OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022
Minggu, Juni 26, 2022
Geomedia - JFK 2022

Manfaat AI, Peluang Bisnis di Media Sosial Masa Covid-19

Sejak pandemi Covid-19 di Tahun 2019 melanda di seluruh negara dan di semua sektor, Banyak Sekali yang terkena dampak dari wabah virus ini yang menyebabkan perekonomian turun drastis, sehingga terjadinya kehilangan pekerjaan, pengurangan pendapatan dan sebagainya.

Karenanya banyak sekali dari masyarakat yang berpindah haluan dan mencari pendapatan agar bisa bertahan hidup di massa Covid-19 ini. Dari sinilah aktivitas berbasis online semakin di minati oleh masyarakat. Salah satunya Membuka Peluang Bisnis Melalu media sosial.

Penjualan Melalu Media Sosial dan E-Commerce sangat mendorong dan membantu pereknomian Indonesia Selama Masa Covid-19. E- commerce juga merupakan salah satu pendorong utama yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara mencapai $40 miliar pada tahun 2019 dan dipresiksi meningkat hingga $130 miliar pada tahun 2025.

Penjualan online di Indonesia hadir dalam bentuk Aplikasi, Website dan melalui media social. Dilansir dari Antara pada hari Jumat, Tanggal 8 Oktober 2021, Shopee menjadi E-commerce Nomer Satu di Indonesia berdasarkan perhitungan data iPrice dan SimilarWeb, dan Rata-rata Shopee mengumpulkan jumlah total sebanyak 961,51 Juta kunjungan, melalui Website  sebanyak 126,99 Juta dan Melalui Aplikasi 834,52 Juta.

Sementara itu Tokopedia berada di posisi kedua dengan Rata-rata pengunjung sebanyak 392,13 Juta. melalui Website  sebanyak 147,79 Juta dan Pengunjung dari Aplikasi sebanyak 834,52 Juta. Dengan melihat jumlah antara kedua E-commerce tersebut, kita bisa memanfaatkan wadah atau platform E-commerce tersebut sebagai tempat untuk kita membuka peluang usaha di masa covid-19 ini, karena dengan begitu kita bisa meningkatkan perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

Media Sosial merupakan wadah saluran untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan Jaringan Internet, sehingga bisa dimanfaatkan untuk semua kalangan, baik itu Anak-anak, Remaja, dan orang Dewasa.

Untuk itu kita bisa memanfaatkan peluang bisnis di media sosial dengan baik dan benar. Hal ini sangat berkaitan sekali dengan adanya Kecerdasan Buatan atau sering di sebut Artifical Intelligence (AI).

AI Merupakan sistem pada computer atau mesin yang memiliki kemampuan seperti manusia. AI juga mampu melakukan pembelajaran, penalaran, dan dapat mengoreksi diri secara otomatis. Sehingga AI bisa disebut juga sebuah sistem komputer yang dapat meniru cara kerja seperti manusia dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan yang di perintah.

Pemanfaatan AI dalam bisnis jualan online bisa lebih efektif dalam proses penjualan. memudahkan para penjual untuk mengatur penjualan, Pemasaran yang mudah & murah, serta mempromosikan keseluruh E-commerce dan Media sosial yang ada seperti Facebook,Instagram,Tiktok Dan sebagainya. Sehingga menjadi sumber daya tarik yang mungkin bisa dimiliki oleh wirausahawan di sektor bisnis yang sedang berkembang di masa Covid-19 ini.

Ada Beberapa Tipe AI Yang Bisa digunakan dalam sektor Bisnis Online dan E-Commerce Yaitu :

1. Chatbot

Chatbot merupakan Fitur yang membantu penjual untuk berinteraksi dengan pembeli secara otomatis, dengan cara penjual bisa membuat percakapan dengan pembeli seperti halnya tanya jawab antara penjual dan pembeli. Penggunaaan Chatbot juga lebih cepat dan akurat.

2. Produk Management

Dengan Menggunakan AI, kita bisa mengatur produk penjualan lebih mudah dan teratur. Dengan fitur produk management kita bisa mengetahui seberapa banyak produk yang terjual, Pendapatan Penjualan, Produk yang banyak diminati oleh pembeli dan masih banyak lagi.

3. Visual Search

Dijaman teknologi yang semakin canggih, penggunaan Visual Search sangat membantu saat kalian mencari produk yang akan di beli, dengan cara mencari produk yang kalian inginkan menggunakan Gambar, caranya cukup meng-upload foto produk yang di cari maka visual search bisa langsung menampilkan Produk-produk yang cocok dengan foto tersebut. Sehingga tidak perlu lagi mencari produk dengan mengetik Kata Kunci produk di pencarian.

Dengan menggunakan AI dalam Penjualan Online dapat memaksimalkan penjualan menjadi lebih mudah, gak ribet, dan efisien. Sehingga meningkatkan skala bisnis yang lebih banyak.

 

Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.