Diawal tahun 2022 ini dunia technologi telah diramaikan dengan adanya Metaverse. Dimana Metaverse ini dikatakan sebagai literasi internet dimasa mendatang. Merujuk berdasarkan dari USA Today, Metaverse merupakan suatu campuran dari beberapa elemen technologi yang dimana meliputi Augmented Reality, Virtual Reality serta video di mana seluruh manusia dapat merasakan dunia digital serasa hidup.
Di sini, Metaverse menyediakan ruang untuk melakuakan kegiatan sepeti, bermain dengan dibarengi interaksi sesama manusia secara virtual. Semisal seorang pengguna ini memiliki suatu bisnis, maka pemanfaatan dalam Metaverse ini bisa dilakukan dalam pemasaran produk ataupun jasa secara digital. Metaverse akan dapat menjadi salah satu channel marketing yang dapat atau mampu menjadi tujuan guna menarik perhatian bagi konsumen.
Dari penjelasan mengenai Metaverse diatas, bisa diketahui bahwa terdapat berbagai keuntungan dalam melaksanakan strategi dalam pemasaran melalui fenomena Metaverse ini, yang dimana saat era-digital marketing ini Metaverse menyediakan harga pemasaran atau bahkan iklan yang relatif sangat minim yang dimana berkaitan dengan teknologi yang terbilang masih baru serta memberikan layanan yang mudah untuk dijangkau bagi para pengguna.
Para pelaku usaha atau bisnis pastinya dapat dengan mudah melakukan pemanfaatkan Metaverse ini sebagai salah satu cara dalam menargetkan para pemuda saat ini dalam melakukan pemasaran suatu produknya melalui Digital Marketing, yang dimana sasaran produsen terhadap konsumen yang ditargetkan melalui platform online juga lebih besar dari jumlah sasaran yang dipasarkan.
Di mana Menurut Analytics India Magazine, saat ini terdapat sekitar 3,4M Player game online yang dimanna 27% usia 20 sampai dengan 30Tahun. Selain itu, pengenalan Non-Fungible Token (NFT) yang juga ikut meningkat akan dapat menambah permintaan terhadap produ produk digital. Kendati demikian, hal tersebut akan meningkatkan penggunaan Digital Marketing untukdapat memenuhi kebutuhan pengguna digital marketing.
Keuntungan lainnya dari digital marketing ini ada pada Metaverse yang bisa dinikmati secaralangsung adalah dapat memudahkan dalam pengenalan marketing yang tentunya dengan kreativitas yang luas. Dimana pada masa ini semua manusia dapat dengan mudah dan bebas untuk melakukan kreasi dengan menggunakan ide yang kreatif yang tidak ada pada masa-masa sebelumnya. Hal Ini dapat mempermudah seluruh pengguna atau pelaku Metaverse dan Digital Marketing ini untuk dapat mendapatkan keinginan serta kebutuhannya dalam dunia Digital Marketing melalui Metaverse.
Dalam pemasaran sebuah produk tentunya terdapat strategi yang bisa memudahkan sebuah produk yang dipasarkan dapat dimanfaatkan oleh pengguna digital marketing ini, dilihat dari Metaverse sendiri terdapat 5 strategi dalam memasarkan sebuah produk, yang diantaranya : Super Apps, Metaverse World, User experience optimisation, Gamification Strategies, NFT (Non-Fungibel Token)
Kreativitas dan Kompetensi dalam dunia Digital Marketing saat ini sangat dibutuhkan, yang dimana digunakan agar dapat beradaptasi dengan mengurangi perhatian dari para konsumen. Digital Campfire merupakan suatu tempat yang terbilang ideal guna menjalin ikatan dengan konsumen. Hal ini disebabkan danya karena adanya pengaruh besar yang muncul dari hasil percakapan antar produsen dan konsumen.
Seiring dengan terlaksananya era-digital marketing melalui metaverse ini akan mempermudah para pengguna dalam melakukan akses informasi serta produk yang diinginkan dalam dalam fenomena Metaverse yang terbilang nyata.
Konsep dari fenomena Metaverse direncanakan agar dimasa mendatang dunia internet dapat dengan mudah melakukan virtual 3D yang dapat digunakan manusia, dengan menggunakan technologi Virtual Reality (VR) & Augmented Reality. Guna mendorong era Metaverse ini, maka persiapan perlu dikaukan dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dalam bidang teknologi (IT).
Para generasi melenial atau generasi muda saat ini harus memiliki ilmu pengetahuan, dan juga keahlian dalam bidang technologi virtual. Hal ini bersanding dengan zaman yang dimana saat ini dunia telah melakukan pengembangan pada berbagai technologi.