Kamis, Februari 22, 2024

Apa Saja yang Dipelajari dalam Ilmu Arsitektur

Mahalnya Sebuah Perdamaian

Save Petugas KPPS!

Impian ke Pangandaran Naik Kereta Api

Harits Wicaksono
Harits Wicaksono
Hi, Im Harits I just wanna make some article

Dalam arsitektur kunci ilmu yang diperlukan  ialah ide, konsep, dan desain. Ide sendiri berisi inspirasi-inspirasi untuk membuat sebuah konsep yang akan dibuat menjadi sebuah desain pada bangunan yang akan dirancang nanti. Karena arsitektur adalah bidang ilmu seni yang juga mencakup ilmu merancang bangunan dari level mikro hingga ke level makro.

Ilmu arsitektur adalah ilmu yang mempunyai pandangan luas dan mempelajari semua aspek, dimulai dari aspek kehidupan, aspek sosial dan budaya, dan aspek keamanan.

Dari segi aspek kehidupan manusia, memiliki ruang atau bangunan yang manusiawi dan tidak merusak lingkungan sekitar. Aspek sosial dan budaya, seperti bagaimanakah budaya di sekitar daerah tersebut, apa yang dibolehkan dalam merancang bangunan disana dana apa yang tidak boleh dirancang.

Karena itu, berpengaruh juga pada aspek sosial agar pengguna bangunan tersebut merasa nyaman dan orang-orang sekitar juga merasa nyaman bersosialisi.

Aspek keamanan, seperti perhitungan kuatnya bangunan dan perizinan bangunan tersebut agar tidak ada permasalahan dalam membangun bangunan nantinya.

Hal yang perlu disiapkan dalam menjadi arsitek ialah mental dan fisik, time management, kemampuan menggambar, pengetahuan umum. Mental dan fisik sangat perlu disiapkan karena menurut survey jurusan tersulit di dunia yang dilakukan oleh National Survey of Student Engagement (NSSE) pada tahun 2019, hasilnya menunjukkan bahwa Arsitektur menduduki peringkat nomor satu sebagai jurusan tersulit di dunia Karena Arsitektur itu bukan ilmu pasti, dan tidak ada karya desain arsitektur yang sempurna. Arsitektur pada dasarnya hampir mirip-mirip dengan bidang seni.

Time management juga perlu disiapkan karena jika sudah benar-benar mempelajari pengetahuan dasar arsitektur, hal berikutnya yang harus selanjutnya yang harus dipelajari adalah bagaimana caranya mengatur waktu dengan baik, karena tugas yang dikerjakan tidak dapat melihat atau mengambil secara utuh dari desain orang lain ataupun semacamnya dan setiap manusia mempunyai waktu yang berbeda dalam membuat atau mengeluarkan ide agar menjadi sebuah desain.

Selain itu juga dipersiapkan kemampuan menggambar. Karena itu akan sangat berguna ketika telah mengeluarkan isi ide-ide dan yang akan di aplikasikan ke kertas gambar. Percuma ketika mempunyai ide yang bagus tetapi ketika diterapkan tidak seindah yang dipikirkan. Pengetahuan umum juga sangat penting untuk kepentingan riset pada desain bangunan atau rancangan yang akan dibuat.

Prospek kerja pada ilmu arsitiektur sangatlah luas. Arsitek sendiri biasanya bekerja dengan cara membuat desain bangunan yang hendak dibangun. Biasanya, desain dibuat berdasarkan ide murni si arsitek, ataupun dari si pemesan alias klien.

Desain yang dibuat arsitek nantinya akan menjadi pedoman terbentuknya suatu bangunan. Tetapi tidak selalu arsitek bekerja di bidang rancangan bangunan. Bisa juga masuk ke sektor pendidikan, perbankan, maupun media. Misalnya di perbankan,  bisa masuk ke bagian kredit kepemilikan rumah. Atau di bidang media, bisa jadi jurnalis untuk majalah desain rumah

Arsitektur adalah bidang yang memerlukan pengetahuan yang luas. Arsitektur bukan hanya tentang rancangan dan estetika, tetapi juga mementingkan fungsi dan efektifitas dari sebuah bangunan. Seperti yang sudah dipaparkan pada esai- esai di atas, perkembangan teknologi memiliki peran yang besar dalam bidang arsitektur untuk mengembangkan sebuah ide menjadi rancangan

Daftar Pustaka

https://ars.ft.unram.ac.id/apa-itu-arsitektur/  (Diakses pada 17 Januari 2021)

https://id.quora.com/Mengapa-jurusan-arsitektur-menjadi-salah-satu-jurusan-kuliah-tersulit  (Diakses pada 17 Januari 2021)

Kenapa Harus Memilih Jurusan Arsitektur?htotps://campus.quipper.com/majors/id-arsitektur  (Diakses pada 17 Januari 2021)

Aspek aspek-arsitektur

https://www.slideshare.net/artiamitrapersada/aspek-aspekarsitektur-78556417  (Diakses pada 17 Januari 2021)

Harits Wicaksono
Harits Wicaksono
Hi, Im Harits I just wanna make some article
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.