OUR NETWORK
From Korea With Love Concert
Jumat, Desember 2, 2022
From Korea With Love Concert

Penerapan dan Manfaat Kecerdasan Buatan di Pelayanan Kesehatan

Fuad Abdul Aziz
Namanya Fuad Abdul Aziz. Lahir pada tanggal 20 Februari 2000 di kota Cilacap. Sebagai anak pertama. Saat ini dia sedang mengenyam pendidikan S1 Teknik Informatika di Universitas Pamulang (UNPAM). Dia juga sembari bekerja di salah satu perusahaan suwasta yang bergerak dibidang ritel.
From Korea With Love Concert

Pada masa sekarang Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam pelayanan kesehatan sangatlah memberikan perkembangan yang baik dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan, biaya kesehatan (perawatan dan obat), dan lain-lain. Terutama pada masa pandemi covid-19 ini, yang mana teknologi AI dapat membantu mendeteksi atau mendiagnosa penyakit (ringan) terutama untuk kasus covid-19.

Dulu masih banyak rumah sakit atau pelayanan kesehatan yang mana masih belum banyak menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Banyak faktor yang perlu dipersiapkan, baik dari penyedia layanan maupun sumber dayanya. Sebelum kita lanjut ke pembahasan kali ini yaitu Penerapan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pelayanan Kesehatan. Berikut kita kaji lebih dalam tentang Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Pengertian Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah suatu ilmu komputer untuk memecahkan masalah kognitif yang dapat diterapkan pada mesin dimana memiliki kecerdasan layaknya manusia. Seperti melakukan pembelajaran yaitu perolehan dan aturan menggunakan informasi, penalaran yaitu menggunakan aturan sehingga mencapai solusi, dan dapat mengoreksi secara mandiri.

Jadi tepat bila teknologi AI ini diterapkan di bidang kesehatan khususnya untuk pelayanan kesehatan. Karena manfaat yang bisa diraih cukup baik bagi pelaku di bidang kesehatan yaitu tenaga medis (dokter, perawat. bidan, pasien, dan lain-lain). Beberapa manfaat itu sebagai berikut.

Manfaat Artificial Intelligence (AI) Dalam Pelayanan Kesehatan

  • Menghemat biaya yang dikeluarkan
  • Mempercepat pelayanan pasien
  • Mengefisiensi waktu
  • Mempermudah pasien dalam mengetahui penyakit
  • Meringankan beban pekerjaan (pelayanan, pengobatan, perawatan, dan lain-lain).

Penerapan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pelayanan Kesehatan

Ada pun penerapan-penerapan teknologi AI dalam pelayanan kesehatan yang sudah ada yaitu :

  • Fitur chatbot bagi pasien
  • Pendeteksi masker wajah
  • Optimalisasi pada kendala pada pengobatan atau perawatan yang berjalan
  • Optimalisasi untuk ruang operasi
  • Optimalisasi deteksi kanker melalui mamografi

Begitulah paparan tentang Penerapan dan Manfaat Artificial Intelligence (AI) Dalam Pelayanan Kesehatan. Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil yaitu dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, manusia dituntut untuk dapat mengikutinya. Dimana akan membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan efisien (khususnya disini dalam bidang kesehatan atau medis). Tergantung bagaimana orang itu menggunakan teknologi AI ini, apakah untuk jalan kebaikan atau sebaliknya.

Fuad Abdul Aziz
Namanya Fuad Abdul Aziz. Lahir pada tanggal 20 Februari 2000 di kota Cilacap. Sebagai anak pertama. Saat ini dia sedang mengenyam pendidikan S1 Teknik Informatika di Universitas Pamulang (UNPAM). Dia juga sembari bekerja di salah satu perusahaan suwasta yang bergerak dibidang ritel.
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.