OUR NETWORK
Selasa, Oktober 4, 2022

Kalau mau kaya jangan jadi dokter?

Ahmad Cody
Medical Student 2014. Ig: @nabhancody

“Kalau mau kaya jangan jadi dokter” seperti itulah kata kata yang hampir saya dengar setiap perkuliahan. saya mahasiswa fakultas kedokteran di salah satu universitas swasta di kota palembang. saya mahasiswa semester akhir yg sedang berjuang menuntaskan pendidikan perkuliahan. setelah itu baru koas dan bermacam agenda panjang lainnya yang harus diikuti untuk mendapatkan sebuah gelar yang katanya mewah yaitu dokter. 

mungkin iya  bahwa jadi dokter itu hebat dan bisa jadi kaya, tapi tidak dengan para dosen yang mengajar yang notabene mereka adalah dokter juga, mereka selalu teriak dikelas ” kalo mau kaya jangan sekolah kedokteran, ambil kuliah teknik sipil, ekonomi, biar jadi pengusaha atau kontraktor” ini agak sedikit menganggu saya sih sebenernya. mari kita bahas berdasarkan gaji!

 UMR tertinggi di Indonesia itu dipegang oleh Karawang, yang mana UMR nya 3,6 juta perbulan. sedangkan gaji dokter jika dirata ratakan perbulan mereka bisa dapet 6 juta. belum ditambah praktek dan berbagai tunjangan lainnya, apa lagi jika menjadi dokter perusahaan offshore yang mana gaji dokter itu bisa mencapai 15 juta perbulan. dan jika memiliki keahlian spesialis, sekali operasi bisa mendapatkan bayaran puluhan juta, tertegun saya dalam hati dan bertanya “dari mana ga kaya nya???”

Ntah kurang bersyukur atau bagaimana, dengan gaji dokter seperti ini menurut saya sudah cukup tinggi, dokter yang mengajar dikampus saya itu selalu bilang” gausah jadi dokter kalo mau kaya” tapi setiap datang untuk ngajar mobilnya selalu gonta ganti.

“gausah jadi dokter kalo mau kaya” tapi disetiap slide akhir kuliahnya ada foto dia sama istrinya lagi liburan diparis. sekali lagi darimana tidak kaya nya?

rata rata orang mau jadi dokter karena yah lapangan perkerjaannya masih banyak, terus gajinya besar, dan bisa kerja tanpa batasan umur, artinya prospek kedepannya bagus, ada beberapa mahasiswa yang katanya idealis yang kalo ditanya kenapa mau jadi dokter? jawabannya karena bisa menolong orang banyak, membantu rakyat miskin yang gapunya biaya, tapi dapet berita dokter digaji oleh BPJS Rp6000 pada protes. tugas untuk membantu rakyat miskin bisa sejahtera itu tugasnya pemerintah bukan tugas dokter.

semoga mindset seperti ini bisa diubah, karena mau tidak mau ketika seseorang memutuskan untuk menjadi dokter pasti ada aspek ekonomi yang dipikirkan juga tidak hanya aspek sosial. 

Ahmad Cody
Medical Student 2014. Ig: @nabhancody
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.