OUR NETWORK
Senin, Oktober 3, 2022

Dominasi Bahasa Arab dalam Keseharian Indonesia

Bahasa Indonesia banyak menyerap kata dari berbagai bahasa, diantaranya adalah bahasa Sansekerta, Arab, Inggris, Belanda, Portugis, dan Hindi. Dikutip dari situs gramedia, bahasa kedua yang paling banyak diserap bahasa Indonesia adalah bahasa Arab. Hal ini terjadi karena mayoritas penduduk Indonesia beragama islam yang bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Arab.

Adapun penyebab adanya bahasa serapan dikemukakan oleh Arsya (2019)  bahwa bahasa serapan ada karena faktor interaksi masyarakat serta pesatnya ilmu pengetahuan, budaya, seni, dan teknologi. Dalam faktor interaksi masyarakat, tingginya angka penyerapan bahasa Arab didapat dari penggunanya pada sektor dakwah, perbankan syariah, dan kegiatan sosial lainnya.

Sedangkan dalam ilmu pengetahuan, budaya, seni, dan teknologi, penyerapan bahasa Arab merambah pada pendidikan islam, linguistik, kajian budaya dan sastra, serta komunikasi media sosial.

Syarat Kata Serapan

Tentunya tidak semua kosa kata bahasa Arab memenuhi syarat untuk menjadi kata serapan. Berikut syarat sebuah kata dapat menjadi kata serapan:1. Kata serapan berdasarkan konotasi yang sesuai, dengan artian sama dalam makna yang sebenarnya.2. Kata serapan lebih singkat daripada terjemahan bahasa Indonesia.3. Kata serapan yang ditentukan dapat memudahkan tercapainya kesepakatan bila istilah Indonesia memiliki banyak sekali sinonim.4. Kata serapan dapat membantu komunikan dan lawan bicara untuk saling memahami makna yang dituju.

Perlu diingat, proses penyerapan tersebut dapat dilakukan tanpa adanya pengubahan. Dapat pula dilakukan dengan pengubahan berupa penyesuaian ejaan atau lafal.

Kosa kata serapan dari bahasa Arab

Berikut kami cantumkan beberapa kata serapan Bahasa Arab yang sering diucapkan berdasarkan hasil penelitian Gunardi (2020)1. Assalamu’alaikum, awal, akhir, amal, adil, adat, abadi2. Baligh, batil, barakah, bakhil3. Hikayat, hikmah, halal, haram, hakim4. Ilmu, insan, khas, khianat, khidmat, khitan, kiamat, lafal5. musyawarah, markas, mistar,mahkamah, musibah, mungkar,maut, makalah6. kitab, kuliah, kursi, kertas, nisbah,Nafas,7. Rezeki, syariat, ulama, wajib, ziarah8. Tujuh nama hari juga diambil dari bahasa Arab dengan rincian- Ahad berarti 1-  Senin (Isnaini= 2)- Selasa (Salasa= 3)- Rabu (Arbi’a’= 4)- Kamis (Khomis= 5)- Jumat (Jumu’ah)- Sabtu (sab`atun)

Daftar Pustaka

Gunardi, Ari. Bahasa Serapan dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Primagraha, Vol.1 No.1 Hal. 34-39. 2020http://jurnal.primagraha.ac.id/index.php/jpc/article/view/35

Gramedia. Pengertian Kata Serapan: Penyebab, Syarat, Jenis, dan Contoh dalam Bahasa Indonesia.https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/pengertian-kata-serapan/amp/ (diakses pada Selasa, 13 September 2022, pukul 16.44 WIB)

Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.