Jumat, Maret 1, 2024

Australia Diduga Menahan Perahu Pengungsi Vietnam

Imigran Pakistan mendayung perahu tak bermesin mereka, yang terombang-ambing tak terkendali di lautan antara Yunani dan Turki, Sabtu (30/5). Ahmad, salah satu imigran di perahu tersebut, mengatakan mereka telah mendayung selama lebih dari lima jam sebelum akhirnya mencapai sebuah pantai di Kos. Menurut keterangan media setempat, sekitar lebih dari 200 imigran tiba di Kos setiap harinya dalam dua bulan terakhir. ANTARA FOTO/REUTERS/Yannis Behrakis
Ilustrasi/Imigran Pakistan mendayung perahu tak bermesin mereka, yang terombang-ambing tak terkendali di lautan antara Yunani dan Turki, Sabtu (30/5). Ahmad, salah satu imigran di perahu tersebut, mengatakan mereka telah mendayung selama lebih dari lima jam sebelum akhirnya mencapai sebuah pantai di Kos. Menurut keterangan media setempat, sekitar lebih dari 200 imigran tiba di Kos setiap harinya dalam dua bulan terakhir. ANTARA FOTO/REUTERS/Yannis Behrakis

Angkatan Laut Australia diduga menahan sebuah perahu berisi pengungsi Vietnam di lautan sebelah barat Australia.

Perahu itu pertama kali dilihat pekerja tambang minyak dan gas di sekitar 140 kilometer pantai Dampier pada Senin.

Pemerintah pusat Australia menutup mulut rapat-rapat. Perdana Menteri Tony Abbott mengatakan kebijakan “hukum besi” soal pengungsi membuatnya enggan memberi tanggapan.

Sementara itu, Perdana Menteri Negara Bagian Australia Barat, Colin Barnett, menilai Angkatan Laut sudah tepat mengambil alih masalah itu setelah polisi negara bagian mengatasinya pada tahap awal.

Juru bicara Koalisi Aksi Pengungsi (RAN), Ian Rihoul mengatakan pihaknya sedang mencari informasi dari komunitas di Vietnam sebagai langkah antisipasi bila pengungsi akan dipulangkan.

Pada April, 46 orang pengungsi Vietnam dipulangkan ke negaranya setelah secara diam-diam ditahan di lautan selama satu bulan. Dengan melihat pengalaman itu, Ian Rihoul menduga keras praktik yang sama akan diulangi, demikian dikutip dari SkyNews.(Antara)

Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.