Selasa, Maret 5, 2024

Pro-Kontra Bergabungnya Rumania ke Zona Schengen

Isma liyana
Isma liyana
Mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional . Universitas Teknologi Yogyakarta

Rumania, salah satu negara anggota Uni Eropa, telah mengajukan permohonan untuk bergabung ke zona Schengen. Zona Schengen adalah kawasan bebas visa dan perbatasan yang mencakup 26 negara di Eropa.

Pemerintah Rumania telah memenuhi semua persyaratan formal untuk bergabung ke zona Schengen, termasuk reformasi hukum dan keamanan.  Namun, permohonan tersebut ditolak oleh beberapa negara anggota Uni Eropa, yaitu Austria, Finlandia, dan Prancis.

Negara yang Menolak bergabungnya Rumania

Negara-negara yang menolak keanggotaan Rumania di zona Schengen umumnya memiliki kekhawatiran tentang masalah keamanan dan imigrasi.

Austria adalah negara yang paling keras menolak keanggotaan Rumania. Kekhawatiran utama Austria adalah meningkatnya gelombang migrasi ilegal melalui wilayah Rumania. Pada tahun 2015, tercatat lebih dari 100.000 migran ilegal memasuki wilayah Uni Eropa melalui Rumania. Austria berpendapat bahwa Rumania perlu memperkuat keamanan perbatasannya dan meningkatkan sistem peradilan sebelum negara tersebut diperizinkan untuk bergabung dengan zona Schengen..

Negara-negara lain, seperti Belanda, Perancis, dan Finlandia, juga menyatakan keberatannya terhadap bergabungnya Rumania ke zona Schengen. Belanda keberatan dengan bergabungnya Rumania ke zona Schengen karena tingkat korupsi dan kejahatan terorganisir yang masih tinggi di Rumania. Belanda khawatir bahwa korupsi dan kejahatan terorganisir dapat mengancam keamanan dan stabilitas wilayah Schengen.

Finlandia memiliki kekhawatiran yang serupa dengan Belanda. Finlandia menuntut Rumania untuk membuktikan komitmennya dalam memberantas korupsi dan memastikan transparansi dan akuntabilitas lembaga peradilan. Finlandia khawatir bahwa korupsi dapat menghambat penegakan hukum di Rumania, yang dapat membahayakan keamanan wilayah Schengen.

Prancis juga mengkhawatirkan bergabungnya Rumania akan berpotensi meningkatkan gelombang migrasi ilegal dari Timur Tengah dan Afrika yang masuk ke wilayah Schengen melalui Rumania. Prancis khawatir bahwa Rumania tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk menjaga ketat wilayah perbatasannya.

Meskipun ada penolakan dari beberapa negara anggota Uni Eropa, Rumania tetap berupaya memenuhi kriteria keanggotaan Schengen. Rumania telah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat keamanan perbatasan, meningkatkan sistem peradilan, dan memberantas korupsi. Rumania berharap dapat bergabung dengan zona Schengen pada tahun 2023.

Negara negara mendukung bergabungnya Rumania

 

Negara-negara yang mendukung bergabungnya Rumania ke zona Schengen memberikan berbagai alasan atas dukungan mereka. Seperti Jerman, Spanyol, dan Hongaria merupakan negara-negara yang paling kuat mendukung bergabungnya Rumania. mereka  berpendapat bahwa Rumania telah membuat kemajuan yang signifikan dalam reformasi hukum dan keamanannya. Serta Mereka percaya bahwa Rumania akan menjadi anggota yang berharga bagi zona Schengen.

Jerman telah menjadi pendukung kuat masuknya Rumania ke zona Schengen. Para pejabat Jerman memuji upaya Rumania dalam mereformasi peradilan dan memberantas korupsi, dan menyatakan bahwa Rumania telah memenuhi kriteria keanggotaan Schengen, termasuk meningkatkan perlindungan perbatasan yang telah ditingkatkan dan menerapkan kebijakan bisa yang efektif.

Spanyol menegaskan kembali dukungannya untuk Rumania nergabung dengan Zona Schengen. Menteri Luar Negeri Spanyol mengatakan bahwa Spanyol percaya bahwa Rumania ini telah memenuhi semua persyaratan untuk bergabung ke Zona Schengen. Menurutnya bergabungnya Rumania ke Zona Schengen ini akan memberikan manfaat baik bagi Rumania serta bagi Uni Eropa secara keseluruhan.

Hongaria juga mendukung bergabungnya Rumania dalam Zona Schengen. Menteri Perdagangan dan Luar Negri Pemerintah Hongaria mengatakan Rumania seharusnya bergabung dengan Zona Schengen karena akan membawa banyak manfaat ekonomi. Berkaitan dengan alasan Austria memveto Rumania karena kekhawatirannya mengenai Imigrasi Ilegal seharusnya bukan alasan untuk menunda keanggotaan Schengen Rumania.

Secara umum, negara-negara yang mendukung bergabungnya Rumania ke zona Schengen berpendapat bahwa Rumania telah memenuhi semua persyaratan untuk bergabung dan menurut berbagai negara yang mendukung, bergabungnya Rumania akan membawa manfaat bagi Rumania dan juga Uni Eropa secara keseluruhan.

Isma liyana
Isma liyana
Mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional . Universitas Teknologi Yogyakarta
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.