OUR NETWORK
Minggu, September 19, 2021

Sistem Pernapasan: Fakta, Fungsi, dan Penyakit

Dany Muckty wijayanto
Saya adalah seorang penulis artikel, yang telah belajar mendalami dunia seputar artikel

Sistem pernapasan manusia merupakan jaringan organ yang berperan buat mengambil oksigen serta mengusir karbon dioksida. Organ utamanya merupakan paru- paru, yang mengaplikasikan pertukaran gas dikala kita bernapas.

Paru- paru bekerja dengan sistem peredaran darah untuk memompa darah kaya oksigen ke seluruh sel dalam badan. setelah itu mengumpulkan karbon dioksida lalu kembali ke paru- paru, di mana kotoran dipompa keluar dari badan kala kita menghembuskan nafas, bagi

Badan manusia memerlukan oksigen untuk mempertahankan diri. Hanya kurang lebih 5 menit tanpa oksigen, sel- sel otak mulai mati,  yang bisa menimbulkan kehancuran otak lalu akhirnya kematian.

Rata- rata pernapasan, ataupun tingkatan pernapasan, sebagian besar bergantung pada umur. Tingkatan pernapasan wajar balita baru lahir yakni 40 sampai 60 kali tiap menit serta bisa melambat jadi 30 sampai 40 kali per menit kala balita lagi tidur. Tingkatan pernapasan rata- rata untuk orang berusia dewasa yakni 12 sampai 16 nafas per menit, serta sampai 40 sampai 60 nafas per menit sepanjang berolahraga

Terdapat banyak komponen untuk sistem respirasi, semacam: hidung, mulut, kerongkongan( faring), kotak suara( laring), kerongkongan( trakea), saluran hawa besar( bronkus), saluran hawa kecil (bronkiole), paru- paru dan diafragma.

Dikala kita bernapas, oksigen merambah hidung ataupun mulut serta melewati sinus, merupakan ruang berongga di tengkorak yang menolong mengendalikan temperatur serta kelembaban hawa yang kita hisap.

Dari sinus, udara melewati trakea, Yang juga disebut kerongkongan, serta kembali ke dalam tabung bronkial, yang merupakan 2 tabung yang bawa udara ke tiap paru- paru( masing- masing disebut bronkus). Tabung bronkial dilapisi dengan rambut kecil yang disebut silia yang bergerak bolak- balik, bawa lendir ke atas serta keluar. Lendir merupakan cairan lengket yang mengumpulkan debu, bakteri serta modul lain yang sudah menyerang paru- paru itulah yang kita usir kala kita bersin dan batuk.

Tabung bronkial berpisah lagi untuk bawa udara ke lobus tiap paru- paru. Paru- paru kanan mempunyai 3 lobus sedangkan paru- paru kiri hanya mempunyai 2, untuk mengakomodasi ruang untuk jantung, Menurut ” American Lung Association”. Lobus diisi dengan ketungkar kecil serta kenyap yang disebut alveoli, yang merupakan tempat pertukaran oksigen serta karbon dioksida berlangsung.

Dinding alveolar sangat tipis( kurang lebih 0, 2 mikrometer) serta terdiri dari satu susunan jaringan yang disebut sel epitel serta pembuluh darah kecil yang disebut kapiler paru. Darah di kapiler mengambil oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida. Darah beroksigen setelah itu mengarah ke pembuluh darah paru. Keempat pembuluh darah ini, 2 dari tiap paru- paru, membawa darah kaya oksigen ke sisi kiri jantung, di mana dia dipompa ke seluruh bagian badan. Karbon dioksida darah yang tertinggal bergerak ke alveoli serta diusir dalam nafas kita yang dihembuskan.

Diafragma, otot berupa kubah di bagian dasar paru- paru, mengendalikan pernapasan serta memisahkan rongga dada dari rongga perut. Kala udara diambil, diafragma mengencangkan serta bergerak ke bawah, membuat lebih banyak ruang untuk paru- paru untuk mengisi dengan udara serta mengembang, Sepanjang penghembusan nafas, diafragma mengembang serta mengompres paru- paru, memforsir udara keluar.

Penyakit dan keadaan sistem pernapasan tercantum dalam 2 jenis: Peradangan, semacam influenza, pneumonia kuman serta virus respirasi enterovirus, serta penyakit kronis serupa asma serta penyakit paru obstruktif kronis( COPD).

Infeksi virusTidak banyak yang bisa dicoba untuk infeksi virus tapi membiarkan mereka menjalankan kursus mereka, bagi Dokter. Neal Chaisson, yang mempraktikkan obat paru di Klinik Cleveland.” Antibiotik tidak efisien dalam menyembuhkan virus serta perihal terbaik yang wajib dicoba merupakan hanya istirahat,” katanya.

Untuk sebagian besar orang yang sehat, penyakit pernapasan yang sangat umum yang bisa jadi mereka hadapi merupakan infeksi, kata Dokter. Matthew Exline, seseorang pakar pulmonologi serta perawatan kritis di The Ohio State University Wexner Medical Center. Batuk merupakan indikasi awal, bisa jadi diiringi dengan demam. A woman coughing. Coughing is usually the first sign of a respiratory infection. Batuk umumnya merupakan ciri awal dari peradangan pernapasan.

Asma

Asma merupakan peradangan kronis pada saluran udara paru- paru yang menimbulkan batuk, sesak dada ataupun sesak nafas, bagi Tonya Winders, presiden Allergy& Asthma Network. Isyarat serta tanda- tanda ini bisa jadi lebih buruk kala seorang terserang pemicunya, yang bisa mencakup polusi udara, asap tembakau, asap pabrik, pelarut pembersih, infeksi, serbuk sari, makanan, udara dingin, berolahraga, bahan kimia serta obat- obatan.

Berolahraga pula bisa menginduksi asma. Lebih dari 25 juta orang( ataupun 1 dari 13 orang berusia serta 1 dari 12 kanak- kanak) di Amerika Serikat mengidap asma, menurut Centers for Disease Control and Prevention( CDC).Untuk sebagian orang, asma merupakan iritasi ringan, namun untuk yang lain itu dapat jadi keadaan yang mengancam Nyawa, menurut Mayo Clinic. Asma tidak bisa dipulihkan, namun gejalanya bisa dikelola. Identifikasi serta penyembuhan dini bisa menghindari kerusakan jangka panjang serta menghentikan asma menjadi lebih kurang baik dari waktu ke waktu

Penyakit paru obstruktif kronis( COPD)COPD merupakan penyakit kronis serta progresif di mana aliran udara masuk dan keluar dari paru- paru menyusut, sehingga lebih sulit untuk bernapas. COPD merupakan gabungan bronkitis kronis( radang tabung bronkial) serta emfisema( alveoli rusak), menurut Mayo Clinic.

Merokok merupakan pemicu utama COPD. Bersamaan waktu, saluran udara orang- orang dengan COPD jadi meradang serta menebal, sehingga lebih sulit untuk menghilangkan limbah karbon dioksida, menurut American Lung Association. Kala penyakit tumbuh, penderita mengalami sesak nafas, serta bisa menghalangi kegiatan.

Lebih dari 16 juta orang Amerika terpengaruh oleh COPD, menurut CDC. COPD tidak mempunyai obat, namun bisa diatasi.Kanker paru- paruKanker paru- paru kerap berhubungan dengan merokok, namun penyakit ini bisa mempengaruhi nonsmoker juga. Ini merupakan kanker kedua yang sangat universal untuk laki- laki serta perempuan, masing- masing kalah oleh kanker prostat serta payudara.

American Cancer Society( ACS) memperkirakan jika pada tahun 2021, hendak terdapat kurang lebih 235. 760 permasalahan baru kanker paru- paru( 119. 100 pada laki- laki serta 116. 660 pada perempuan) serta dekat 131. 880 kematian akibat kanker paru- paru( 69. 410 pada laki- laki serta 62. 470 pada perempuan) di Amerika Serikat.

Tetapi, jumlah kematian kanker paru- paru telah berada di lereng ke bawah dalam beberapa tahun terakhir sebab kemajuan dalam penyembuhan serta deteksi dini. Mayoritas orang yang di nyatakan mengidap kanker paru- paru lebih tua dari 65 tahun, serta umur rata- rata orang yang di nyatakan mengidap kanker paru- paru merupakan 70, menurut ACS.

Dany Muckty wijayanto
Saya adalah seorang penulis artikel, yang telah belajar mendalami dunia seputar artikel
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.