Minggu, Mei 26, 2024

Iran Uji Kadar Polutan Radioaktif di Sungai Araz

Sungai Aras/SAVEARAS.ORG
Sungai Aras/SAVEARAS.ORG

Iran akan menguji kadar polutan radioaktif, bahan kimia dan bakteri di Sungai Araz, kata seorang pejabat.

Direktur Kantor Organisasi Perlindungan Lingkungan Air dan Tanah Iran, Mohammad Javad Soroush mengatakan bahwa Departemen Perlindungan Lingkungan Provinsi Ardabil, Iran utara, telah diberi misi untuk memantau polutan sungai.

Dia mengatakan misi pemantauan dibentuk untuk menanggapi laporan bahwa limbah nuklir dan aluminium dari negara tetangga, Armenia, tumpah ke sungai dan menyebabkan kenaikan dalam tingkat kasus kanker pada orang yang hidup di sekitar sungai, menurut kantor berita IRNA.

Namun, ia mencatat, tes sebelumnya belum memverifikasi keberadaan zat radioaktif di sungai itu. Armenia berkomitmen untuk menghentikan polusi di Sungai Araz, kata Menteri Energi Iran, Hamid Chitchian tahun lalu.

Kedua belah pihak membahas berbagai isu-isu lingkungan, termasuk kerjasama aktif untuk mengatasi pencemaran Sungai Araz dalam kunjungan Menteri Perlindungan Alam Armenia Aram Harutyunyan ke Teheran, kata Chitchian.

Peningkatan polusi di sungai perbatasan itu telah disalahkan terutama pada pembuangan limbah yang belum dimurnikan dari pabrik tembaga Armenia ke dalam air sungai.

Kedua belah pihak sepakat untuk memantau secara dalam jaringan situs daur ulang pabrik untuk memastikan proses ini tidak dihentikan. (Antara/ OANANews)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.