Sabtu, Juli 20, 2024

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemain Terbaik Sepakbola

Angger Tri
Angger Tri
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pamulang

Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi. Dengan kata lain, pemanfaatan internet serta teknologi informasi dan komunikasi telah masuk ke seluruh aspek kehidupan masyarakat tak terkecuali dalam bidang olahraga.

Sejumlah teknologi komputasi di bidang olahraga mampu memenuhi harapan para atlet maupun pelatih dalam mengejar target-tergetnya. Dengan begitu peningkatan dari kemampuan para atlet ini dapat ditempuh lebih cepat dan lebih efisien. Yang mana teknologi komputasi ini dapat bermanfaat dalam memberikan informasi tentang segala aspek yang dibutuhkan oleh para atlet

Salah satu dari sekian banyak cabang olahraga yang terbantu dengan kemajuan teknologi komputasi adalah Sepak Bola. Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga tim yang masing-masing pemainnya memainkan satu bola khusus dengan kaki mereka di atas lapangan. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Dalam perkembangannya olahraga banyak melahirkan pemain-pemain berprestasi baik untuk gelar individu maupun gelar sebagai tim.namun seiring berjalannya waktu pemilihan pemain terbaik ini masih bersifat subjektif, salah satu contoh yang paling terkenal adalah Ballon D’or

Ballon D’or adalah sebuah penghargaan sepak bola tahunan. Penghargaan ini digagas oleh penulis majalah France Football, Gabriel Hanot, yang meminta rekan-rekannya untuk memilih pemain terbaik di Eropa pada tahun 1956. Pemenang perdananya adalah Stanley Matthews dari Blackpool.FIFA Ballon d’Or diberikan berdasarkan penilaian dari jurnalis internasional dan pelatih serta kapten tim nasional, mereka memilih pemain yang mereka anggap melakukan hal terbaik pada tahun sebelumnya.

Dengan sistem voting inilah sering terjadi perdebatan diantara para pecinta sepak bola, karena ada pemain yang seharusnya lebih pantas untuk memenangkan penghargaan, karena voting masih bersifat subjektf.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau decision support systems (DSS) merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk berbasis pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. SPK juga bisa dibilang sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi dalam mengambil keputusan atas masalah semi-terstruktur yang spesifik.

Menurut Moore and Chang, SPK ini dapat digambarkan sebagai sistem yang memiliki kemampuan dalam mendukung analisis ad hoc data dan pemodelan keputusan yang berorientasi kepada perencanaan masa depan.

Salah satu metode dalam SPK ini adalah Metode Weighted Product (WP) yaitu salah satu analisis pengambil keputusan multi-kriteria dengan menentukan faktor kriteria sebagai manfaat (konflik antar kriteria) dengan mencari hasil perkalian nilai kriteria alternatif terhadap bobot kriteria.

Dengan metode ini secara khusus diharpkan diantaranya sebagai sistem pendukung keputusan yang memberikan rekomendasi pemilihan pemain Sepak Bola sesuai yang diharapkan dan para expert dapat memilih pemain terbaik tim Sepak bola sesuai dengan kriteria-kritria yang sudah ditentukan agar kedepannya tidak terdapat perdebatan tentang siapa yang lebih pantas untuk memenangkan penghargaan pemain terbaik.

Angger Tri
Angger Tri
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pamulang
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.