OUR NETWORK
Minggu, Februari 5, 2023

Perdamaian Dunia Melalui Hubungan Internasional

Atiullah Sulaiman
mahasiswi ITB AHMAD DAHLAN JAKARTA
From Korea With Love Concert

 

Perdamaian dunia adalah sebuah gagasan kebebasan, perdamaian, dan kebahagiaan bagi seluruh negara dan/atau bangsa. Perdamaian dunia melintasi perbatasan melalui hak asasi manusia, tekhnologi, pendidikan, tekhnik, pengobatan, diplomat dan/atau pengakhiran seluruh bentuk pertikaian.

Sejak 1945, Perserikatan Bangsa- Bangsa dan lima anggota permanen majelis keamanannya (AS, Rusia, China, Prancis dan Tritania Raya) bekerja untuk menyelesaikan konflik tanpa perang atau deklarasi peran. Namun, negara-negara telah memasuki sejumlah konflik militer sejak masa itu.

Sebagai sebuah negara, Indonesia sangatlah memainkan peran aktif dalam menjaga dan memelihara perdamaian dunia. Hal demikian telah menjadi salah satu tujuan nasional. Kenapa indonesia harus ikut andil dalam menjaga perdamaian dunia? Sedangkan di negara nya saja msih banyak berbagai macam problematika yang terjadi.

Hal tersebut merupakan cita cita bangsa Indonesia dan telah di amanatkan oleh konstitusi negara dalam pembukaan UUD 1945 pada alinea ke-4 yaitu; “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial”. Oleh karena itu menunjukan bahwa indonesia dengan tegas menyerukan akan pentingnya peran dan keikutsertaan dalam berbagai permasalahan internasional.

Agar menciptakan perdamaian dunia pemerintah Indonesia telah mengambil sikap dan kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif. Konsep bebas aktif berlandaskan kepada pancasila yang juga tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

Dalam hal ini, politik bebas aktif adalah politik luar negeri yang pada hakikatnya bukan politik netral, melainkan politik luar negeri yang bebas menentukkan langkah dan sikap serta kebijaksanaan terhadap permasalahan internasional dan tidak mengikatkan diri secara priori pada suatu kekuatan dunia secara aktif.

Seiring berkembangnya zaman dan semakin meluasnya era globalisasi, diharapakan indonesia dapat terus berpartisipasi dalam menjaga perdamaian dunia serta tetap melakukan kerjasama dan menjalin hubungan diplomasi yang baik dengan negara-negara lain.

Belum lama ini, Indonesia dengan tegas menyuarakan pembelaan terhadap palestina. Hal ini disampaikan oleh menteri luar negeri (menlu) Retno Marsudi saat berkunjung di markas PBB di New York.

Menteri luar negeri juga meminta kepada PBB agar secara aktif ikut memperjuangkan hak-hak palestina yang lebih kurang sudah 13 tahun di serang oleh israel agar konflik seperti ini tidak lagi terjadi di masa mendatang.

Hal semacam ini merupakan salah satu contoh keterlibatan bangsa indonesia dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan penjaga perdamaian indonesia di bawah mandar PBB, ikut secara aktif membantu menyelesaikan konflik di kamboja dengan mensponsori penyelenggaraan. Jakarta Informal Meeting (JIM 1) pada bulan juli 1998 dan lain-lain.

Hingga pada akhirnya november 2018, Indonesia telah menempati peringkat ke-7 dari 142 negara penyumbang personel pada misi perdamaian PBB. Indonesia telah melakukan ini sejak tahun 1957, tepat indonesia baru berumur 12 tahun.

Bentuk dukungan yang dapat di berikan bangsa indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia sepeti; menghargai budaya dan agama masing-masing, menyediakan lapangan pekerjaan atau bekerja dan Ikut partisipasi atau berpendapat dalam memberikan solusi pada permasalahan yang terjadi di dunia.

Atiullah Sulaiman
mahasiswi ITB AHMAD DAHLAN JAKARTA
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.