Jumat, Maret 29, 2024

Kemenkes Hadirkan Teknologi VR di Jakarta Fair

Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah meluncurkan teknologi kesehatan Virtual Reality (VR) di Jakarta Fair Kemayoran.

Teknologi Virtual Reality tersebut bertujuan untuk mengedukasi pengunjung Jakarta Fair seputar kesehatan dan cara-cara menghadapi situasi darurat ketika menangani pasien yang sakit di tempat umum.

“Adanya teknologi VR ini sebagai edukasi, misalnya untuk menangani orang yang pingsan. Selain itu ada juga pelatihan seputar kesehatan,” kata Staf IT RSUD Kardinah, Sadewa.

“Misalnya di jalan lagi ramai, tiba-tiba ada yang pingsan, kan banyak orang dan nggak mungkin kita bisa langsung panggil perawat, jadi kita bisa langsung tangani, gitu,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Kemenkes juga menghadirkan berbagai layanan kesehatan gratis untuk pengunjung Jakarta Fair. Beberapa diantaranya seperti vaksinasi booster Covid-19 dan juga pemeriksaan kesehatan.

“Kita ada pelayanan tes kesehatan seperti cek gula darah, kolestrol, tensi, berat badan, dan konsultasi kesehatan, kami juga bekerjasama dengan tenaga kesehatan dari beberapa puskesmas,” ujar Penanggung Jawab Stan Kemenkes, Vestianti.

“Kemudian kita juga ada promosi kesehatan dengan aktivasi olahraga melalui Nintendo, jadi pengunjung dapat melakukan olahraga melalui games Nintendo yang sudah kami sediakan,” imbuhnya.

Bagi pengunjung Jakarta Fair yang ingin mencobateknologi VR, Nintendo, maupun layanan kesehatan gratis, dapat langsung mendatangi Hall B2 arena JIEXPO Kemayoran.

Jakarta Fair tahun ini diadakan selama 39 hari penuh mulai tanggal 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di Arena JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat. Jakarta Fair dibuka pukul 15.30-22.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat, serta pukul 10.00-22.00 WIB pada Sabtu dan Minggu.

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.