Kamis, Februari 22, 2024

bisnis dalam dunia modern

Mahalnya Sebuah Perdamaian

Save Petugas KPPS!

Impian ke Pangandaran Naik Kereta Api

NINDY AUVA
NINDY AUVA
MAHASISWA IAIN JEMBER

Bisnis dan etika dalam dunia modern

 Bisnis modern merupakan realita yang amat komplek. Sekarang ini masyarakat lebih banyak memilih untuk berbisnis dibandingkan dengan pekerjaan yang lainnya. Karena Rasulullah saw juga menganjurkan kita untuk berwirausaha atau yang sekarang ni disebut dengan berbisnis. Sebelum lebih jauh membahas tentang bisnis dan etika, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari bisnis dan etika itu sendiri. Bisnis itu sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda-beda menurut para ahli. Namun kita mengambil pengertian, bisnis adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang bertujuan mencari laba atau keuntungan yang menyediakan barang atau jasa untuk memperbaiki taraf hidup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan etika dalam KBBI artinya adalah nilai mengenai benar atau salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Etika merupakan suatu pedomn yang mengatur dan menilai perilaku manusia, baik perilaku yang harus ditinggalkan, maupun perilaku yang harus dilakukan. Jadi, etika bisnis itu sendiri adalah suatu cara-cara untuk melakukan bisnis yang mencakup seluruh aspek, yang berkaitan dengan individu, perusahaan industri dan juga masyarakat. Beberapa faktor yang mempengaruhi dan menentukan kegiatan bisnis yaitu organisatoris manajerial, ilmiah teknologis, dan politik sosial kultural. Bisnis sebagai kegiatan sosial bisa disoroti sekurang kurangnya dari 3 sudut pandang yang berbeda, adalah

  • Sudut pandang ekonomi bisnis adalah suatu kegiatan yang mencakup tukar menukar, jual beli, memproduksi, memasarkan, berinteraksi dengan orang lain dengan maksud ntuk memperoleh untung. Dalam berbisnis kita juga harus memperhatikan moral kita dalam berperilaku. Tidak hanya mengejar keuntungan semata, namun juga harus menghormati kepentingan dan hak orang lain. Kita kahus mengajarkan pada orang lain dan juga diri kita sendiri untuk melakukan bisnis dengan cara yang jujur dan adil. Bisnis adalah baik dalam menghasilkan laba.
  • Sudut pandang moral. Dalam berbisnis kita juga mengedepankan bisnis yang menguntungkan, tetapi juga moralnya harus ditekanan. Karena bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki moral atau sudah memenuhi standar etis. Dalam sudut pandang moral, bisnis yang baik adalah bisnis yang baik ada beberapa tolak ukur yaitu hati nurani, merupakan perbuatan yang baik jika melaukan perbuatan yang jelek maa bertentangan dengan hari nurani. Kaidah emas, maksudnya yaitu jika dengan cara positif hendak memperlakukan orang lain maka hendaklah memperlakukan selayaknya memperlakukan diri sendiri. Sedangkan jika dengan cara negatif jangan memperlakukan orang lain, apa yang anda sendiri tidak ingin melakukan terhadap diri anda. Penilaian umum untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan atau perilaku adalah menyerahkan kepada masyarakat umum untuk dinilai.
  • Sudut pandang hukum. Kita juga harus mematuhi hukum dalam berbisnis, karena hukum dalam berbisnis merupakan cabang penting dari ilmu hukum modern. Karena bisnis yang baik adalah bisnis yang ematuhi hukum. Disamping hukum, kita juga harus memiliki etika dalam berbisnis. Hukum merupakan sudut pandang normatif, karena menetapkan apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan.

. Dalam bisnis modern ini yang diutamakan adalah mencari untung yang diespresikan dengan adanya bentuk uang yang dihasilkan dari bisnis tersebut. Tetapi yang yeng lebih penting lagi adalah interaksi antar manusia dengan manusia yamg lain karena itu menjadi interaksi kegiatan ekonomis. Sebagian orang berpendapat kalau bisnis dan etika tidak ada kaitannya sama sekali. Pernyataan tersebut sangat salah. Bayangkan saja jika perusahaan bisnis melakukan banyak cara yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat, bahkan cenderung tidak disukai masyarakat. Hal tersebut akan berdampak pada turunnya citra perusahaan di mata masyarakat. Dalam bisnis modern, para pelaku bisnis dituntut untuk ntuk menjadi orang yang profesional dibidangnya. Dalam persaingan bisnis yang sangat ketat, konsumen merupakan raja. Bisnis modern sangat menyadari bahwa karyawan bukanlah tenaga kerja yang harus dieksploitasi demi mendapat keuntungan. Karena karyawan bukanlah robot yang harus di pekerjakan terus menerus. Untuk mendapatkan bisnis yang baik dan disukai masyarakat, ada beberapa prinsip etika bisnis, yaitu

  • Prinsip otonomi, merupakan sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran sendiri tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.
  • Prinsip kejujuran. Kejujuran dalam hubungan kerja dalam suatu perusahaan. Kejujuran dalam penawaran barang dan jasa dengan mutu dan harga sebanding. Kejujuran dalam pemenuhan syarat perjanjian dan kontrak.
  • Prinsip keadilan, menuntut agar setiap orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai dengan kriteria yang rasional dan objektif dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Prinsip saling menguntungkan. Prinsip ini menuntut agar bisnis tersebut dijalankan sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak.
  • Prinsip integritas moral. Prinsip ini dihayati sebagai tuntutan dalam diri pelaku bisnis agar dia menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baiknya atau nama baik perusahaan.

Apabila moral merupakan sesuai yang mendorong orang untuk melakukan kebaikan etika bertindak sebagai rambu-rambu yang merupakan kesepakatan secara rela dari semua anggora suatu kelompok. Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika yang menjamin kegiatan bisnis yang seimbang, selaras, dan serasi. Etika sebagai rambu-rambu dalam suatu kelompok masyarakat akan dapat membimbing dan mengingatkan anggotanya untuk melakukan kegiatang yang terpuji. Dalam dunia bisnis kita harus mengedepankan kepuasan pelanggan dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri. Karena kepuasan pelanggan merupakan hal yang lebih penting.

NINDY AUVA
NINDY AUVA
MAHASISWA IAIN JEMBER
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.