Jumat, Maret 1, 2024

PMI Buka Pelayanan Kesehatan di 193 Jalur Mudik

Ilustrasi: Suasana mudik di pantai utara/ANTARA
Ilustrasi suasana mudik di pantai utara/ANTARA


Palang Merah Indonesia membuka pos pelayanan kesehatan di 193 titik jalur mudik. Pos pelayanan tersebut dibangun guna mengurangi angka kecelakaan saat mudik Lebaran.

Menurut Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita pada Kamis (9/7) di Jakarta, pos pelayanan kesehatan dan ambulans tersebut akan mulai disiagakan H-7 hingga H+7 Lebaran 2015.

Lebih lanjut, Ginandjar juga mengatakan, pos pelayanan kesehatan ini akan melibatkan beberapa personal kesehatan seperti dokter, perawat hingga sukarelawan yang jumlahnya mencapai 5.625 orang. Dalam hal ini, mereka akan membantu melakukan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan darurat, konseling kesehatan, promosi kesehatan, hingga sosialisasi keselamatan di jalan raya.

Namun sayang, posko pelayanan tersebut hanya tersebar di pulau Jawa, yakni di titik jalur mudik dari Banten hingga Jawa Tengah. Titik jalur mudik tersebut di antaranya beroperasi di Pelabuhan Merak-Bakauheni, exit pintu Tol Cikampek, pintu Tol Cipali, serta sejumlah titik stasiun dan terminal keberangkatan pemudik yang menggunakan kereta api dan bus, seperti stasiun Gambir, Kota, Terminal Pulo Gadung dan Kampung Rambutan.

Mengenai tingkat angka kecelakaan arus mudik Lebaran, data resmi yang dikeluarkan Mabes Polri menyebutkan bahwa angka kecelakaan pada arus mudik Lebaran pada 2014 mencapai 3.869 kasus dan hampir 70% kasus kecelakaan tersebut melibatkan pengguna sepeda motor.

Sementara, ada beberapa hal yang menjadi faktor terjadinya kecelakaan pada arus mudik Lebaran. Menurut Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Kamis (9/7), faktor manusia adalah faktor yang paling rawan menyebabkan kecelakaan. Menurutnya, hal tersebut dapat terjadi karena ketidakdisiplinan para pengendara.

Kondisi topografi Indonesia yang bergunung dan berlembah juga dikatakan sebagai salah satu faktor penyebab kecelakaan. Selain itu, Badrodin juga menambahkan, faktor kelayakan kendaraan seperti kelayakan ban, rem navigasi, serta kelayakan jalan di jalur mudik juga menjadi faktor penyebab kecelakaan. [*]

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.