Jumat, Maret 29, 2024

PAN Gelar Rakernas Bahas Pilkada dan Pemenangan Pemilu 2019

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan. Dia juga ketua MPR. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Jakarta, 8/8 – Partai Amanat Nasional akan menggelar Rapat Kerja Nasional ke-III pada 21-23 Agustus 2017 di Bandung untuk memperkuat konsolidasi internal menjelang pelaksanaan Pilkada 2018, Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Rakernas Yandri Susanto.

“Ini agenda Rakernas tahunan ketiga di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan. Kenapa di Bandung? Karena tempat itu strategis menghadapi Pilkada 2018 sehingga dapat memperkuat konsolidasi,” kata Yandri dalam konferensi pers di Ruang Rapat Fraksi PAN, di Jakarta, Selasa.

Yandri mengatakan PAN ingin memaksimalkan konsolidasi organisasi khususnya dalam menghadapi Pilkada 2018. Oleh karenanya Rakernas akan mendengarkan laporan dari semua pengurus PAN di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait kondisi kekinian partai.

Menurut dia, partainya juga ingin melihat konsolidasi pencalegan karena April 2018, KPU sudah mulai menggulirkan Daftar Calon Sementara (DCS).

“Masalah lain strategi pemenangan pemilu, kami akan mengefektifkan konsolidasi pilkada dan pemenangan pemilih 2019,” ujarnya.

Ketua DPP PAN itu mengatakan Rakernas memiliki nilai strategis dalam usaha pemenangan Pilkada Jawa Barat 2018 karena wilayah itu sangat penting bagi partainya. Selain itu, Jawa Barat juga dekat dengan Provinsi DKI Jakarta dan memiliki penduduk terbanyak.

Soal pengumuman pasangan yang akan diusung PAN dalam Pilkada Jabar, Yandri mengatakan bahwa hal tersebut bergantung pada laporan DPW PAN Jabar kepada DPP PAN.

“Kami juga akan berkomunikasi dengan organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Persatuan Islam dan kelompok lain. Kami ingin menanyakan figur siapa yang pas untuk menjadi pemimpin di Jabar,” katanya.

Di luar itu, Rapat Kerja Nasional III PAN dipastikan tidak akan membahas terkait posisi partai tersebut di kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla karena selama ini hubungan dengan pemerintah berjalan baik, kata Ketua Pelaksana Rakernas PAN Yandri Susanto.

“Tidak akan dibahas dalam Rakernas karena hubungan PAN dengan pemerintah berjalan baik terutama antara Ketua Umum PAN dengan Presiden Joko Widodo,” kata Yandri dalam konferensi di Ruang Rapat Fraksi PAN di Jakarta, Selasa.

Adapun soal pengusungan calon presiden di Pilpres 2019 mendatang, Yandri belum bisa memastikan apakah hal tersebut akan dibahas dalam Rakernas mendatang.

“Memang PAN lakukan Rakernas sebelum Pilpres dan keputusan mengusung calon presiden ada di Rakernas. Namun belum diputuskan apakah akan diumumkan di Rakernas besok atau bukan, karena masih ada Rakernas berikutnya,” ujarnya.

(Sumber: Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.