Jumat, Mei 3, 2024

Strategi Menghadapi Metaverse dan Digital Marketing

Muhammad WahidFauzan
Muhammad WahidFauzan
Nama Saya adalah M Wahid Fauza. Saya dilahirkan di Kabupaten Tanggamus pada tanggal 22 Februari 1998. Orang tua saya hari nugroho dan rurin renata. Saya merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Kakak saya bernama Wahyuni. Saat ini saya sedang mengemban perkuliahan di semester 7, di Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengambil prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selama berkuliah saya aktif mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan, seperti organisasi ekstra kampus yaitu PMII sebagai anggota. Dan saya juga aktif di organisasi intra kampus seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan.

Diawal tahun 2022 ini dunia technologi telah diramaikan dengan adanya Metaverse. Dimana Metaverse ini dikatakan sebagai literasi internet dimasa mendatang. Merujuk berdasarkan dari USA Today, Metaverse merupakan suatu campuran dari beberapa elemen technologi yang dimana  meliputi Augmented Reality, Virtual Reality serta video di mana seluruh manusia dapat merasakan dunia digital serasa hidup.

Di sini, Metaverse menyediakan ruang untuk melakuakan kegiatan sepeti, bermain dengan dibarengi interaksi sesama manusia secara virtual. Semisal seorang pengguna ini memiliki suatu bisnis, maka pemanfaatan dalam Metaverse ini bisa dilakukan dalam pemasaran produk ataupun jasa secara digital. Metaverse akan dapat menjadi salah satu channel marketing yang dapat atau mampu menjadi tujuan guna menarik perhatian bagi konsumen.

Dari penjelasan mengenai Metaverse diatas, bisa diketahui bahwa terdapat berbagai keuntungan dalam melaksanakan strategi dalam pemasaran melalui fenomena Metaverse ini, yang dimana saat era-digital marketing ini Metaverse menyediakan harga pemasaran atau bahkan iklan yang relatif sangat minim yang dimana berkaitan dengan teknologi yang terbilang masih baru serta memberikan layanan yang mudah untuk dijangkau bagi para pengguna.

Para pelaku usaha atau bisnis pastinya dapat dengan mudah melakukan pemanfaatkan Metaverse ini sebagai salah satu cara dalam menargetkan para pemuda saat ini dalam melakukan pemasaran suatu produknya melalui Digital Marketing, yang dimana sasaran produsen terhadap konsumen yang ditargetkan melalui platform online juga lebih besar dari jumlah sasaran yang dipasarkan.

Di mana Menurut Analytics India Magazine, saat ini terdapat sekitar 3,4M Player game online  yang dimanna 27% usia 20 sampai dengan 30Tahun. Selain itu, pengenalan Non-Fungible Token (NFT) yang juga ikut meningkat akan dapat menambah permintaan terhadap produ produk digital. Kendati demikian, hal tersebut akan meningkatkan penggunaan Digital Marketing untukdapat memenuhi kebutuhan pengguna digital marketing.

Keuntungan lainnya dari digital marketing ini ada pada Metaverse yang bisa dinikmati secaralangsung adalah dapat memudahkan dalam pengenalan marketing yang tentunya dengan kreativitas yang luas. Dimana pada masa ini  semua manusia dapat dengan mudah dan bebas untuk melakukan kreasi dengan menggunakan ide yang kreatif yang tidak ada pada masa-masa sebelumnya. Hal Ini dapat mempermudah seluruh pengguna atau pelaku Metaverse dan Digital Marketing ini untuk dapat mendapatkan keinginan serta kebutuhannya dalam  dunia Digital Marketing melalui Metaverse.

Dalam pemasaran sebuah produk tentunya terdapat strategi yang bisa memudahkan sebuah produk yang dipasarkan dapat dimanfaatkan oleh pengguna digital marketing ini, dilihat dari Metaverse sendiri terdapat 5 strategi dalam  memasarkan sebuah produk, yang diantaranya : Super Apps, Metaverse World, User experience optimisation, Gamification Strategies, NFT (Non-Fungibel Token)

Kreativitas dan Kompetensi dalam dunia Digital Marketing saat ini sangat dibutuhkan, yang dimana digunakan agar dapat beradaptasi dengan mengurangi perhatian dari para konsumen. Digital Campfire merupakan suatu tempat yang terbilang ideal guna menjalin ikatan dengan konsumen. Hal ini disebabkan danya karena adanya pengaruh besar yang muncul dari hasil percakapan antar produsen dan konsumen.

Seiring dengan terlaksananya era-digital marketing melalui metaverse ini  akan mempermudah para pengguna dalam melakukan akses informasi serta produk yang diinginkan dalam dalam fenomena Metaverse yang terbilang nyata.

Konsep dari fenomena Metaverse direncanakan agar dimasa mendatang  dunia internet dapat dengan mudah melakukan virtual 3D yang dapat digunakan manusia, dengan menggunakan technologi Virtual Reality (VR) & Augmented Reality. Guna mendorong era Metaverse ini, maka persiapan perlu dikaukan dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dalam bidang teknologi (IT).

Para generasi melenial atau generasi muda saat ini  harus memiliki ilmu pengetahuan, dan juga keahlian dalam bidang technologi virtual. Hal ini bersanding dengan zaman yang dimana saat ini dunia telah melakukan pengembangan pada berbagai technologi.

Muhammad WahidFauzan
Muhammad WahidFauzan
Nama Saya adalah M Wahid Fauza. Saya dilahirkan di Kabupaten Tanggamus pada tanggal 22 Februari 1998. Orang tua saya hari nugroho dan rurin renata. Saya merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Kakak saya bernama Wahyuni. Saat ini saya sedang mengemban perkuliahan di semester 7, di Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengambil prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selama berkuliah saya aktif mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan, seperti organisasi ekstra kampus yaitu PMII sebagai anggota. Dan saya juga aktif di organisasi intra kampus seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan.
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.