OUR NETWORK
Minggu, Februari 5, 2023

Kenali Tanda dan Gejala HIV/AIDS

Niken Lestari
Mahasiswa Keperawatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
From Korea With Love Concert

Penyakit HIV ( Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, kondisi melemahnya tubuh seseorang tidak mampu melawan virus dan rentan dari berbagai penyakit.

HIV juga menyebakan penyakit AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). AIDS merupakan penyakit yang ditularkan dari HIV apabila tidak ditangani dengan cepat akan sangat berbahaya.  Akibat dari menurunnya sistem kekebalan tubuh pada seseorang dengan mudahnya terserang dari berbagai penyakit seperti radang pada kulit, TBC, serta saluran pencernaan.

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit AIDS. Penyakit HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh seperti ASI, air mani serta Darah dan cairan tersebut bisa masuk ke dalam tubuh seseorang melalui berbagai macam yaitu

  • Hubungan seksual yang tidak aman, suka berganti ganti pasangan seksual lebih gampang berisiko terkena penyakit HIV.
  • Penyakit HIV dapat menular lewat penggunaan jarum suntik yang telah terjangkit darah penyakit HIV, menggunakan jarum suntik bekas juga dapat menyebabkan seseorang dapat berisiko tertular berbagai penyakit salah satunya HIV
  • Ibu hamil yang menderita HIV kepada bayi yang dikandungnya
  • Transfusi darah/ kontak darah serta luka pada orang yang sudah terserang penyakit HIV

HIV tidak dapat menular pada seseorang dengan Makan Bersama, sepiring atau segelas berdua tidak dapat menular penyakit HIV, Tinggal serumah, Berciuman, Berpelukan dan berjabat tangan. Cara mengenal gejala HIV lebih lanjut adalah Batuk secara terus menerus, Kehilangan berat badan secara drastis, Diare serta terjadi pembengkakan pada ketiak/ leher

Cara mengecek apabila seseorang sudah terinfeksi atau belum dengan cara melakukan tes darah HIV. Gejala awal yang ditimbulkan dari penyakit HIV mirip dengan penyakit flu dalam jangka waktu 2-4 minggu, gejala yang ditimbulkan berupa batuk, diare, demam, nyeri dibagian tubuh, keringat dingin pada malam hari.

HIV dan AIDS memiliki gejala dari yang ringan sampai dengan yang berat, Gejala HIV/ AIDS memiliki 4 tahapan gejala stadium, pada stadium tahap 1 tidak menimbulkan gejala, tampak normal pada kehidupan.

Cara penanganan pada gejala staidum tahap 1 dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga setiap hari minimal 15 menit dan makan secara teratur. Gejala HIV stadium tahap 2 gejala yang ditimbulkan lebih ringan dari sebelumnya, gejalanya seperti infeksi saluran pernafasan, demam dan infeksi kulit. Cara penangannya dengan melakukan gaya hidup sehat.

Gejala HIV stadium tahap 3 yaitu kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari hari, cara penangannya sama dengan stadium tahap 1 dan 2. HIV stadium tahap 4 gejalanya lebih parah yang menyebabkan kehilangan berat badan secara drastis.

Pencegahan HIV dan AIDS dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup yang baik, ada beberapa cara penanganan penyakit HIV dan AIDS sebagai berikut : Tidak melakukan seks bebas yang berisiko tinggi, tidak berganti ganti pasangan, menghindari penggunaan jarum suntik secara bergantian, pastikan jarum suntik yang ingin dipakai masih baru/steril tidak menggunakan yang bekas dipakai, dan mencari tahu sumber informasi tentang penanganan HIV dan AIDS yang benar dari lembaga kesehatan resmi.

Niken Lestari
Mahasiswa Keperawatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.