang untuk menaungi perlatan militer dan personil, pangkalan militer juga memfasilitasi pelatihan dan operasi, serta dapat digunakan sebagai pusat komando, pelatihan, atau bahkan ajang pembuktian.

Nah, bagian menariknya adalah pangkalan militer tidak hanya dibangun di negara sendiri namun juga dibangun di negara lain atau luar negeri. Hal ini tentunya sudah melalui perjanjian antara pemerintah negara yang ingin mendirikan pangkalan militer dengan tuan rumah.

Kenapa Amerika Serikat membangun pangkalan militer di banyak negara? 

Pembahasan kita makin seru, nih! Kenapa ya Amerika Serikat membangun pangkalan militer di banyak negara salah satunya di kawasan Asia-Pasifik? Kita bahas secara general dulu, yuk! Tidak jauh dari prinsip hubungan internasional, alasan Amerika Serikat membangun pangkalan militer di banyak negara adalah untuk meningkatkan hubungan diplomatik antar negara, kok bisa? Karena langkah ini menunjukkan bahwa adanya hubungan persahabatan antar Amerika Serikat dengan negara tersebut dan keduanya sepakat untuk memperkuat aliansi militer mereka.

Selanjutnya, biasanya Amerika Serikat membangun pangkalan militer di negara lain karena telah mengalahkan musuh seperti Jerman, Jepang dan Italia yang ketiganya dipasa menerima instalasi permanen dari Amerika Serikat yang menang. Dan alasan ketiga adalah alasan berdasarkan ekonomi suatu negara, negara tersebut menerima Amerika Serikat untuk membangun pangkalan militer karena membutuhkan uang, sehingga Amerika Serikat memberikan imbalan finansial kepada negara tersebut.

Setelah membahas alasannya secara general, yuk kita gali lagi lebih dalam apa alasan Amerika Serikat membangun pangkalan militernya di negara-negara Asia Pasifik! Kira-kira ada alasan khusus akan negara tertentu, nggak ya? Tetapi sebelumnya, teman-teman harus tahu dulu nih dimana saja pangkalan militer Amerika Serikat khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Di Jepang dan Korea terdapat sekitar 200 pangkalan militer AS, ada 3 pangkalan militer AS di Guam, dan terdapat 1 pangkalan militer AS di Cocos Island atau Kepulauan Cocos yang jaraknya dekat dengan Indonesia.

Mari kita bahas dari negara Jepang terlebih dahulu yang memiliki banyak pangkalan militer AS di negaranya. Alasan yang pertama adalah wilayah Jepang–terutama Okinawa yang strategis karena dekat dengan China, Taiwan, dan Korea Utara sehingga basis pertahanan terhadap sering serangan komunis dari wilayah Timur semakin kuat.  Kedua, pembangunan pangkalan militer AS didukung oleh  pemindahan kekuasaan dari Jepang kepada Sekutu (Amerika Serikat) setelah kekalahan Jepang pada Perang Dunia II, dan yang ketiga adalah kondisi Jepang yang membutuhkan kekuatan militer AS yang aktif jika konflik dengan China kembali berkobar.

Guam merupakan negara kecil di Pasifik namun sangat penting, i maka dari itu Amerika Serikat membangun dan mengoptimalisasikan kekuatan militer di Guam hingga Guam memiliki pangkalan militer AS paling kuat di kawasan Asia-Pasifik.  Apa saja faktor Amerika Serikat membangun dan mengoptimalisasikan kekuatan militer di Guam? Yang pertama karena adanya ancaman militer dan perubahan kondisi keamanan internasional di kawasan Asia-Pasifik dari China dan Korea Utara dan yang kedua adalah kepentingan Amerika Serikat dalam menyebarkan doktrin dan stategi militer melalui kebijakan “America’s Security in the 21st Century” yang berkaitan dengan hak asasi manusia (HAM), demokratisasi, kemiskinan, dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir adalah Kepulauan Cocos. Sebenarnya pembangunan pangkalan militer Amerika Serikat di Kepulauan Cocos sempat menuai protes dari Indonesia yang mempertanyakan apa tujuan Amerika Serikat menempatkan pesawat tak berawak di Kepulauan Cocos yang berjarak 3.000 kilometer sebelah barat daya Jakarta. Usut punya usut, tujuan dibangunnya pangkalan militer di Kepulauan Cocos ini untuk mengantisipasi isu-isu strategis terutama keamanan dan pertahanan kawasan Asia Tenggara seperti sengketa Laut Cina Selatan dan perkembangan isu terorisme di Asia Tenggara.

Wah, berdasarkan pembahasan di atas teman-teman jadi dapat pengetahuan baru tentang alasan menjamurnya pangkalan militer Amerika Serikat di kawasan Asia Pasifik, yaitu:

  1. Mengantisipasi isu-isu keamanan dan pertahanan di kawasan Asia Pasifik dari China dan Korea Utara.
  2. Penyebaran doktrin dan strategi dari kebijakan “America’s Security in 21st Century” yang berkaitan erat dengan hak asasi manusia, demokratisasi, dan kemiskinan.
  3. Konsekuensi kekalahan suatu negara terhadap Amerika Serikat pada Perang Dunia II.

Senang sekali bisa berbagi ilmu dengan kamu, sampai jumpa ya!

Kezia Siburian
Kezia Siburian
Majoring in International Relations.
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.