Kamis, Juni 20, 2024

Peranan Data dan Informasi dalam Sistem Informasi Manajemen

Adya Ramadhani
Adya Ramadhani
Mahasiswa semester 6 jurusan Teknik Informatika Universitas Pamulang

Sebelum mengetahui apa peranan dari Data dan Informasi dalam Sistem Informasi Manajemen. Apa sih yang dimaksud dengan Sistem Informasi Manajemen itu?

Sistem Informasi Manajemen merupakan sekumpulan proses di mana sebuah informasi dianalis, diproses, dan ditampilkan dalam sebuah sistem sehingga informasi tersebut dapat berguna dalam pengambilan keputusan. Sistem ini merupakan alat yang sangat berguna untuk mendukung dan memandu aktivitas bisnis.

Menurut Murdick, R.G., “Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur prosedur atau bagian – bagian pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi.” Sehingga dapat dikatakan bahwa Sistem merupakan sekumpulan elemen yang beroperasi atau saling berinteraksi antara beberapa data, guna menghasilkan suatu informasi atau tujuan tertentu.

Data merupakan sebuah bentuk dari informasi berupa fakta – fakta atau angka – angka yang didapat melalui sebuah penelitian atau pengamatan yang belum diolah atau diproses sehingga belum bisa digunakan dalam pengambilan sebuah keputusan atau belum dapat memberikan arti bagi pemakainya. Berhubungan dengan data, Informasi merupakan sebuah bentuk dari data yang sudah melalui pemrosesan/diolah sehingga dapat memiliki arti bagi pemakainya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

Pentingnya Sistem Informasi Menejemen dalam sebuah perusahaan ini disebabkan juga karena saat ini kemampuan komputer yang semakin baik dan kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat. Sehingga dengan adanya Sistem Informasi Manajemen ini dapat membantu dalam mempermudah pekerjaan atau aktivitas manusia.

Pada Sistem Informasi Manajemen data dan informasi yang dimiliki akan dianalis, sehingga dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan lengkap, dimana analisis tersebut dapat bermanfaat bagi manajemen dalam mengambil keputusan.

Melalui Sistem Informasi Manajemen juga mempermudah pengguna dalam mengakses atau mencari informasi, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Sistem Informasi Manajemen berfungsi juga sebagai alat untuk memantu kinerja perusahaan, sehingga manajemen dapat mengidentifikasi masalah dan mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Melalui Sistem Informasi Manajemen ini tentunya akan meningkaatkan efisiensi dan kefektifan sebuah perusahaan dengan mengurangi kesalahan manusia dalam pengolahan data. Sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Namun, dalam Sistem Informasi Manajemen ini memungkinkan juga dapat terjadi beberapa hambatan atau tantangan dalam hal data dan informasinya.

Dari sisi kualitas data yang akan digunakan oleh Sistem Informasi Manajemen itu harus terpercaya dan akurat, sehingga dari pihak manajemen harus memastikan bahwa data yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Sistem kemanan data yang digunakan juga harus diperhatikan.

Ketika menggunakan Sistem Informasi Manajemen, manajemen harus memastikan bahwa data dan informasi tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang sehingga tidak disalahgunakan. Keputusan atau informasi yang dihasilkan oleh Sistem Informasi manajemen juga harus dapat digunakan dengan tepat. Karena sangat penting untuk memastikan bahwa Sistem Informasi Manajemen tersebut memenuhi kebutuhan pengguna dan membantu daalam pengambilan keputusan.

Jangan khawatir, tentunya dibalik beberapa tantangan Sitem Informasi Manejemen ini memiliki banyak kelebihan yang dapat mendukung untuk manajemen perusahaan. Seperti contohnya penggunaan Sistem Informasi Manajemen dalam Pendidikan sekolah, yaitu pada saat penerimaan siswa/i baru, dimana dengan penggunaan Sistem Informasi Manajemen ini dapat membantu dalam mengimplementasikan sistem informasi pendaftaran online.

Di mana dengan sistem informasi ini dapat mengelola proses penerimaan siswa baru dengan lebih efektif dan efisien. Mempermudah dan mempercepat proses seleksi secara otomatis dengan menggunakan algoritma dan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu proses seleksi dapat dilakukan dengan cepat.

SIM dapat memudahkan kita dalam mengelola atau memproses sebuah data dengan lebih efektif dan efisien. Dengan Sistem Informasi Manajemen memungkinkan juga untuk meningkatkan kepuasan pengguna dengan memberikan layanan yang lebih cepat, mengurangi tugas yang dilakukan secara manual, meningkatkan kualitas data yang dimiliki sehingga dalam proses analisis data dapat mengurangi kesalah manusia dan meningkatkan akurasi data.

Oleh karena itu, sebuah bisnis atau perusahaan harus mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum mengimplementasikan sebuah Sistem Informasi Manajemen. Mengingat Sistem Informasi Manajemen ini juga sangat penting dalam membantu sebuah organisasi atau perusahaan dalam mengelola informasi dengan lebih baik lagi, sehingga dapat memudahkan dalam mengambil sebuah keputusan yang baik. bagi sebuah perusahaan atau organisasi.

Tentunya, dengan memperhatikan tantangan yang ada, sehingga dapat memaksimalkan manfaat dari Sistem Informasi Manajemen dan mencapai tujuan bisnis dengan efektif dan efisien.

Adya Ramadhani
Adya Ramadhani
Mahasiswa semester 6 jurusan Teknik Informatika Universitas Pamulang
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.