Minggu, November 24, 2024

Menyimak Pelajaran Pandemi Covid-19 dalam Pengelolaan Perjalanan Udara Masa Depan

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).
- Advertisement -

Pemerintah dan pemangku kepentingan industri penerbangan kini harus mulai bersiap untuk transisi ke situasi di mana tindakan tertentu sebagaimana diberlakukan saat pandemi Covid-19 tidak lagi diperlukan dan di mana akan ada kembalinya pengalaman terbang yang lebih normal.

Pada saat yang sama, pelajaran dari pandemic Covid-19 telah menyoroti kebutuhan untuk mempercepat adopsi solusi teknologi untuk memberikan pengalaman perjalanan yang benar-benar tanpa kontak, aman, dan mulus bagi penumpang.

Harus ada kepastian bahwa penerbangan lebih siap menghadapi keadaan darurat kesehatan di masa depan, termasuk kolaborasi dan komunikasi yang lebih baik antara penerbangan dan sektor kesehatan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Ketika dunia bertransisi dari pandemi ke endemik, ada kebutuhan untuk mempersiapkan relaksasi bertahap dan progresif dan penghapusan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang saat ini berlaku untuk perjalanan udara internasional. Seperti halnya peraturan keselamatan penerbangan, kebijakan “sunset clauses dan “defined review yang ditentukan adalah penting untuk diperhatikan.

Penting juga dipahami bahwa penghapusan tindakan dilakukan secara terkelola dan terkoordinasi mengingat sifat global dari industri transportasi udara dan kebutuhan akan konsistensi internasional, paling tidak untuk memperkuat kepercayaan konsumen dan memfasilitasi kepatuhan terhadap aturan.

Di tingkat internasional, ICAO – melalui mekanisme Collaborative Arrangement for the Prevention and Management of Public Health Events in Civil Aviation (CAPSCA) sebagai program yang dikoordinasikan oleh ICAO dengan tujuan untuk mengurangi dampak dan penyebaran potensi epidemi kesehatan masyarakat – seperti SARS, H1N1/flu babi, Ebola, Zika, untuk beberapa contoh dari beberapa tahun terakhir.–harus menugaskan audit berbasis bukti dari semua tindakan kesehatan masyarakat (commission an evidence-based audit of all public health measures) yang termasuk dalam Panduan Lepas landas CART (Council Aviation Recovery Taskforce) dan Manual Manajemen Risiko Lintas Batas (CART Take-Off Guidance and the Manual on Cross-Border Risk Management). Di tingkat nasional, pemerintah harus menetapkan peta jalan untuk pelonggaran langkah-langkah dan membuka jalan untuk kembali ke operasi yang lebih normal dan perjalanan wisatawan yang ditingkatkan yang akan mendukung pemulihan permintaan yang berkelanjutan.

Karena pemahaman kita tentang virus Covid-19 dan dinamika penularannya telah berkembang, menjadi jelas bahwa beberapa tindakan tidak efektif atau bahwa manfaatnya kecil dibandingkan dengan biaya dan gangguan yang ditimbulkannya.

Skrining suhu adalah contoh tindakan yang tetap tersebar luas meskipun ada banyak bukti bahwa efektivitasnya dalam mendeteksi kasus positif sangat rendah. Demikian pula, pembersihan dalam frekuensi tinggi dan disinfeksi pesawat tidak dibenarkan mengingat bahwa bukti menunjukkan dengan sangat jelas bahwa penyebaran permukaan bukanlah pendorong utama penularan dan mengingat biaya dan waktu yang cukup besar yang melibatkan protokol tersebut. Langkah-langkah ini harus segera dilonggarkan.

Elemen-elemen lain dari kerangka kerja mitigasi risiko berlapis-lapis harus ditinjau secara berkala, dan di mana langkah-langkah tersebut dilaksanakan melalui mandat peraturan, undang-undang pendukung harus tunduk pada “sunset clauses dengan periode peninjauan yang berkala dan teratur  untuk mengidentifikasi ruang lingkup untuk melonggarkan langkah-langkah. karena mereka tidak lagi dibenarkan mengingat evolusi situasi kesehatan.

Perkembangan masa depan dalam proses penumpang

Pandemi Covid-19 dan krisis industri 2020 telah menunjukkan kebutuhan mendesak untuk memberikan pengalaman bandara tanpa kontak yang aman dan lancar kepada penumpang. Meskipun saat ini masih sulit untuk mengetahui dengan pasti bagaimana industri ini akan berkembang, ada tren yang harus diperhatikan, dan kita dapat mengharapkan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam digitalisasi dan penerapan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan pengalaman penumpang serta faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

- Advertisement -

Banyak pendapat menunjukkan dimana penumpang melaporkan bahwa mengurangi kebutuhan untuk mengantri di konter bandara dan berinteraksi dengan staf dan penumpang lain adalah salah satu prioritas utama para wisatawan dan pengguna jasa penerbangan.

Selama dua dekade terakhir, perjalanan udara telah diciptakan kembali untuk membuat penumpang mengendalikan perjalanan mereka melalui proses swalayan. Inovasi ini memungkinkan para wisatawan dan pengguna jasa penerbangan untuk tiba di bandara yang pada dasarnya “siap terbang”. Dengan teknologi identitas digital, proses pengendalian perbatasan juga semakin self-service menggunakan e-gates. Integrasi kredensial kesehatan ke dalam solusi yang sudah otomatis, berdasarkan sertifikat digital yang diakui secara global, terstandarisasi, dan dapat dioperasikan, adalah kunci untuk memulai kembali, memulihkan, dan kembali ke pengalaman perjalanan udara yang normal.

Perkembangan pesat teknologi dan alat-alat seperti ElectronicTravel Pass telah berkontribusi untuk memulai kembali dan upaya pemulihan. Alat berbasis smartphone ini untuk mengelola kredensial kesehatan penumpang dan informasi identitas telah dikembangkan berdasarkan standar terbuka, dimana informasi biometrik penumpang ditangkap dan diverifikasi. Seiring pemulihan berlanjut, investasi yang dilakukan dalam teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk mencapai proses penumpang ujung ke ujung yang benar-benar mulus.

Pengenalan biometrik dan identitas digital tepercaya adalah kunci dari konsep utama untuk meningkatkan pengalaman penumpang di bandara sambil meningkatkan efisiensi dan keamanan proses identifikasi tanpa kertas. Efisiensi akan meningkat dengan menghilangkan proses berulang saat ini, seperti penumpang harus menunjukkan token perjalanan (kredensial kesehatan, boarding pass, dokumen perjalanan, otorisasi perjalanan, dll) di beberapa titik kontak selama perjalanan mereka.

Dengan krisis COVID-19, kekhawatiran dan tuntutan penumpang berubah. Pengalaman yang ada menemukan bahwa begitu pandemi mereda, mayoritas wisatawan dan pengguna jasa penerbangan akan merasa lebih aman melakukan pemrosesan tanpa kontak di seluruh bandara. Ini dilengkapi dengan kenyataan bahwa Sebagian besar dari mereka yang sangat khawatir atau agak khawatir dengan menyerahkan paspor, telepon, atau boarding pass mereka kepada petugas maskapai, bandara, dan perbatasan. Selain itu, kenyataan lain bahwa mereka juga bersedia untuk membagikan data biometrik mereka untuk meningkatkan proses pelayanan bandara.

Pemrosesan tanpa kontak

Pemrosesan penumpang tanpa kontak di titik kontak bandara memungkinkan interaksi fisik antara orang-orang diminimalkan dan membatasi pertukaran dokumen; membantu melindungi penumpang, serta maskapai penerbangan, bandara, keamanan, dan pegawai otoritas setempat dari kontaminasi silang. Selain itu, penumpang cenderung tidak perlu mengantri di titik kontrol yang membuat pengelolaan jarak sosial menjadi lebih mudah sekaligus mengatasi keterbatasan kapasitas bandara pada saat yang bersamaan. Peningkatan penggunaan teknologi canggih untuk memfasilitasi pemrosesan penumpang tanpa kontak juga telah digariskan sebagai prinsip utama sebagai bagian dari pedoman CART ICAO.

Pertukaran informasi penumpang langsung

Portal web dan aplikasi memfasilitasi pertukaran informasi yang aman dan efisien dari penumpang ke maskapai penerbangan dan pemerintah dalam menghadapi permintaan informasi yang terus meningkat. Alat-alat ini memberdayakan penumpang dengan kemampuan untuk memahami dan mematuhi permintaan pemerintah tambahan selama masa darurat dan memanfaatkan kesempatan untuk secara langsung dan aman mengomunikasikan informasi kesehatan, identitas, dan biometrik pribadi.

Manajemen identitas terdesentralisasi

Solusi teknologi terdepan menggunakan manajemen identitas terdesentralisasi mengubah cara data identitas dibagikan dan diverifikasi. Solusi ini membuat penumpang mengendalikan data mereka sendiri dan hanya dapat berbagi data minimum atau bukti yang diperlukan untuk transaksi apa pun secara langsung dengan maskapai penerbangan, bandara, atau pemerintah melalui saluran komunikasi yang aman dan terenkripsi. Ini melindungi terhadap paparan identitas pribadi dan sensitif, data kesehatan dan biometrik dengan menghapus Maskapai Penerbangan sebagai ‘perantara’ dan menghilangkan kebutuhan untuk penyimpanan terpusat data pribadi oleh industri. Teknologi ini memungkinkan maskapai penerbangan, bandara, dan otoritas pemerintah untuk mengonfirmasi informasi yang telah diberikan dan memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan penumpang telah diverifikasi sebelum perjalanan dan di luar bandara

Pengambilan keputusan interaktif

Konsep pengambilan keputusan interaktif didasarkan pada kontrol yang lebih baik bagi penumpang untuk mempersonalisasi pengalaman perjalanan mereka, berdasarkan peningkatan komunikasi dan koordinasi sumber data. Pengambilan keputusan yang interaktif menjadi semakin penting di dunia pasca-COVID-19, di mana pelanggan membutuhkan informasi terkini dan akurat tentang persyaratan perjalanan dan izin perjalanan penumpang termasuk informasi kesehatan.

Penumpang harus diaktifkan untuk menyesuaikan perjalanan perjalanan mereka sebelum kedatangan mereka di bandara. Dari membeli tempat parkir hingga memilih opsi ritel dan konsesi untuk tiba di gerbang mereka, integrasi system lanjutan akan memungkinkan pengalaman yang dipersonalisasi dan tanpa kontak dari tepi jalan ke gerbang.

Selain itu, digitalisasi sisem dapat mendukung pertukaran informasi yang relevan antara semua pemangku kepentingan untuk memastikan penumpang ‘siap terbang’ ketika mereka tiba di bandara dan meningkatkan pengelolaan kapasitas bandara mengatasi kendala kapasitas yang diprediksi sebelumnya.

Covid-19 telah menempatkan fokus yang lebih besar pada perlunya pendekatan dan ketahanan yang fleksibel. Pada gilirannya, ini membawa urgensi untuk menggunakan teknologi yang tersedia, untuk memberikan fleksibilitas ini dan membuka manfaat penuh yang dicapai dengan koordinasi global daripada pendekatan yang terisolasi.

Way Forward

Upaya untuk membuka kembali perbatasan dan memulai kembali perjalanan udara internasional tidaklah mudah dan jalan masih panjang untuk mencapai pemulihan yang kuat dan tangguh. Mengingat kemungkinan bahwa pandemi mungkin lebih sering terjadi di masa depan, tantangan yang disoroti oleh Covid-19 perlu ditangani untuk menempatkan seluruh sektor penerbangan pada posisi yang lebih baik untuk menghadapi peristiwa kesehatan di masa depan.

Covid-19 telah menyoroti tantangan untuk mengembangkan serangkaian langkah-langkah mitigasi kesehatan masyarakat di tengah keadaan darurat. Prioritas segera seharusnya adalah mengembangkan kerangka kerja berbasis risiko yang gesit dan proporsional sehingga Negara dapat beradaptasi dengan keadaan darurat kesehatan yang spesifik di masa depan – menyadari bahwa mereka mungkin sangat berbeda dengan COVID – dan menyebar dengan cepat untuk mengurangi gangguan terhadap perjalanan dan perdagangan internasional dan untuk mendukung pemulihan yang jauh lebih cepat daripada yang terjadi selama krisis ini.

Covid-19 juga telah menggambarkan keterbatasan kerangka hukum internasional sebagaimana dikodifikasikan dalam International Health Regulations (IHR). Peraturan tersebut saat ini sedang ditinjau oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO). Sangat penting bahwa pemangku kepentingan penerbangan terlibat dalam tinjauan itu dan bahwa perspektif industri juga diperhitungkan. Secara umum, ada kebutuhan untuk lebih banyak kolaborasi lintas sektoral.

Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Dr. Afen Sena, M.Si. IAP, FRAeS
Profesional dan akademis dengan sejarah kerja, pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan dan bisnis kedirgantaraan. Alumni PLP/ STPI/ PPI Curug, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, International Airport Professional (IAP) dari ICAO-ACI AMPAP dan Fellow Royal Aeronautical Society (FRAeS).
Facebook Comment
- Advertisement -

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.