Jumat, April 19, 2024

Penerapan Artificial Intelligence (AI) pada Ruang Guru

Kevin Tri anggoro
Kevin Tri anggoro
Hai Perkenalkan Nama Saya Kevin Tri Anggoro Saya merupakan mahasiswa Universitas Pamulang

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan proses memodelkan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin agar dapat berperilaku layaknya manusia atau istilah lainnya disebut cognitive tasks, yaitu bagaimana mesin bisa belajar secara otomatis dari data dan informasi yang sudah diprogramkan.

Kecerdasaan buatan dapat juga diartikan Kecerdasan buatan atau AI adalah salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.

Bila kita berbicara teknologi pendidikan, kita harus fair mengatakan bahwa belum sepenuhnya teknologi ini digunakan dalam pembelajaran. Di era sekarang yang semakin kompetitif, masih terdapat lembaga pendidikan yang belum menerapkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

Sayangnya, sekolah di era sekarang harus memanfaatkan lahirnya teknologi-teknologi yang memudahkan pekerjaan guru ataupun siswa. Sekolah bisa memanfaatkan aplikasi atau media yang dapat mengotomatiskan tugas-tugas seperti memberikan umpan balik, memilih materi pembelajaran yang sesuai, maupun menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan siswa.Salah satu aplikasi nya, yaitu Ruang guru.

Ruangguru adalah sebuah aplikasi belajar online yang menyediakan layanan belajar daring untuk siswa dari tingkat SD hingga SMA/SMK di Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman dan telah menjadi salah satu platform belajar daring terbesar di Indonesia.Ruangguru menyediakan berbagai macam fitur dan layanan belajar, seperti video pembelajaran, latihan soal, ujian online, dan konsultasi belajar dengan guru-guru profesional.

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan kecerdasan buatan untuk mendukung pembelajaran pada aplikasi Ruang Guru :

  • Roboguru adalah asisten virtual yang menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dan machine learning untuk memahami pertanyaan siswa dan memberikan jawaban yang tepat secara instan. Roboguru juga mampu memberikan rekomendasi materi pelajaran yang sesuai dengan preferensi belajar siswa dan dapat memantau kemajuan belajar siswa serta memberikan saran untuk memperbaiki keterampilan yang kurang dalam memahami materi pelajaran.
  • Adapto adalah fitur yang dikembangkan oleh Ruangguru untuk memberikan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Adapto menggunakan teknologi machine learning untuk menganalisis kebutuhan belajar siswa dan memberikan materi pelajaran yang relevan dengan tingkat kesulitan yang sesuai.

Setelah memahami kecerdasan buatan yang terdapat di aplikasi pembelajaran Ruang guru, Jelas bahwa kedua kecerdasan buatan tersebut bertujuan untuk mempercepat proses belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif.

Sebagai sebuah AI, saya tidak memiliki pandangan tertentu mengenai kecerdasan buatan Roboguru dan Adapto pada aplikasi Ruang Guru. Namun, sebagai sebuah teknologi, kecerdasan buatan memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran online, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih personal dan interaktif bagi siswa.

Pengembangan aplikasi Roboguru dan Adapto dapat membantu memperkuat konsep pembelajaran interaktif dan personal di era digital saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi AI, aplikasi ini dapat mempersonalisasi pengalaman belajar siswa, membantu guru dalam mengelola dan mengevaluasi kinerja siswa, serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Namun, di sisi lain, penggunaan teknologi AI dalam aplikasi pembelajaran juga harus memperhatikan aspek keamanan dan privasi data siswa. Penting bagi Aplikasi Ruang Guru dan terutama pengembang aplikasi lainnya untuk memastikan bahwa data siswa yang dikumpulkan dan disimpan tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kevin Tri anggoro
Kevin Tri anggoro
Hai Perkenalkan Nama Saya Kevin Tri Anggoro Saya merupakan mahasiswa Universitas Pamulang
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.