Rabu, April 24, 2024

Sulitnya Mendapatkan Pengemudi Ojek Online di Tempat Ramai

Febby Diansyah
Febby Diansyah
Mahasiswa Unpam

Ojek Online atau yang biasa dikenal dengan ojol langsung menjadi primadona di Indonesia sejak didirikan beberapa tahun lalu. Tentu antusiasme masyarakat terhadap kehadiran Ojol didorong oleh banyak hal. Selain aplikasi yang dapat diunduh dengan mudah melalui Play Store, aplikasi ojol menawarkan sesuatu yang abstrak namun esensial di masyarakat modern saat ini. Ini bukan barang, tapi jasa.

Sebuah perusahaan penyedia aplikasi pengantaran mencatat jumlah pengemudi mencapai 175.000, meningkat 9.000 orang dalam 3 minggu (Kementerian Perhubungan, Maret 2018). Data tidak resmi lainnya merujuk pada total satu juta pengemudi dari seluruh penyedia layanan, yang didominasi kendaraan roda dua.

Layanan ojek berbasis aplikasi smartphone sangat memudahkan pergerakan masyarakat. Kemudian menjadi sangat populer. Bagaimana tidak, semua dalam jangkauan jabat tangan. Cukup sentuh satu jari di layar kecil. Tak lama kemudian, tukang ojek dengan anggunnya memarkirkan kendaraannya di depan pelanggan.

Selain mudah, tarifnya juga relatif murah dibandingkan standar ojek untuk jarak yang sama. Konsumen transportasi hanya membutuhkan kenyamanan, keandalan, dan harga yang relatif murah.

Walaupun banyak kemudahan yang kita sadari ketika menggunakan aplikasi moto taxi online ini, tidak jarang kita kesulitan dalam mencari driver apalagi di situasi ramai atau padatnya konsumen seperti terminal bus umum, stasiun kereta api, bandara, dll. kita perlu menjauh dari tempat-tempat ini agar lebih mudah menemukan pengemudi.

Ketika saya berada di tempat yang ramai salah satunya pusat perbelanjaan saya kesulitan menemukan pengemudi di sana. Kemungkinan hal ini terjadi karena permintaan pengguna yang tinggi, terbatasnya jumlah pengemudi yang tersedia, serta kendala lalu lintas dan parkir.

Meski begitu, sebagai pengguna, kita harus memahami bahwa para pengemudi ojek online juga memiliki tekanan dan tantangan yang berbeda-beda dalam menjalankan tugasnya, termasuk menjemput penumpang di tempat-tempat ramai. Jadi anda harus bisa mengetahui status dan keadaan driver ojek online, bersabar atau mencari tempat yang lebih sepi untuk mencari driver lebih mudah.

Febby Diansyah
Febby Diansyah
Mahasiswa Unpam
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.