Sabtu, Mei 3, 2025

Transformasi Digital: Tantangan dan Peluang di Era Ekonomi Digital

Adelya Musyaqeenah
Adelya Musyaqeenah
Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
- Advertisement -

​​​​Apa itu transformasi digital?

Transformasi digital adalah mekanisme yang mampu mengubah sistem manual menjadi digital, yang dilakukan untuk memodifikasi cara sebuah organisasi dalam beroperasi. Transformasi digital juga menjadi proses yang berkelanjutan dan menuntut untuk selalu beradaptasi dengan kebutuhan pasar yang tidak stabil.

Dampak dari adopsi teknologi dalam sistem transformasi digital ini sangat dipengaruhi oleh dinamika perilaku konsumen yang terus berubah. Perubahan perilaku konsumen memberikan arah dan tujuan bagi transformasi digital dan menjadikan teknologi sebagai alat untuk mencapai kebutuhan konsumen yang bervariasi.

Artikel ini akan membahas tantangan dari aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dan Strategi Marketing serta peluang yang muncul dalam proses beradaptasi terhadap transformasi digital. Tentunya, untuk menuju transformasi digital adalah hal yang tidak mudah. Berbagai tantangan muncul dalam proses beradaptasi. Organisasi harus mampu beradaptasi dengan arus gelombang teknologi yang terus berkembang, serta dituntut agar dapat mengatasi perubahan budaya dan kebiasaan kerja yang timbul akibat teknologi.

Tantangan yang muncul dari aspek Sumber Daya Manusia (SDM) meliputi:

  1. Kesenjangan keterampilan. Kesenjangan keterampilan dalam era digital ini tertuju pada perbedaan keterampilan teknologi dan pemanfaatan data yang efektif di antara tenaga kerja.
  2. Perubahan metode kerja. Salah satu contoh dari adanya perubahan dalam metode pekerjaan yakni dengan adanya teknologi baru seperti kecerdasan buatan, otomatisasi, dan analitik data terus berkembang mempengaruhi cara kerja dan membutuhkan keterampilan baru.
  3. Pengangguran akibat teknologi. Beberapa peneliti berpendapat bahwa transformasi digital menghasilkan biaya marjinal nol, layanan gratis, peningkatan pekerjaan melalui robotisasi, dan sebagainya. Dengan demikian, dikhawatirkan akan semakin banyak angka pengangguran yang diakibatkan oleh teknologi.

Adapun tantangan dari aspek Strategi Marketing

  1. Kesulitan dalam pemasaran digital. Dalam hal ini terdapat beberapa kesulitan bagi perusahaan menjangkau target pasar yang tepat, perubahan tren, dan  persaingan yang ketat.
  2. Kekhawatiran privasi. Umumnya platform belanja digital mengharuskan para pengguna untuk menginput data dalam hal pembuatan akun. Hal ini menimbulkan kekhawatiran atas adanya potensi kebocoran data atau penyalahgunaan data untuk penipuan.
  3. Kebutuhan pengetahuan mengenai informasi terbaru. Tampilan pemasaran digital terus berubah dengan cepat, sehingga perusahaan harus terus menerus meningkatkan keterampilan dalam bidang analisis data, media sosial, konten marketing, dan periklanan berbayar.

Meskipun adaptasi terhadap transformasi digital menghadirkan berbagai tantangan, era digital juga mampu membuka peluang yang signifikan bagi perusahaan.

Peluang dari adaptasi transformasi digital

  1. Kemitraan dengan penyedia pelatihan teknologi. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kesenjangan keterampilan pada tenaga kerja perusahaan. Dengan ini kedua perusahaan saling menguntungkan, dimana perusahaan dapat akses keahlian khusus dan penyedia pelatihan memperluas jangkauan mereka.
  2. Kepercayaan pelanggan lebih meningkat. Dari tantangan berupa kekhawatiran privasi dapat membuka peluang perusahaan untuk lebih dipercaya oleh konsumen dengan cara melakukan transparansi data.
  3. Peningkatan efisiensi dan produktivitas. Peningkatan efisiensi operasional dan produktivitas dapat dipicu oleh adopsi teknologi yang merubah metode kerja perusahaan berupa mengotomatisasi tugas-tugas rutin, menyederhanakan proses bisnis dan mengurangi hambatan komunikasi.

Jika perusahaan mampu memanfaatkan teknologi digital secara optimal, perusahaan dapat meningkatkan fleksibilitas, mengurangi biaya operasional dan banyak keuntungan lainnya. Sejarah keberhasilan mengadopsi transformasi digital dapat dirasakan oleh berbagai perusahaan, baik global maupun lokal. Netflix salah satunya, sebelum mereka mengadopsi transformasi digital, Netflix merupakan perusahaan penyewa DVD. Kini Netflix menjadi raksasa streaming film dan serial dengan model bisnis berbasis langganan digital. Mereka terus berinovasi dalam personalisasi konten dan produksi original.

Selain itu, Indonesia memiliki Gojek sebagai layanan transportasi online yang kini sudah mampu menawarkan berbagai layanan seperti pengiriman makanan, pembayaran digital, dan lainnya.

Gojek memanfaatkan teknologi untuk efisiensi, kenyamanan, dan jangkauan yang cukup luas. HappyFresh juga menjadi salah satu startup grocery delivery yang melakukan transformasi digital pada operasional gudang dan logistik untuk memenuhi peningkatan permintaan. Happyfresh menyediakan aplikasi mobile yang intuitif dan mudah digunakan bagi pelanggan untuk mencari, memilih, dan membeli kebutuhan sehari-hari. Mereka juga memanfaatkan data untuk memahami preferensi belanja dan memberikan penawaran produk yang relevan.

Penutup

Penelitian mengatakan bahwa perusahaan yang berhasil menerapkan strategi transformasi digital cenderung memiliki keunggulan kompetitif yang lebih kuat karena mampu beradaptasi dengan perubahan pasar yang cepat. Dengan memahami tantangan yang ada serta menjadikan tantangan tersebut sebagai peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital, perusahaan dapat mencapai transformasi yang sukses dan berkelanjutan.

Adelya Musyaqeenah
Adelya Musyaqeenah
Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Facebook Comment
- Advertisement -

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.