Jumat, April 19, 2024

Hukum Koin Kripto: Aturan Main di Indonesia

Lazuardhi Akbar Alkautsar
Lazuardhi Akbar Alkautsar
Mahasiswa Informatika dari Universitas Pembangunan Jaya.

“It might make sense just to get some in case it catches on.”

-Satoshi Nakamoto

Tata Hukum Koin Kripto, Pandangan Indonesia dalam Ranah Digital

Teknologi Informasi (TI) telah mengubah cara kita berinteraksi, bekerja, dan bahkan cara kita bertransaksi. Salah satu fenomena yang paling menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah munculnya mata uang digital atau kripto, seperti Koinos. Namun, dengan inovasi ini datang tantangan hukum dan regulasi yang signifikan.

Hukum dan Kebijakan Teknologi Informasi di Indonesia

Indonesia telah merespons perkembangan TI dengan serangkaian hukum dan kebijakan. Salah satu yang paling penting adalah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). UU ITE ini mengatur berbagai aspek dari transaksi elektronik dan informasi, termasuk masalah hukum yang muncul dari penggunaan teknologi baru seperti mata uang kripto.

Dasar Hukum Telematika di Indonesia

Hukum telematika adalah cabang hukum yang berfokus pada isu-isu hukum yang muncul dari penggunaan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Di Indonesia, hukum telematika didasarkan pada sejumlah prinsip, termasuk kepastian hukum, manfaat, kehati-hatian, itikad baik, dan kebebasan memilih teknologi atau netral teknologi.

Aspek-Aspek Hukum Telematika

Ada beberapa aspek penting dari hukum telematika yang relevan untuk mata uang kripto. Ini termasuk masalah seperti hak cipta, merek dagang, dan perlindungan data pribadi. Semua aspek ini dapat memiliki implikasi signifikan bagi penggunaan dan pengembangan mata uang kripto.

Kesimpulan

Mata uang kripto seperti Koinos menawarkan banyak peluang, tetapi juga tantangan hukum dan regulasi. Dengan pemahaman yang baik tentang hukum dan kebijakan TI di Indonesia, serta dasar dan aspek-aspek hukum telematika, kita dapat lebih baik menavigasi labirin regulasi ini dan memanfaatkan teknologi baru ini dengan cara yang aman dan efektif.

Daftar Pustaka

“Asas-Asas Hukum Telematika – pinterhukum.” pinter hukum, 5 February 2023, https://pinterhukum.or.id/asas-asas-hukum-telematika/. Accessed 19 March 2024.

Badan Pemeriksa Keuangan. “UU No. 11 Tahun 2008.” Peraturan BPK, https://peraturan.bpk.go.id/Details/37589. Accessed 19 March 2024.

Badan Pemeriksa Keuangan. “UU No. 19 Tahun 2016.” Peraturan BPK, https://peraturan.bpk.go.id/Details/37582/uu-no-19-tahun-2016. Accessed 19 March 2024.

Koloay, Renny N.S. “PERKEMBANGAN HUKUM INDONESIA BERKENAAN DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.” PERKEMBANGAN HUKUM INDONESIA BERKENAAN DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, vol. Vol. 22, no. No. 5, 2016, p. 27. perkembangan-hukum-indonesia-berkenaan-dengan-teknologi-informasi-dan-komunikasi, https://media.neliti.com/media/publications/894-ID-perkembangan-hukum-indonesia-berkenaan-dengan-teknologi-informasi-dan-komunikasi.pdf. Accessed 19 March 2024.

KOMINFO. “Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik – Ditjen Aptika.” Ditjen Aptika, 13 August 2019, https://aptika.kominfo.go.id/2019/08/undang-undang-ite/. Accessed 19 March 2024.

Lazuardhi Akbar Alkautsar
Lazuardhi Akbar Alkautsar
Mahasiswa Informatika dari Universitas Pembangunan Jaya.
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.