Jumat, Juni 21, 2024

Tramadol Memakan Kantong Remaja Indonesia

Khaerul Azhar fadilah
Khaerul Azhar fadilah
Mahasiswa dari Universitas Pamulang. Berkuliah sebagai mahasiswa fakultas Sastra atau lebih tepatnya Sastra Indonesia.

Penyalahgunaan Obat Terlarang

Di lingkungan saya tinggal banyak remaja yang terkena kasus penyalahgunaan narkoba yaitu jenis obat-obatan seperti tramadol sering terjadi. Suatu waktu saya ditawari obat tramadol ini oleh tetangga saya yang berumuran 17 tahun, awalnya saya tidak mengetahui bagaimana bentuk obat tramadol itu karena tetanga saya ini hanya menawari sebuah obat. Lantas saya menanyakan apa dan buat apa obat ini?

Dia pun menjawab obat ini adalah tramadol, lantas mengetahui obat itu adalah tramadol saya langsung menolak karena banyak yang tertangkap atas penyalahgunaan narkoba sebab obat tramadol ini. Saya pun heran dan menanyakan buat apa membuang-buang uang untuk obat itu kalo misalnya nanti akan tertangkap oleh polisi. Tetangga saya hanya menjawab untuk menyegarkan tubuh dengan harga murah.

Dalam hal ini, sangat aneh sekali jika seseorang yang sehat harus meminum obat dan kalau hanya untuk menyegarkan tubuh seharusnya berolahraga. Tramadol adalah obat keras untuk mengatasi nyeri sedang sampai berat yang harus ada pengawasan dari dokter. Seseorang yang sedang sakit pun masih harus berada pada pengawasan dokter untuk mengkonsumsi obat tramadol.

Oleh karena itu, sangat berbahaya apabila disalahgunakan terus-menerus, apalagi oleh kaum remaja yang masih dalam proses pertumbuhan. Dan sangat disayangkan apabila remaja umur 16-17 tahunan harus menguras kantong untuk hal yang merugikan dirinya sendiri maupun orang banyak yang kebanyakan uang mereka tidak seberapa, lebih baik uangnya ditabung untuk sesuatu yang lebih bermanfaat kedepannya.

Dalam kasus ini seharusnya pemerintah lebih memperketat kebijakan peredaran obat tramadol ini sebab masih banyak remaja yang bisa mendapatkannya dengan mudah. Dikutip dari Jurnal Anomie Vol. 1 No. 2 Agustus 2019 kemudahan mendapatkan obat tramadol dan harga yang sangat terjangkau menjadi alasan tersendiri remaja memperoleh obat tersebut.

Oleh karenanya pemerintah harus membuat regulasi yang lebih ketat untuk penggunaan obat tramadol sehingga kasus yang sering terjadi bisa teratasi dengan baik. Edukasi yang baik juga harus disampaikan dengan bagus sehingga dapat meningkatkan pemahaman bagi remaja Indonesia untuk tidak terjerumus kedalam lubang hitam yang sama.

Selain dari pada itu, baik dari keluarga dan juga sekolah harus selalu memperhatikan anak-anaknya supaya tidak bergaul dengan lingkungan yang kurang baik. Harus ada kesadaran diri akan bahaya penyalahgunaan obat terlarang karena tidak ada manfaatnya dan malah merugikan. Stop penyalahgunaan obat terlarang yang merusak generasi bangsa.

Khaerul Azhar fadilah
Khaerul Azhar fadilah
Mahasiswa dari Universitas Pamulang. Berkuliah sebagai mahasiswa fakultas Sastra atau lebih tepatnya Sastra Indonesia.
Facebook Comment

ARTIKEL TERPOPULER

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.