Sabtu, Mei 25, 2024

Ribuan Warga Albania Minta Suaka ke Jerman

Warga Albania dalam sebuah aksi unjukrasa menentang diskriminasi warga muslim/WIKIPEDIA
Warga Albania dalam sebuah aksi unjukrasa menentang diskriminasi warga muslim/WIKIPEDIA

Sebanyak 5.000 orang Albania telah meminta suaka di Jerman dalam beberapa bulan belakangan, demikian laporan harian Albania, Daily News, Kamis.

Hampir setiap hari, terutama pada Juni, ratusan orang Albania berbaris dan menunggu untuk memiliki paspor untuk pergi ke Jerman. Ada sebanyak 40 permohonan untuk memperoleh paspor setiap hari.

Waktu untuk memperoleh paspor meningkat dari dua pekan jadi tiga pekan akibat banyaknya jumlah permintaan.

Banyak keluarga meninggalkan desa atau kota kecil mereka dan pergi ke kamp di Jerman, sedangkan yang lain telah melakukan perjalanan ke Shkodra, kota di bagian barat-laut Albania, tempat mereka menunggu orang membantu mengirim mereka ke Jerman.

“Sebelum dan setelah pemilihan umum lokal Albania pada 21 Juni, ada peningkatan arus orang yang bermigrasi ke Jerman. Pada kenyataannya, data memperlihatkan pemilih ditawari uang euro dan perjalanan ke Jerman sebagai imbalan buat suara mereka,” kata harian lokal Panorama.

Kondisi ekonomi yang sulit memaksa rakyat Albania meninggalkan negara mereka untuk mencari hidup yang lebih baik. Banyak orang yang sudah siap pergi mengatakan mereka berharap bisa mendapat pekerjaan di Jerman.

Di beberapa wilayah, termasuk di Wilayah Diber, yang paling miskin, orang tak bisa mendapat pekerjaan dan harus bergantung atas dukungan keuangan dari anggota keluarga mereka yang bekerja di negara lain.

Ekonomi Albania diperkirakan tetap rendah pada 2015 akibat meningkatnya utang pemerintah dan penampilan ekonomi yang suam-suam kuku, kata layanan intelijen pasar yang berpusat di Inggris, Business Monitor International pada Maret.

Albania terletak di Eropa Tenggara. Berbatasan dengan Montenegro, Serbia dan Yunani. Menurut Bank Dunia tahun 2013, jumlah penduduk Albania 2,774 orang. (Antara/Xinhua-OANA

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.