OUR NETWORK
Minggu, September 19, 2021

Senam Aerobik Luluhkan Covid-19

Rizqi Amalia
Rizqi Amalia adalah mahasiswi asal Mesuji Lampung. Kerap dipanggil Amalia. Ia merupakan sosok mahasiswi disalah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarya. Universitas Ahmad Dahlan dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Saat ini ia sedang menempuh pendidikan semester 6.

Sama-sama kita ketahui bersama bahwa di awal tahun 2020 lalu Indonesia kedatangan tamu yang meresahkan hingga menyebabkan pandemi berkepanjangan, tamu itu adalah Covid-19. Sebuah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia dengan cepatnya proses penyebaran virus. Adanya virus covid-19 ini banyak menimbulkan dampak kepada seluruh masyarakat, mulai dari dampak ekonomi, rumah tangga, dan terutama lebih berdampak pada kesehatan.

Virus ini menyerang pernapasan manusia hingga menyebabkan berkurangnya populasi penduduk di Indonesia karena semakin bertambah jumlah kematian ditiap harinya. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menanggulangi dan memutus rantai tali penyebaran covid-19. Apa yang harus kita lakukan untuk membantu negeri ini?

Hal yang wajib kita lakukan adalah dengan melakukan pertahanan diri, yaitu dengan menjaga kesehatan dan menaikkan imun tubuh. Salah satu bentuk menjaga kesehatan dan menaikkan imun tubuh yaitu dengan berolahraga. Kira-kira olahraga apa ya yang tepat untuk dilakukan dimasa-masa covid-19 ini?

Iman Rubiana, Fegie Rizkia Mulyana, Melya Nur Herliana, Novi Soraya dalam artikelnya yang berjudul Meningkatkan Imunitas Tubuh Melalui Senam Umum Ditengah Pandemi Covid-19 yang dimuat di Jurnal UMTAS Vol. 4, No. 1 (2021) menyatakan bahwa aktivitas olahraga yang dapat meningkatkan imun tubuh atau kesegaran jasmani, adalah olahraga yang cukup memberikan beban kepada jantung dan paru.

Banyak kategori olahraga yang dapat dilakukan di tengah pandemi seperti ini. Nah, tapi sedikit olahraga yang dapat dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia. Salah satu bentuk olahraga yang dapat memberikan beban kepada jantung dan paru-paru tapi tetap bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia adalah senam aerobik. Kok bisa harus senam aerobik?

Senam aerobik tentu saja senam yang sifatnya aerobik dan salah satu olahraga seru juga menyenangkan karena diiringi oleh musik. Nah pernyataan tadi sesuai dengan pendapat A. Erlina Listyarini dalam artikelnya yang berjudul Latihan Senam Aerobik untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani yang dimuat di Jurnal UNY Vol. 8, No. 2 (2012) mengatakan bahwa, latihan senam aerobik adalah senam yang menggerakkan seluruh otot, terutama otot besar dengan gerakan yang mantap, terus menerus, berirama, maju, dan berkelanjutan.

Aktivitas senam aerobik dapat dilakukan secara rutin pada setiap harinya atau dua hari sekali. Tapi sebelum melakukan senam aerobik sangat perlu melakukan gerakan pemanasan, agar badan kita enteng dan gerakan senam akan jauh lebih mudah atau biasa dikatakan otot-otot tidak kaget saat melakukan gerakan senam.

Dengan melakukan aktivitas senam aerobik secara rutin, akan memberi manfaat yang luar biasa kepada diri sendiri dan kepada Negara Indonesia, karena hal itu akan membantu memutus tali penyebaran covid-19. Eits, tapi dengan olahraga senam aerobik saja tidak cukup, tetap harus mematuhi protokol kesehatan dikehidupan sehari-hari.

 

Rizqi Amalia
Rizqi Amalia adalah mahasiswi asal Mesuji Lampung. Kerap dipanggil Amalia. Ia merupakan sosok mahasiswi disalah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarya. Universitas Ahmad Dahlan dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Saat ini ia sedang menempuh pendidikan semester 6.
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.