Selasa, Juli 23, 2024

Datang ke Konser Dukung Perekonomian?

Nindya Wahyu Wanodya
Nindya Wahyu Wanodya
Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi

Dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia di Balikpapan, Presiden Jokowi menginstruksikan seluruh gubernur untuk mendorong warga agar membelanjakan uangnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Jokowi mengatakan untuk tidak terlalu ekonomis atau berhemat dan mendesak warga untuk membelanjakan uangnya. Misal dengan berbelanja, menonton konser dan pertandingan sepak bola, hal-hal yang berkaitan dengan pengeluaran tidak boleh ditahan karena akan membantu pertumbuhan ekonomi naik. Jokowi berharap hal ini akan meningkatkan konsumsi rumah tangga dari4,93% pada 2022 menjadi 54% pada 2023.

Sejak pulihnya pandemi pada tahun-tahun sebelumnya, kini telah banyak konser yang kembali digelar. Siapa sih yang tak rindu dengan euforia keseruan dalam konser band atau penyanyi favorit. Tak hanya bertemu dan bernyanyi bersama band dan penyanyi kesukaan, kita juga berjumpa dengan sesama penggemar.

Biasanya penyelenggara konser mengundang bintang tamu yang lagunya sedang panas-panasnya di sosial media, tak jarang juga karena lagunya naik daun, banyak coffee shop yang sengaja memutarkan lagu-lagu tersebut. Oleh karena hal itu tentu saja banyak anak muda yang menjadi tertarik dengan lagu sekaligus dengan penyanyinya.

Musik sendiri terdiri dari berbagai genre seperti aliran pop, rock, punk, indie dan lain sebagainya. Dan setiap orang pun memiliki minat terhadap aliran musik masing-masing, tidak bisa disamaratakan.

Penjualan tiket biasanya dilakukan jauh-jauh hari sebelum konser dimulai secara online, namun ada juga penjualan on the stage yang bisa dibeli pada hari di mana konser diselenggarakan. Karena melimpahnya peminat dalam suatu konser dan tak sedikit pula yang kehabisan tiket karena kendala biaya maupun jaringan internet tidak mendukung, banyak yang membuka jasa titip pembelian tiket di sosial media, mereka ini biasanya memiliki tim untuk war tiket agar dapat dijual kembali dengan dikenai biaya jasa titip tersebut.

Ada juga kelebihan dari jasa titip ini seperti melakukan pembayaran uang muka terlebih dahulu sebelum pelunasan tiket, hal ini juga dapat membantu bagi mereka yang ingin membeli tiket namun belum ada biaya yang cukup.

Namun banyak juga yang memanfaatkan kondisi tersebut dengan sengaja membuka jasa titip bodong atau penipuan. Banyak korban yang telah terperangkap karena iming-iming harga yang murah, misalnya di sosial media twitter bahkan hampir setiap harinya ada pengguna yang menulis utas mengenai penipuan yang telah mereka alami.

Alasan mereka tertipu yakni panic buying dan segera ingin mendapat tiket konser impian, selain itu mereka juga mengatakan bahwa sang penjual memiliki bukti-bukti dari jasa titip yang mereka miliki. Tak hanya menulis tentang rasa penyesalan mereka karena telah tertipu, biasanya mereka juga memasukkan nomor rekening sang penipu imbauan agar orang lain tidak tertipu lagi.

Sebaiknya jika memang belum memiliki biaya untuk membeli tiket konser impian, lebih baik menabung terlebih dahulu daripada tertipu dan kehilangan uang. Di luar sana juga banyak anak muda yang hanya ikut-ikut temannya agar tidak ketinggalan atau fomo dan saat datang ke konser tidak mengetahui band atau penyanyi tersebut.

Nindya Wahyu Wanodya
Nindya Wahyu Wanodya
Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.