Belanja online merupakan salah satu kegiatan yang kian diminati berbagai kalangan. Selain praktis, melimpahnya penawaran menarik yang dihadirkan oleh situs jual beli online favorit membuat antusiasme masyarakat terhadap online shopping makin tinggi. Tanggal cantik pada setiap bulan pun ‘dilirik’ oleh pelaku bisnis ini dan dijadikan sebagai momen diselenggarakannya festival belanja online bulanan.
Fenomena tersebut lantas menimbulkan perilaku belanja online masyarakat yang unik. Jika dilihat, terdapat beberapa tipe pehobi belanja saat berhadapan dengan keinginannya untuk berbelanja secara daring. Apa saja? Simak uraiannya berikut ini.
- The Impulsive Ones
Mereka yang masuk dalam tipe ini sebetulnya tidak memiliki rencana untuk membeli barang yang pada akhirnya dibeli. Biasanya, hal ini terjadi ketika ada potongan harga yang cukup menggiurkan pada sejumlah produk, padahal produk tersebut tidak sedang dibutuhkan. Impulsivitas ini juga bisa timbul ketika seseorang tertarik dengan tampilan luar suatu barang, misalnya kemasan dan warna.
- The Selective Ones
Jika Anda mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli sesuatu, bisa jadi Anda tergolong dalam tipe pehobi belanja online satu ini! Cek harga dari satu toko ke toko lainnya pun menjadi hal wajib yang dilakukan. Tidak hanya harga, kualitas, ketersediaan varian, dan lain-lain juga menjadi faktor penentu jadi atau tidaknya membeli suatu item. Tidak ketinggalan, ulasan dan penilaian dari pembeli lain tentu menjadi hal paling penting yang akan dilihat oleh kelompok pehobi belanja online ini.
- The Wishy-Washy Ones
Pernah bolak-balik mencari produk yang diinginkan, namun saat sudah mantap untuk melanjutkan ke pembayaran malah mengurungkan niat membeli? Waspada, mungkin kamu termasuk tipe pehobi belanja online yang plinplan! Biasanya, niatmu akan mudah goyah ketika kembali melihat produk yang sebelumnya masuk dalam deretan opsi barang yang akan dibeli. Rasa menyesal pun kerap muncul, bahkan ketika kamu sudah menyelesaikan pembayaran. Duh!
- The Deal-Hunters
Menginginkan banyak produk dalam satu waktu rasanya bukan masalah besar bagi para pemburu promosi. Pasalnya, mereka yang masuk dalam kelompok ini selalu jeli melihat penawaran-penawaran yang bisa meringankan total biaya yang harus dibayar.
Diskon, cashback, flash sale, clearance sale, dan promosi menarik lainnya adalah kriteria dan hal wajib yang harus diburu saat mencari sesuatu. Mengunjungi berbagai situs katalog promosi dan aplikasi penyedia kupon belanja pun tak lupa dilakukan oleh para deal-hunters. Promosi ‘tanggal cantik’ seperti 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12 yang bertepatan dengan hari belanja online nasional juga sudah pasti dinantikan oleh pemburu promo.
- The Procrastinators
Sudah memasukkan begitu banyak barang di keranjang belanja namun tak kunjung di-checkout? Mungkin kamu masuk dalam golongan the procrastinators! Ketika hasrat belanja online melanda namun kondisi keuangan sedang di ujung tanduk, memasukkan barang ke keranjang dan tidak melakukan checkout produk akan menjadi jalan keluar yang diambil.
Nah, ketika dompet sudah terisi kembali, belum tentu juga mereka yang masuk dalam kelompok ini akan menyelesaikan pembayaran. Alhasil, stok produk yang diidamkan sudah habis diserbu oleh pengguna lain.
Itulah lima tipe pehobi belanja ketika dilanda keinginan untuk berbelanja secara online. Unik, ya? Apakah Anda merupakan salah satu dari kelompok di atas?