OUR NETWORK
Kamis, Februari 9, 2023

Apakah Ekonomi dan Politik Berkaitan?

Muhammad Rivaldo
Saya seorang atlet shorinji kempo dan mahasiswa universitas Tidar
From Korea With Love Concert

Adam Smith, David Ricardo, dan John Stuart Mill secara luas dianggap sebagai pencetus ekonomi modern. Tetapi mereka menyebut diri mereka ekonom politik, dan Prinsip-Prinsip Ekonomi Politik Mill adalah teks dasar dari disiplin ilmu sejak diterbitkan pada tahun 1848 hingga akhir abad ini. Para ahli teori awal ini tidak dapat memahami dunia ekonomi dan politik sebagai sesuatu yang terpisah. Gaya memisahkan politik dari analisis ekonomi.

Menjelang tahun 1970-an, jelaslah bahwa pemisahan antara bidang ekonomi dan politik itu menyesatkan. Dekade itu menyaksikan runtuhnya tatanan moneter Bretton Woods, dua guncangan harga minyak, dan stagflasi semua menyoroti fakta bahwa masalah ekonomi dan politik saling terkait. Ekonomi sekarang adalah politik tinggi, dan sebagian besar politik adalah tentang ekonomi.

Pertama, pemerintah mulai mengurangi kontrol langsung mereka atas perekonomian. Kedua, bentuk-bentuk politik yang berbeda muncul, eropa berubah dari hampir secara eksklusif monarki menjadi semakin representatif, dan sangat beragam, bentuk pemerintahan. Pada awal abad ke-20 ekonomi dan ilmu politik ditetapkan sebagai disiplin ilmu yang terpisah.

Untuk sebagian besar abad ke-20 divisi ini berkuasa. Dengan tekanan hebat dan masalah pembangunan, masalah ekonomi murni cukup menakutkan untuk menyusahkan para ekonom. Dengan cara yang sama, masalah politik pada zaman itu dua perang dunia, kebangkitan fasisme dan komunisme begitu serius sehingga membutuhkan perhatian tersendiri. Selama lima puluh tahun terakhir, ekonomi politik menjadi semakin menonjol baik dalam ilmu ekonomi maupun ilmu politik.

menganalisis bagaimana kekuatan politik mempengaruhi ekonomi. Pemilih dan kelompok kepentingan memiliki dampak yang kuat pada hampir setiap kemungkinan kebijakan ekonomi. Ekonom politik berusaha untuk mengidentifikasi kelompok yang relevan dan kepentingan mereka, dan bagaimana lembaga politik mempengaruhi dampaknya terhadap kebijakan.

menilai bagaimana ekonomi mempengaruhi politik. Tren ekonomi secara luas dapat meningkatkan serta menurunkan peluang pertahanan. Pada tingkat yang lebih mikroekonomi, ciri-ciri organisasi ekonomi atau aktivitas perusahaan atau industri tertentu dapat berdampak pada sifat dan arah aktivitas politik mereka.

menggunakan alat ekonomi untuk mempelajari politik. Politisi dapat dianggap analog dengan perusahaan, dengan pemilih sebagai konsumen, atau pemerintah sebagai penyedia monopoli barang dan jasa kepada pelanggan konstituen. Para sarjana memodelkan interaksi politik-ekonomi untuk mengembangkan pemahaman yang lebih ketat secara teoritis tentang fitur-fitur mendasar yang mendorong politik.

Ketiga metode tersebut telah sangat mempengaruhi para sarjana dan pembuat kebijakan. Dan ekonomi politik memiliki banyak hal untuk ditawarkan baik kepada analis tentang bagaimana masyarakat bekerja maupun bagi mereka yang ingin mengubah masyarakat.

Tanggapan kebijakan yang diperebutkan dengan panas terhadap ancaman universal ini bukanlah kejutan bagi para ekonom politik. Itu terjadi sepanjang waktu. Misalnya, hampir setiap ekonom percaya bahwa negara-negara kecil akan lebih baik jika mereka menghilangkan semua hambatan perdagangan. Namun perdagangan bebas unilateral praktis tidak pernah terdengar, dan tidak ada negara di dunia saat ini yang mengejarnya.

Tentang bagaimana politik mempengaruhi ekonomi dan ekonomi mempengaruhi politik. Pemerintah mencoba untuk memompa ekonomi sebelum pemilihan, sehingga apa yang disebut siklus bisnis politik menciptakan pasang surut aktivitas ekonomi di sekitar pemilihan. Dengan cara yang sama, kondisi ekonomi memiliki dampak yang kuat pada pemilu.

Ekonom politik telah mengungkap fakta sederhana, bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi dan inflasi adalah semua informasi yang kita butuhkan untuk memprediksi dengan cukup akurat hasil pemilihan presiden AS selama seratus tahun terakhir.

Muhammad Rivaldo
Saya seorang atlet shorinji kempo dan mahasiswa universitas Tidar
Facebook Comment

POLIKLITIK

- Advertisement -

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.