Senin, Mei 20, 2024

Kejayaan Bajak Laut Eiichiro Oda

Para karakter dalam serial manga 'The One Piece' karya Eiichiro Oda
Para karakter dalam serial manga ‘The One Piece’ karya Eiichiro Oda

Menembus rekor dunia.

Jepang adalah pusat jagat manga. Negeri ini melahirkan maestro-maestro terbaik dunia dalam bidang manga, mulai dari Urasawa Naoki, Toriyama Akira, hingga Osamu Tezuka. Raksasa-raksasa manga inilah yang kemudian membangun kebudayaan populer di Jepang dan merambah dunia. Manga menjadi salah satu industri besar yang diekspor Jepang dan bisa dinikmati seluruh orang di belahan bumi mana pun.

Hari ini kedigdayaan manga Jepang memiliki legitimasi penting ketika salah satu serialnya mencatatkan rekor dunia. Serial manga One Piece karya Eiichiro Oda kali ini mencetak prestasi luar biasa di tingkat internasional. Karyanya masuk dalam daftar penerima Guinness World Record sebagai jumlah komik terbanyak yang diterbitkan oleh satu pengarang.

Angka yang tercatat adalah lebih dari 320 juta kopi di seluruh dunia. Komik One Piecekali pertama dimuat di majalah mingguan Shonen Jump pada 1997.

Apa yang membuat karya Eiichiro Oda ini sangat fenomenal? One Piece berkisah tentang petualangan kelompok bajak laut Topi Jerami yang dipimpin Monkey D Luffy. Luffy memimpikan menjadi raja bajak laut seperti Gol D Roger, yang dikenal sebagai raja bajak laut.

Sebelum mati, Roger mengatakan harta karun miliknya, “the One Piece”, adalah nyata dan siapa pun dapat menemukannya. Inilah yang kemudian menyulut era baru bajak laut dunia.

Berselang 22 tahun setelah kematian Roger, Monkey D Luffy memulai petualangan. Berbekal sebuah topi jerami pemberian Shanks “Si Rambut Merah”, ia menuju East Blue untuk mencari One Piece dan menasbihkan diri sebagai Raja Bajak Laut.

Pada perjalanannya Luffy menyelamatkan Roronoa Zoro, seorang ahli pedang. Ia menjadi anggota pertama tim bajak laut Topi Jerami. Petualangan mereka pun berkembang dan bertemu dengan Nami, pencuri yang memiliki bakat sebagai navigator.

Petualangan itu semakin seru ketika mereka mendapatkan kapal Going Merry dari Usopp, penembak jitu dan tukang tipu. Kelompok mereka semakin besar dan bertambah dengan bergabungnya Sanji, koki yang karismatik. Petualangan Luffy tidak mudah. Mereka bertikai dan bertempur dengan kelompok bajak laut lain seperti Buggy the Clown, Captain Kuro, dan Don Krieg.

Salah satu episode paling seru adalah ketika Luffy bertemu dengan Arlong, manusia ikan yang juga mantan anggota Bajak Laut Matahari. Setelah mengalahkan Arlong, Luffy lantas menjadi buronan angkatan laut dan kepalanya dihargai. Ada hadiah jika dapat mengalahkan Luffy.

Dalam perjalanan itu Luffy dan kawan-kawan bertemu dengan seekor mutan rusa, Tony Tony Chopper, di Drum Island. Ia bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dan bertugas sebagai dokter.

Eiichiro Oda barangkali penulis yang memiliki kepiawaian naratif begitu kuat. Tak hanya menunjukkannya secara visual, tapi juga pada tiap-tiap karakternya. Oda tidak segan menyediakan beberapa jilid manga hanya untuk menjelaskan latar belakang satu karakter, untuk kemudian ditarik pada konteks hari ini. Misalnya tokoh Nico Robin yang ternyata berasal dari kelompok arkeolog dunia yang telah dinyatakan punah.

Anggota lain dari kelompok bajak laut Topi Jerami adalah cyborg bernama Franky.  Dia membuat kapal baru untuk kelompok Luffy yang diberi nama Thousand Sunny. Petualangan mereka menjadi kian mendebarkan karena kelompok ini bertemu dengan Shicibukai atau 7 penguasa laut bernama Gecko Moriah.

Kemampuan Moriah adalah iblis bayangan, yang dapat memotong bayangan seseorang berikut dengan kekuatan mereka. Pada episode ini Luffy bertemu dengan musisi tengkorak bernama Brook yang lantas bergabung dengan kelompok mereka.

Episode terbaru dari One Piece membawa petualangan ke Dressrosa, kerajaan yang dikendalikan  rasa takut oleh Donquixote Doflamingo. Doflaminggo berusaha mengalahkan kelompok Topi Jerami.

Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Mari menunggu akhir dari petualangan penting era baru Bajak Laut muda ini.

Pada acara pengumuman penobatan One Piece sebagai penerima Guiness World Record, pertengahan Juni lalu, Pemimpin Redaksi Shonen Jump Yoshihisa Heishi memberikan apresiasi kepada Eiichiro Oda sebagai penulis karya fenomenal One Piece. “Saya merasa senang kini One Piece menjadi sangat termasyhur di seluruh dunia,” kata Heishi seperti dilansir Japan Today.

Eiichiro Oda adalah mangaka kelahiran 1 Januari 1975. Ia salah satu dari sedikit mangaka Jepang dengan kesuksesan internasional. Ia telah menggambar sejak usia 4 tahun dan memutuskan menjadi seniman manga karena tak ingin menjadi pekerja kantoran. Oda mengaku mengidolakan dan terpengaruhi Akira Toriyama dan karyanyaDragon Ball. [*]

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.